MASIGNASUKA101
7168738000188950837

2 Cara mengetahui MDPL dan ketinggian suatu lokasi

2 Cara mengetahui MDPL dan ketinggian suatu lokasi
Add Comments
4/10/2020
Bagi para pendaki gunung, "meter di atas permukaan laut" atau disingkat MDPL selalu menjadi patokan untuk mengetahui titik ketinggian suatu daerah. Tidak hanya penting untuk industri pariwisata, ini juga cukup bermanfaat di berbagai sektor lainnya seperti pertanian dan pertambangan.

Perusahaan-perusahaan besar biasanya sudah memiliki alat untuk menghitung MDPL yang modern dengan hasil akurat. Tetapi kita tidak perlu memiliki perlengkapan itu. Hanya bermodalkan gawai seperti laptop atau handphone android yang terhubung dengan internet, maka kita sudah bisa mengetahui MDPL suatu wilayah.

Selama ini, GPS atau Global Positioning System selalu dijadikan untuk mengetahui tinggi suatu lokasi. Kendati paling lengkap dan boleh dibilang hasilnya sangat akurat, alat tersebut tentu tidak dimiliki oleh semua orang, bukan? Karenanya, kita perlu opsi yang yang jauh lebih mudah.

Berikut adalah 2 cara mengetahui MDPL atau ketinggian suatu wilayah yang direkomendasikan oleh travelingmedan.com. Siapapun bisa menggunakannya dengan mudah dan gratis!

Map Coordinates

cara mengetahui mdpl
image source: mapcoordinates.com
Map coordintates adalah situs yang mampu mengukur sekaligus memberitahukan ketinggian suatu tempat. Bagaimana cara mengetahuinya?

1. Silahkan buka situs mapcoordinates.net
2. Pada peta yang ditampilkan oleh situs tersebut, temukan kolom "search" isi nama lokasi yang ingin diketahui MDPL-nya.
3. Tekan enter.
4. Hasil lengkap akan langsung diperlihatkan yaitu sea level (meter di atas laut), longitude dan latitude.

Sebagai contoh, kita ingin tahu di ketinggian berapa gunung Sibayak jika dihitung dari permukaan laut, tinggal ketikkan nama destinasi wisata itu, maka hasilnya akan terlihat pada gambar di atas.

2. Google Earth

image source: google earth
Citra satelit yang ditampilkan oleh Google Earth, salah satu produk dari Google INC ini juga bisa dijadikan untuk menentukan koordinat dan ketinggian suatu destinasi. Caranya pun tidak ribet, berikut langkah-langkahnya:

1. Buka situs earth.google.com atau bagi pengguna Android, cukup pasang aplikasinya dari Play Store.
2. Pada bilah kiri, terdapat ikon kaca pembesar atau search.
3. Klik dan tuliskan nama tempat yang ingin dicari.
4. Setelah diproses, lihat hasilnya yang ditampilkan pada bagian sudut kanan.
5. Kali ini kami mencoba mencari mdpl kota Pematangsiantar dan diketahui berada di ketinggian 433 mdpl.

Nah, mudah bukan? kamu bisa pilih salah satu cara mengetahui MDPL di atas tanpa harus menggunakan alat GPS dan sejenisnya. Selamat bereksperimen dan jangan lupa jalan-jalan!
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -