Home » » Tempat Wisata Di Serdang Bedagai

Tempat Wisata Di Serdang Bedagai

Tempat Wisata Di Serdang Bedagai pada umumnya adalah wisata bahari, selain karena jaraknya yang dekat dengan kota Medan, Serdang Bedagai juga merupakan jalur lintas sumatera sehingga selalu ramai dilewati oleh moda transportasi lintas provinsi. Kabupaten Serdang Bedagai beribukotakan Sei Rampah, dahulu, Kesultanan Melayu merupakan sistem pemerintahan yang dianut oleh masyarakat Serdang Bedagai.Untuk menambah wawasan kamu terkait pariwisata serdang bedagai, berikut tempat wisata yang wajib kamu kunjungi bila berplesir ke kabupaten ini.

PULAU BERHALA
Pulau Berhala di Kecamatan Tanjung Berining, Kabupaten Sergai sangat berpotensi untuk dijadikan kawasan wisata bahari karena keindahannya alamnya yang sangat luar biasa. Sehingga tidak mengherankan jika banyak orang mengatakan pulau ini sangat eksotik. Pulau Berhala yang memiliki topografi bergunung dengan hutan lebat dan pantai yang putih bersih tentau saja akan menarik untuk dinikmati, kendati berada pada Selat Malaka yang lalu lintasnya sangat padat mencapai 54 ribu kapal setiap tahu melintasinya. Selain kondisi alamnya masih asri, jelasnya, pulau terluar Indonesia di Selat Malaka seluas 2,5 kilometer persegi ini kaya akan keanekaragaman hayati seperti, ikan dan terumbu karang yang sangat indah dan tidak dimiliki oleh Negara lain. Bahkan pada awal dan akhir tahun, pantai Pulau Berhala menjadi tempat persinggahan penyu untuk bertelur. Pulai ini juga dinyatakan memiliki 60 persen biota yang hidup di Indonesia sehingga telah ditetapkan sebagai kawasan wisata bahari melalui Perda No 12 Tahun 2006 yang dapat dikembangkan selama tetap berwawasan lingkungan. Tidak terlalu sulit untuk sampai ke Pulau Berhala, jarak tempuhnya juga sangat dekat. Dari pelabuhan Belawan jaraknya sekitar 70 mil. Sementara kalau perjalanan dengan kapal hanya butuh waktu sekitar 1,5 jam dari pelabuhan rakyat di Tanjung Beringin atau Pantai Cermin.

PANTAI CERMIN THEME PARK
Objek wisata yang satu ini mungkin menjadi salah satu ikon pariwisata Sergai selain Pulau berhala. Lokasi Pantai Cermin Theme Park ini sangat menarik dan sangat cocok sebagai lokasi darmawisata bagi keluarga, apalagi lokasi ini menyediakan tempat penginapan seperti resort. Berbagai permainan ada di lokasi itu, mulai dari karaoke, games serta bagi-bagi hadiah bagi para pengunjung yang datang. Pengunjung bebas berkaraoke ria menunjukkan kemampuannya di ruangan yang tersedia dan ditata sedemikian rupa.

PEMANDIAN ALAM BATU NONGOL
Lokasi pamandian ini berada ditengah perkebunan PTPN III Kebun Gunung Pamela Kecamatan Sipispis. Aliran sungai ini berasal dari gunung Simarsepoh Sindaraya, Simalungun. Kondisi alam yang masih alami serta didukung air yang jernih berpadu dengan bebatuan benar-benar menarik. Apalagi kini telah ditata dengan baik oleh pengelolanya bahkan menyediakan beberapa arena permainan anak-anak. Dengan kondisi yang sudah tertata itu sungai ini semakin menarik terutama untuk rekreasi keluarga. Pondok-pondok santai, gelanggang permainan dan restoran tersedia bagi pengunjung. Jalan setapak dipinggir areal perkebunan disepanjang tepi sungai membuat pengunjung betah berekreasi sambil menikmati udara segar dan menyaksikan aneka jenis burung yang bebas berkeliaran disekitar pepohonan. Restoran dikawasan objek wisata Batu Nongol menyajikan makanan menarik “ ikan Cen-Cen” sejenis ikan air tawar yang hidup di sungai berarus deras dan berbatu-batu. Ikan cen-cen ini sangat enak dan gurih rasanya.

PURA BALI DESA PEGAJAHAN 
Banyak orang menyebutkan beberapa dusun di desa Pegajahan ini sebagai Kampung Bali. Menurut seritanya, warga Bali yang tinggal di Sergai ini adalah para buruh kontrak yang didatangkan langsung dari pulau Bali oleh perusahaan PTPN IV Adolina sekitar tahun 1962. saat itu ada sekitar 53 KK atau 200 jiwa yang bermukim di Desa Pegajahan. Komunitas ini hidup berdampingan dengan sejumlah buruh lainnya yang memang berasal dari bermacam-macam etnis. Ada Jawa, Kalimantan, Simalungun, Tapanuli, Melayu. Walau jauh dari kampong halaman, namun komunitas ini tetap mempertahankan adap istiadat dan keyakinan mereka.

AIR TERJUN SAMPURAN
Lokasi wisata air terjun Sampuran Widuri terletak di Dusun III desa Dolok Merawan Kecamatan Dolok Merawan, yang hanya berjaraj sekitar satu km dari jalan lintas Sumatera menuju Pematang siantar. Disekitar tempat ini terdapat 3 air terjun, yang tertinggi adalah air terjun Sampuran Widuri dengan Ketinggian sekitar 50 meter, dengan deburan air yang jernih, hijaunya pemandangan sekitar dan sejuknya udara menjadikan kawasan air terjun. Tempat ini oleh Pemkab Sergai juga ditetapkan sebagai lubuk larangan dan sudah ditabut ribuan benih ikan berbagai jenis, diantaranya benih ikan emas dan nila. Air terjun Sampuran merupakan objek wisata yang dikelola oleh desa dan saat ini sedang berbenah diei guna mensejajarkan dengan objek wisata lainnya yang ada di kabupaten Sergai.

PANTAI ROMANTIS
Pantai Romantis dikenal juga dengan sebutan Romance Bay, berada di tepi laut yang menghadap langsung ke Selat Melaka, pantai Romantis pernah menjadi destinasi wisata favorit yang banyak dikunujungi oleh wisatawan karena menjadi pionir pantai dengan design menarik terutama bagi para kawula muda.