Home » , » Tempat Wisata Religi di Kota Medan

Tempat Wisata Religi di Kota Medan

Tempat Wisata di Kota Medan, Medan didirikan oleh Guru Patimpus Merga Sembiring  Pelawi. Sebelumnya Kota Medan dikenal dengan nama Tanah Deli dalam keadaan tanah berawa-rawa seluas 4000 Ha. Guru Patimpus membuka perkampungan Medan tepatnya di Tanah Deli. Tanah Deli memiliki kawasan/wilayah mulai dari Sungai Ular (Deli Serdang) sampai ke Sungai Wampu di Kesultanan Langkat (Sekarang). Kesultanan Deli yang berkuasa pada masa itu memiliki cakupan wilayah kekuasaan yang mana tidak mencakup daerah di antara kedua sungai tersebut.
Perkembangan Kota Medan
  • Pada tahun 1860 Medan masih merupakan hutan rimba
  •  Pada tahun 1863 orang-orang Belanda mulai membuka kebun Tembakau di Deli.
  •  Perekonomian terus berkembang sehingga Medan menjadi Kota pusat pemerintahan
  •  Pada awal perkembangannya merupakan sebuah kampung kecil bernama "Medan Putri".
Wisata Religi di Kota Medan
Maha Vihara Maitreya Medan
Wisata Religi, berada di Komplek perumahan Cemara Asri, Jl. Boulevard Utara No. 99-5, Medan. Fungsi utama Vihara ini sebagai tempat beribadah umat Buddha. Arsitektur bangunan mengambarkan kebudayaan serta karakteristik ajaran Buddha Maitreya.
Mesjid Raya Medan
Wisata Religi, Berada di Jalan Sisingamangaraja Medan, Mesjid Al Makhsun ini bergaya arsitektur khas Timur Tengah, India dan Spanyol. Masjid ini berbentuk segi delapan dan memiliki sayap di bagian selatan, timur, utara dan barat. 
Gereja Immanuel
Wisata Religi, Berada di Jalan Diponegoro, merupakan Gereja tertua di Kota Medan dan dibangun pada masa penjajahan. Hingga saat ini Gereja Immanuel masih digunakan sebagai tempat beribadah umat kristiani sejak dibangun pada 1929 silam.
Vihara Gunung Timur
Vihara Gunung Timur terletak di Jalan Hang Tuah, sekitar 500 meter dari Kuil Sri Mairaman dan menghadap sungai Barbura. Sejak dibangun pada tahun 1960, Vihara Gunung Timur masih digunakan sebagai tempat peribadatan.
Mesjid Al Osmani
Dibangun pada tahun 1854 di masa kejayaan kesultanan Deli, merupakan mesjid tertua di Kota Medan. Mesjid ini berada di Jalan K.L Yos Sudarso. berarsitektur perpaduan bangunan Timur Tengah, India, Spanyol, Melayu, dan China. Mesjid ini sampai sekarang masih digunakan oleh umat muslim.

Untuk mengetahui tempat wisata menarik lainnya di Sumatera Utara, sila ikuti perkembangan Pariwisata Sumatera Utara di website: www.pariwisataSUMUT.Net 

Kaitan dengan kata pencarian: Tempat Wisata di Kota Medan, Mesjid Kuning, Gereja Tertua di Kota Medan, Pariwisata SUMUT, Wisata Medan, Wisata Religi Medan, Wisata Pilgrim, Wisata Sejarah.