MASIGNASUKA101
7168738000188950837

7 Tempat Wisata di Kabupaten Tapanuli Utara

7 Tempat Wisata di Kabupaten Tapanuli Utara
Add Comments
10/30/2016

Dikenal sebagai destinasi wisata religi di Provinsi Sumut, Tapanuli Utara memang cukup menarik untuk dikunjungi. Beribukotakan Tarutung dan terdiri dari 15 kecamatan serta diresmikan sebagai daerah otonom pada 5 Oktober 1945 silam. Banyak ragam wisata yang dapat traveler temukan.

Potensi pariwisata kabupaten ini tidak terlepas dari agriwisata, ekowisata dan wisata religi atau rohani. Sarana dan prasarana seperti hotel dan rumah makan cukup memadai juga aksesibilitas dari ibukota provinsi dapat ditenpuh dengan mudah menggunakan kenderaan publik dari Pinang Baris Medan menuju Tarutung. Selain itu anda juga dapat menggunakan transportasi udara melalui Kuala Namu International Airport menuju Bandara Silangit.

Salib Kasih Siatas Barita
Nomensen adalah misionaris agama Kristen pertama di tanah Batak. Beliau pertam kalinya mlihat Tapanuli dari puncak Bukit Siatas Barit dan bernazar untuk mengabarkan Kekristenan di Tanah Batak ini. Salib Kasih Siatas barita dibangun untuk mengenangpengabara gama Nasrani olehnya. Obyek wisata ini menjadi salaah satu destinasi wisata religi di Sumatera Utara. Terdapat rumah doa dan salib berukuran raksasa. Menuju puncak anda akan melewati huta dan harus melalui tangga. Salib Kasih adalah ikon pariwisata Kabipaten Tapanuli Utara, tidak jauh dati lokasi ini juga tengah dibangun patung Tuhan Yesusnamun belum selesai.

Pemandian Sipoholon
Sipoholon adalah desa di Kabupatdn Tapanuli Utara. Desa ini terkenal karena terdapat pemandian Air Panas belerang yang selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan. Sumber air panas berasal dari sebuah bukit yang kemudian dialirkan menuju kolam di kaki bukit. Nah disinlah biasanya para pengunjung merasakan bagaimana sensasi mandi dengan air belerang. Bila anda merasa kelaparan, disekitar kawasan tersedia rumah makan. Untuk informasi tambahan, Sipoholon juga merupakan persinggahan bus menuju ke Tapanuli Bagian Selatan. Baca juga: Gunung Di Sumatera Utara

Sensasi Air Soda Aek Rara Tarutung
Aek Rara bila diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia berarti air merah. Penemuan air soda ini dimulai ketika penjajahan bangsa Jepang sampai ke Tanah Batak. Saat itu, Jepang berusaha menghancurkannya namun tidak bisa. Aek Rara merupakan satu dari dua sumber air Soda Alami di dunia satu lagi di Venezuela. Atmospher di Desa Parbubu - Tapanuli Utara akan terasa berbeda bila anda berendam di kolam yang berisikan air Soda ini, gelembung soda sangat terasa sensasinya. Obyek wisata ini dikelola oleh warga setempat. Sisi lain yang menarik adalah pemandangan Bukit Barisan dan Sawah nan menggoda mata. Baca juga artikel kami lainnya: Air Terjun Di Sumatera Utara

Situs Hindu Batu Hopong
Penyebaran Agama Hindu ternyata tidak hanya sebatas Pulau Jawa Saja, terbukti dari beberapa situs hindu di Sumatera Utara seperti Candi Biaro bahal di Padang Lawas. Pun Tapanuli Utara tidak terlepas dari Kebudayaan Hindu terbukti dari kebwradaan Situs Batu Hopong. Berada di Desa Simangumban, Situs Batu Hopong berupa arca megalit tua seperti Patung Budha. Situs ini masih terus diteliti oleh budayawan dan sejarawan. Baca juga Tempat Wisata Di Deli Serdang

Panorama Alam dan Bukit Doa Huta Ginjang
Berada di kecamatan Muara, Huta Ginjang adalah spot terbaik untuk menikmati Panorama Danau Toba dari ketinggian. Dari titik ini anda dapat menyaksikan keindahan danau terbesar di Asia Tenggara yang kini masuk ke dalam 10 kawasan strategis pariwisata Nasional. Suasana dingin dan udara yang sejuk menjadikan tempat ini ramai dikunjungi oleh wisatawan. Di tempat yang sama terdapat Bukit Doa Huta Ginjang, dibangun sebagai sarana peribadatan bagi umat Nasrani, terdapat monumen berbetuk tangan yang sedang berdoa. Baca juga tempat wisata di Bangka Belitung

Goa Natumandi Hutabarat
Situs sejarah dan budaya di Taput ini cukup mengagumkan bila ditelisik dari legenda atau kepercayaan masyarakat lokal. Dikisahkan seoarng gadis menikahi seorang pria yang memiliki kesaktian. Setelah di lamar sang pria, mereka meninggalkan sebuah benda yang dibungkus dengan kain kepada orang tua dengan pesan agar tidak dibuka sebelum hari yang telah ditentukan. Sayangnya rasa penasaran kedua orangtuanya menyebakan sifat manusiawi lupa akan janji. Petaka muncul, setelah dibuka kedua mempelai tak kunjung datang hingga hari pernikahan sudah dekat. Bersama warga mereka akhirnya mengikuti jejak sang mempelai, hingga berhenti di satu lubang berupa goa kecil, ternyata keduanya telah berubah menjadi ular. Tempat ini masih ramai dikunjungi oleh para peziarah terutama suku Batak. Menurut kepercayaan lokal, bila anda datang berkunjung kesini maka akan enteng jodoh, nah jomblo gimana?.

Pacuan Kuda Siborong-Borong
Bila anda ingin menikmati bagaimana rasanya menunggangi kuda, cobalah ke Siborongborong, kota kecil ini memiliki fasilitas yang anda butuhkan. Obyek wisata olahraga atau sport tourism ini sudah banyak dikenal oleh masyarakat khususnya Sumatera Utara. Pada beberapa waktu tertentu diadakan juga lomba Pacuan Kuda.

Obyek wisata lainnya di Tapanuli Utara yang rugi bila dilewatkan adalah Pemandian Air Panas Sait Nihuta, Pemandian Air Panas Ugan, Sopo Parnisoan Di Tarutung, Patung Tugu Nomensen di Sait Ni Huta, Pantai Muara dengan View Danau Toba, Kantor Pusat HKBP di Pearaja, Makam Munson dan Leman di Tarutung (Misionaris Kristen) dan Pulau Sibandang di Muara.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -