Home » » Tempat Wisata Di Bangka Belitung

Tempat Wisata Di Bangka Belitung

  

Tempat wisata di Bangka Belitung sangatlah beragam, terutama wisata bahari dan kuliner. Perpaduan tanah laskar pelangi yang berwarna menciptakan satu kesatuan multi-kultural, berpengaruh terhadap tatanan serta pola budaya masyarakat Bangka Belitung. Bangka Belitung adalah provinsi yang dibentuk berdasarkan pemekaran dari Provinsi Riau. Kini, Babel semakin berbenah terutama pada sektor pariwisata. Bagi kamu para travelers, berikut tempat wisata di Bangka Belitung yang cocok kamu masukkan ke dalam itinerary/perjalanan kamu.

Pantai Kelayang
Bila kamu pernah mendengar Kawasan Startegis Pariwisata Nasional yang terdiri dari 10 destinasi prioritas, maka Kelayang adalah salah satunya. Bila dibandingkan dengan objek wisata lainnya di Bangka Belitung, tingkat kunjungan wisatawan ke Kelayang memang jauh lebih banyak. Persentase tingkat kunjungan wisatawan inilah yang membuat para stakeholder pariwisata kerap mengadakan event baik dalam skala lokal, nasional dan internasional disini. Sarana dan prasarana cukup memadai, kamu tidak perlu khawatir. Perjalanan yang membutuhkan waktu 2-3 jam ini terbayar dengan keindahannya yang sangat memanjakan mata. Laut yang biru jernih berpadu dengan pasir putih serta pohon kelapa yang berbaris rapi menjadi pemandangan utama setelah kita memasuki kawasan ini. Kumpulan batu granit berukuran besar di Pantai Siangau membuat pemandangannya menjadi eksotis. Terdapat formasi granit yang berada pada beberapa titik di bagian ujung jalan yang bisa dilewati kendaraan bermotor yang menjadi tempat istirahat atau tempat untuk sekedar bersantai menikmati pemandangan, atau untuk mandi dan bermain air laut.

Bukit Pangkutan
Menurut legenda masyarakat, penamaan Pangkutan berasal dari kisah seorang gadis yang meninggal dipangkuan kekasihnya. Bukit atau gunung yang berada di Belitung Timur ini merupakan salah satu destinasi agrowisata populer. Memiliki banyak sisi menarik dan keunikan menjadikan Bukit Pangkutan banyak dikunjungi oleh wisatawan. Para turis biasanya berkunjung ke Bangka Belitung untuk menikmati panorama alam nan hijau, karena letaknya yang berada di areal pegunungan, selain itu Bukit Pangkutan juga memiliki fasilitas, sarana dan prasarana memadai sehingga cocok dijadikan untuk outbond.

  
Pantai Tikus
Jangan tanya kenapa disebut pantai Tikus, its something rude to be talked. Yang penting adalah pantai Tikus merupakan obyek wisata bahari yang cukup unik. Kenapa? Karena anda akan melihat pemandangan alam yang benar-benar mempesona tentu saja masih mengandalkan panorama laut. Selain itu ada juga klenteng yang bentuknya bulat, for sure, Bangka Belitung memang banyak maasyarakatnya yang bertenis Tionghoa. Pasti kenal dengan Ahok?. Nah beliau berasal dari Bangka Belitung loh. Di pantai tikus ini kamu bisa asyik menikmati pemandangan laut yang menagumkan, bermain diatas pasir atau mencoba memancing ikan.

Pulau Lengkuas
Pulau Lengkuas benar-benar memikat, selain memiliki pasir pantai yang putih, gradasi warna lautan biru yang jernih, sekeliling kawasan ini juga dihiasi dengan tumpukan batu granit yang sangat indah. Para traveler bisa melakukan kegiatan diving atau snorkeling. Nah setepah bosan bersendagurau dengan air lautnya, kamu jangan lupa untuk menaiki mercusuar. Dulu digunakan untuk memantau kapal, yap pada masa kolonial Belanda. Setelah Indonesia merdeka, mercusuar ini kemudian beralih fungsi. Kini bangunan berusia tua ini digunakan sebagai spot untuk menyaksikan panorama Pulau Lengkuas yang menggoda.
Pantai Tanjung Timur terletak di kecamatan Toboali Kabupaten Bangka Selatan. Pantai ini dapat dicapai dalam waktu sekitar 45 menit perjalanan dari Kota Toboali dengan menggunakan speed boat tradisional rakyat.


Pulau Memperak
Bebatuan di sekitar provinsi Bangka Belitung atau Babel menjadi daya tarik tersendiri di kawasan pantai/laut. Banyak wisatawan yang berkunjung ke Babel untuk mengabadikan keindahan ini melalui foto. Selain itu aktifitas snorkeling tentu saja tidak boleh kamu lewatkan mengingat bahwa Bangka Belitung kaya akan panorama bawah laut yang memukau. Berbagai jenis terumbu karang dapat kamu temukan disini. Sebut saja Pulau Memperak yang selalu ramai didatangi oleh pelancong.

Pantai Bukit Berahu
Pantai Bukit Berahu hanya berjarak 18 Km dari Kota Tanjung Pandan, letaknya diatas bukit dengan akses jalan aspal yang mulus. Inilah panorama laut dari koridor restoran. Pada pagi hari banyak perahu-perahu nelayan ditambatkan ditepi pantai sehingga menambah kecantikan pantai ini. Namun ketika malam tiba, perahu-perahu nelayan ini berpindah ke tengah laut untuk mencari ikan. Lampu-lampu perahu itu memberikan panorama lain lagi bagaikan gugusan bintang-bintang dilangit menciptakan suasana romantis sepanjang malam dengan irama deburan ombak yang tidk pernah putus-putusnya.

Pulau NanasTerletak di Kec Parit Tiga, Provinsi Bangka Belitung (Babel), Pulau Nanas biasanya menjadi tempat untuk memancing atau berkemah. Dinamakan Pulau Nanas karena dulu pulau ini memang menjadi kebun nanas. Namun sekarang, sudah tidak ada lagi kebun nanas di sana. Di Pulau Nanas juga terdapat benteng kecil sisa peninggalan sejarah kolonial Portugis. Pulau Nanas adalah satu dari sekian banyak gugusan pulau kecil. Maka tak ayal lagi bila anda tengah traveling ke Pulau Nanas maka anda dapat serta merta menyaksikan banyaknya pulau di sekitar kawasan yang sepertinya enggan banget untuk dilewatkan.

Pantai Tapak Antu
Kadang-kadang pantai ini sih disebut juga dengan Pantai Tapak Dewa. Nah travelers!, kawasan pantai yang terletak di Desa Batu Belubang, Kabupaten Bangka tengah ini harus melalui jalan kampung dan perumahan penduduk di Desa Nelayan Batu Belubang. Kenapa dinamakan Tapak Antu? pada penasaran dong ya?. Jadi, dinamakan Tapak Antu (Tapak = Telapak ; Antu = Hantu) dikarenakan di salah satu batuan granit di pinggir pantai Tapak Antu terdapat lubang yang berbentuk telapak kaki kanan. Pantai Tapak Antu memiliki persil area yang banyak ditumbuhi pohon bakau. Terdapat dermaga kayu diantara pepohonan bakau yang biasanya digunakan pada saat air pasang. Pantai ini memiliki pemandangan yang indah karena terdapat banyak formasi batu granit raksasa di sisi pantai.  Salah satu obyek wisata yang cukup famous adalah Pantai Pasir kulit remis di Pantai Tapak Antu. Pantai ini sudah dilengkapi area parkir, kamar mandi serta beberapa gazebo yang dapat digunakan pengunjung. Penggiat wisata di kampong tersebut juga sedang menambah daya Tarik kawasan ini dengan mengembangkan kebun buah-buahan.


Kuliner Bangka Belitung
Masakan tradisional yang terkenal adalah Lempah Kuning. Lempah ini merupakan makanan yang khas dan menjadi makanan utama dalam keluarga dan masyarakat, juga menjadi makanan dalam upacara adat dan keagamaan. Dalam tradisi masyarakat Pangkalpinang yang disebut Sepintu Sedulang, Sebuah tradisi budaya yang menekankan nilai bahwa segala sesuatu dikerjakan secara bersama -sama, biasanya sebelum melakukan suatu pekerjaan atau hajatan besar atau setelah bekerja bersama, masakan Lempah Kuning adalah lauk pauk utama yang dimasak bersama dan dimakan bersama - sama.
Food travelers!, makanan khas dari Babel terutama dari Pulau Bangka pasti memiliki nilai kebudayaan yang memuat kearifan lokal dan harus dilestarikan. Karena wilayah dominan Propinsi Kepulauan Bangka Belitung adalah lautan, maka ciri khas utama makanan masyarakatnya berhubungan dengan hasil - hasil laut atau hasil olahan hasil laut, disamping hasil perkebunan yang ada. Jenis makanan tersebut biasanya merupakan aneka makanan hasil laut yang diawetkan seperti Cumi kering, Ikan kering, Cacing laut atau Wak - wak kering, Udang kering, Teripang, Sirip Hiu, Rusip , Kecalok , Pekasem. Kemudian aneka makanan hasil olahan hasil laut seperti Keretek, Kempelang , Kericu, Kerupuk, Sambalingkung, Terasi , Otak - otak, Empek - empek, Lakso, Bergo dan Pantiau. Disamping makanan khas bercirikan hasil laut terdapat pula aneka jenis peganan tradisional seperti Rintak sagu, Gandus, Kue Rangai, Kue Talam,, Kue Jongkong dan Dodol khas yang disebut Lempok Cempedak atau Durian . Kemudian dikenal pula hasil alam berupa Madu Pahit dan Madu Manis asli dari Lebah hutan Pulau Bangka dengan rasa dan khasiat tersendiri, sangat baik untuk kesehatan.

Baca Juga Artikel Menarik Kami Lainnya: 
Tempat Wisata Di Deli Serdang
Taman Getsemani Samosir
Tempat Wisata Di Kabupaten Simalungun
Tempat Wisata Di Kabupaten Tapanuli Tengah
Danau Di Sumatera Utara
Air Terjun Di Sumatera Utara
 
Kerajinan Tangan Dari Bangka Belitung
Taukah kamu, perpaduan antara tekhnik songket dan tenun ikat, namun yang menjadi ciri khasnya adalah susunan motif menggunakan tekhnik tenun ikat di Bangka Belitung dinamakan Tenun Cual. Biasanya nih Tenun Cual bercorak penuh (Pengantek Bekecak), dan motif ruang kosong Jande Bekecak). Dahulu dikenal dengan nama Limar Muntok, kalau dilihat sekilas sih motif kain tenun cual nampaknya enggak jauh berbeda seperti songket palembang. Bedanya adalah Songket palembang motif diambil dari bentuk-bentuk bunga seperti cempaka sedangkan cual mengambil motif bentuk-bentuk alam dari tumbuh-tumbuhan dan hewan, seperti motif kucing atau bebek, bunga mawar, dan lain-lain yang jika dilihat dari jauh akan timbul motifnya.

Sudah memutuskan untuk menambah Bangka Belitung, provinsi yang dimekarkan dari Provinsi Riau ini sebagai refrensi wisata kamu selanjutnya kah?.