Home » , » Upacara Bakar Kapal Tongkang Di Riau

Upacara Bakar Kapal Tongkang Di Riau

Traveling Medan Comm - Upacara Bakar Tongkang adalah sebuah upacara atau festival kebudayaan tradisional dari masyarakat china yang bermukim di Ibukota kabupaten Rokan Hilir, tepatnya di Kota Bagansiapiapi.



Disebut Go Ge Cap Lak, upacara yang berarti 15 dan 16 bulan 5 penanggalan (kalender) imlek, Namun Go Ge Cap Lak lebih terkenal dengan nama sebutan Upacara Bakar Tongkang. Perhelatan event ini merupakan sebuah upacara pemujaan yang diadakan oleh masyarakat etnis tionghoa terhadap Dewa Kie Ong Ya dan Tai Sun Ong Ya yang dianggap sudah berjasa menjaga keselamatan rombongan dari orang-orang china yang menemukan Bagansiapiapi.

Sejarah Upacara Bakar Tongkang
Menurut cerita turun temurun yang berasal dari rakyat setempat, rombongan perantau dari negara tirai bamboo atau China ini berlayar di lautan untuk mencari daerah baru dengan membawa jumlah beberapa perahu, akhirnya mereka pun menemukan Bagansiapiapi yang dulunya belumlah sebuah kota. Kemudian ditempat inilah mereka bersepakat untuk tinggal serta bermukim. Sebagai ucapan terimakasih kepada Dewa Kie Ong Ya dan Tai Sun Ong Ya, masyarakat etnis Tionghoa atau China di Bagansiapiapi membakar replika (tiruan) kapal setiap tahun.

Nah berdasarkan ulasan diatas, kamu pasti akan tertarik untuk mengexplore kebudayaan di Indonesia yang begitu mengagumkan, bukan?