Home » » Tempat Wisata Di Tapanuli Selatan

Tempat Wisata Di Tapanuli Selatan


Tempat wisata di Tapanuli Selatan dapat menjadi refrensi wisata kamu saat traveling ke Kabupaten Tapsel. Merupakan kabupaten yang berbatasan langsung dengan Mandailing Natal dan Padang Lawas, ibukota Tapanuli Selatan adalah Sipirok dengan slogan "Sahata Saoloan" atau Seiya Sekata. Sesuai dengan sensus penduduk pada 2014, Tapsel dihuni oleh 264.108 jiwa yang tersebar di 14 kecamatan.

Aksesibilitas menuju Tapanuli Selatan sudah cukup memadai, dari kota Medan anda dapat menggunakan transportasi berupa bus ke kota Sipirok. Sarana dan prasarana penunjang pariwisata seperti hotel, penginapan dan rumah makan dapat anda temukan di ibukota kabupaten. Mayoritas masyarakatnya beragama Islam dan berasal dari suku Batak Angkola dan Mandailing. Berikut tempat wisata di Tapanuli Selatan.

Sipirok
Masyarakat Tapanuli Selatan menggunakan bahasa Batak Angkola, hal ini karena Angkola adalah bagian dari Suku Batak yang memiliki tatanan bahasa yang sedikit berbeda dengan bahasa Batak Toba. Sipirok dipilih menjadi ibukota Kabupaten Tapsel setelah terjadi pemekaran. Di Sipirok Anda dapat menyaksikan keindahan panorama alam Bukit Barisan yang mengelilingi kota kecil ini. Selain itu terdapat pula penenun ulos khas Angkola yang biasanya digunakan oleh masyarakat untuk mengikuti kegiatan adat. Bila Anda berniat menelusuri Tapanuli Selatan, Sipirok adalah pilihan pertama. Jangan lupa untuk menikmati kelezatan kuliner khas Angkola di kota ini ya sobat. 

Aek Sijorni
Obyek wisata ini sudah menjadi destinasi pilihan bagi para pengunjung yang berasal dari luar Sumatera Utara, pun masyarakat disekitar kabupaten menjadikan obyek ini sebagai pilihan rekreasi utama. Aek Sijorni merupakan pemandian alam dengan airnya yang jernih dan dingin. Pengelola obyek ini telah menyulap Aek Sijorni dengan berbagai fasilitas yang memanjakan wisatawan.


Danau Siais
Danau ini adalah danau terbesar kedua di Sumatera Utara setelah danau Toba. Siais memiliki panorama alam yang unik karena dikelilingi oleh Bukit Barisan. Siais telah dilengkapi sarana dan prasarana oleh pemerintah daerah namun sayangnya aksesibilitas menuju obyek wisata ini belum tergolong mudah. Tidak tersedia transportasi langsung menuju lokasi, mau tidak mau anda harus menggunakan kenderaan pribadi untuk mempermudah perjalanan.

Air Terjun Siais
Air Terjun ini berda di kawasan yang sama dengan Danau Siais. Keindahan air terjun ini terletak pada ketinggiannya yang mencapai 16 meter. Aliran air terjunnya langsung menuju Danau Siais.  Kedua obyek wisata ini berada di Desa Rianiate. Untuk menuju lokasi membutuhkan waktu sekitar 2,5 jam dari Sipirok. Baik danau Siais dan Air Terjun Siais kini tengah dikembangkan oleh pemerintah setempat yakni Kabupaten Tapanuli Selatan untuk dijadikan sebagai obyek wisata andalan. Pengembangan ini meliputi penyediaan sarana prasarana dan aksesibilitas menuju destinasi.



Gunung Sibual-Buali
Kalau kamu pernah dengar lagu "masa musim salak di Sibual-buali" maka ini adalah tempatnya. Dari kawasan ini dihasilkan banyak buah Salak yang kemudian persebarannya sampai ke beberapa daerah di Tabagsel (Tapanuli Bagian Selatan). Gunung ini cocok bagi kamu para pendaki yang ingin menikmati keindahan landskap Kabupaten Tapanuli Selatan selain itu melakukan ekspedisi pendakian di Gunung Sibual-Buali akan memberikan tantangan tersendiri, sebagai informasi tambahan, obyek wisata ini belum banyak dikunjungi oleh wisatawan. Di daerah ini juga ada obyek wisata bernama Haritte Sibual-Buali. Baca juga: Tempat Wisata Di Kabupaten Samosir

Masjid Sri Alam
Berada di kota Sipirok, Masjid Sri Alam adalah obyek wisata religi di Tapanuli Selatan. Dibangun pada tahun 1920, masjid ini merupakan tempat ibadah bagi umat muslim pertama di Tapanuli Selatan sekaligus sebagai pengingat persebaran agama Islam di wilayah Tapanuli Selatan. Dan perlu kamu ketahui bahwa Masjid Sri Alam Dunia adalah kebanggaan bersama antara warga yang berada di sekitar masjid. Baca juga Wisata Bangka Belitung


Danau Marsabut
Berada di Dolok Sipispisan, Danau Marsabut adalah danau yang unik. Bila pagi hari, terdapat awan diatas danau hal ini dikarenakan Marsabut berada di daerah ketinggian. Di sekitar Tapanuli Selatan terdapat 2 danau alami dan satu lagi buatan. Menikmati Marsabut di pagi hari adalah pilihan utama bagi para pengunjung. Gunung Di Sumatera Utara

Istana Tunggang Bosar
Merupakan simbol kejayaan Kesultanan Dhasa Nawalu, istana ini dibangun sebagai wadah untuk pelestarian sekaligus sebagai tempat pembelajaran budaya. Seperti Dalihan Natolu yang dijadikan sebagai pedoman hidup suku Batak termasuk clan etnis Batak Angkola. Keberadaan Istana Tunggang Bosar diharapkan menjadi pedoman bagi masyarakat Angkola untuk menghadapi dinamika budaya yang semakin berubah seiring modernisasi. Baca artikel menarik kami lainnya: Tempat Wisata Di Kabupaten Tapanuli Utara

Beberapa obyek wisata lainnya di Tapanuli Selatan diantaranya: Pemandian alam Aek Silo di Desa Aek Silo, Istana Adat Muara Tais di Muara Tais, Gunung Lubuk Raya di Marancar, Pantai Muara Upu di Desa Muara Upu, Pemandian Alam Sirambe di Desa Sirambe, Gereja Nomensen Parau Sorat di Sipirok, Benteng Huraba diperbatasan Riau dan Sumatera Utara, Tor Simago-Mago di Sipirok, Air Terjun Siondop di Desa Pardomuan, Air Terjun Sitimbulan di Desa Bonan Dolok, Pemandian Alam Aek Milas Sisopan dan Air Terjun Ganda di Desa Pardomuan. Jadi, sudahkah kamu berencana menelusuri keindahan Pariwisata Tapanuli Selatan?