Home » , » Tempat Wisata Di Pakpak Bharat

Tempat Wisata Di Pakpak Bharat




travelingMEDAN.com - Berbicara tentang destinasi atau Tempat Wisata di Kabupaten Pakpak Bharat tentu sangatlah menarik, selain masih belum banyak di explore oleh penggiat wisata, Pakpak Bharat memiliki banyak tempat wisata yang mengagumkan. Untuk informasi bagi kamu, Pakpak Bharat adalah satu kabupaten yang dimekarkan dari Kabupaten Dairi. Kedua kabupaten ini memang dikenal dengan penduduk lokal yang notabene adalah etnis Pakpak. 

Ibukota dari Kabupaten Pakpak Bharat adalah Salak, eits, bukan berarti daerah ini adalah penghasil buah Salak seperti di Padang Sidempuan. Meskipun ibukotanya adalah Salak namun pusat pemerintahan dari Kabupaten Pakpak Bharat adalah Sindeka. Nah Sindeka ini juga terkenal sebagai tempat wisata alam loh travelers!. Bagaimana tidak? Panorama alam nan menggoda benar-benar membuat mata anda dimanjakan. Bentuk bangunan alias arsitektur dari setiap perkantoran pemerintahan juga ditata begitu apik dan memuat unsur rumat adat Pakpak ditambah lagi perkantoran tersebut berpola terpisah antara dinas yang satu dengan yang lainnya.

Wisata Alam Pakpak Bharat

Sebagai daerah yang dikelilingi oleh Bukit Barisan, Pakpak Bharat memiliki tempat wisata alam yang sangat menarik, kamu dapat menelusuri permadani hutan hijau, berwisata alam ke air terjun atau sungai dan yang tak kalah menarik adalah melakukan tracking forest dan menemukan kemenyan. Kamu tau kan kalau Sumatera Utara itu penghasil kemenyan pertama di Indonesia?. Untuk wisata alam kamu dapat berkunjung ke Air Terjun lae Une yang letaknya di Desa Kecupak, Air Terjun Di Kutatinggi ada juga Air Terjun Mbilulu yang berada di Desa Pronggil. Untuk panorama alam, Desa Sukarame dan Sindeka masih menjadi titik terbaik.

Wisata Sejarah Pakpak Bharat

Setiap desa di Pakpak Bharat pada umumnya memiliki situs megalitik bernama Mejan. Mejan ini dipercaya sebagai penjaga kampung selain itu mejan juga dimiliki oleh setiap marga. Jadi jangan kaget bila di Pakpak Bharat ditemukan berbagai penaman dari Mejan Bancin, Mejan Banurea dan mejan-menjan lainnya. Namun sayangnya banyak sekali mejan ini yang tidak terurus sehingga kalau dibiarkan begitu saja mungkin Mejan akan punah dalam jangka waktu yang panjang. Selain itu ada juga Sumber Mata Air Eluh Berru Tinambunen. Wisata sejarah ini terletak di kaki Gunung Simpon.

Wisata Gunung Di Pakpak Bharat

Hayo kamu pasti suka dong dengan yang namanya hiking atau climbing? Pakpak Bharat juga punya spot menarik untuk kamu dan dinamai Delleng Simpon. Delleng dalam Bahasa Pakpak berarti gunung, naik-naik ke puncak gunung tinggi-tinggi sekali. Delleng Simpon ini adalah perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Menurut informasi terkahir, akan dibuat jalan lintas negara sehingga nanti kabupaten Humbahas terhubung dengan Pakpak Bharat.

Wisata Kuliner Pakpak Bharat

Kuliner adalah bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas traveling, lets explore the nature then find some good food to eat, right?. Pakpak Bharat punya makanan tradisional beragam, nah yang paling menonjol itu adalah makanan tradisional bernama Pelleng. Pelleng adalah beras yang ditanak berbentuk bubur namun diberi bumbu kunyit, garam, cabai, dan masih banyak lagi lainnya. Selain itu ada juga makanan bernama Lappet, Nditak, Sasagun dan lainnya yang bakal ngebuat lidah kamu bergoyang.

Bagaimana kawan-kawan, it’s gonna be fun to explore Pakpak Bharat, right? Kami menyediakan paket wisata yang menarik kok buat kamu, bila berkenan atau perlu konsultasi terkait info paket wisatanya kamu boleh langsung hubungi kita via whatsapp: 085658080343 atau via line: TMCgroup