MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Puncak Mas Lampung: HTM, Tarif Penginapan dan Spot Wisata Foto

Puncak Mas Lampung: HTM, Tarif Penginapan dan Spot Wisata Foto
Add Comments
9/28/2020
Info Puncak Mas Lampung / Alamat: Sukadana Ham, Kota Bandar Lampung, Jalan H. Hamim RJP, Tanjung Karang Barat 35215 / Peta Lokasi / Tiket Masuk: Rp20k / Tarif Penginapan: Rp35k> / Jadwal Buka Tutup: Jam 08.00 - 22.00 / Fasilitas: Lengkap

Puncak Mas Lampung adalah obyek wisata berpola lembah dari dataran tinggi kota Bandarlampung. Karena didirikan pada wilayah bukit, kawasan ini selalu menghidangkan sunset keemasan dengan view spektakuler. Sementara di sekitarnya terdapat bermacam variasi spot foto aestetik untuk dicobai.

Berwisata ke Puncak Mas Lampung ini merupakan pilihan tempat berlibur yang fleksibel. Kenapa demikian? Sebab muncak ke bukit bisa dilakukan saat siang maupun malam hari. Artinya, seluruh kawasan wisata terbuka tanpa batasan waktu, termasuk area cafe, gardu pandang dan warung kuliner di dalamnya.

Dengan kata lain, mengunjungi kawasan objek wisata di Puncak Mas Lampung akan menjadi momen liburan bersejarah bagi travelers. Asal tahu saja, tempat indah ini selalu memperbarui koleksi yang ada sehingga nuansanya selalu berganti. Pengunjung pun dimudahkan dengan keberadaan penginapan di seputaran lokasi.

Sejarah Perkembangan Puncak Mas

Sejarah tentang Puncak Mas Lampung ini bermula dari tahun 2019. Kala itu, Thomas Aziz Riska yang merupakan pemilik lahan, tergerak membuat suatu destinasi yang dipengaruhi tren wisata anak muda atau yang sering disebut dengan istilah kekinian. Seluruh lahan akhirnya dikerjakan dengan berpedoman pada konsep pariwisata milenial Indonesia.

Awal dikenalnya puncak mas oleh orang Lampung justru terjadi pada tahun 2020 setelah diadakan seremoni peresmian. Semenjak itu, perkembangan destinasi ini terus berlanjut sampai sekarang. Ditandai dengan kedatangan wisatawan dari berbagai penjuru seperti dari DKI Jakarta dan provinsi terdekat.

Kisahnya memang tidak begitu panjang untuk diceritakan, bahkan tergolong ringkas. Akan tetapi, asal-usul yang sudah kami ulaskan di atas sudah bisa menjawab rasa penasaranmu mengenai sejarah Puncak Mas Lampung.

Tiket Masuk Puncak Mas 2020

Karena pada umumnya pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini untuk menikmati pemandangan dan berfoto selfie saja, maka biaya yang dikeluarkan cukup murah. Soal harga tiket masuk Puncak Mas Lampung sendiri bisa cek pada tabel berikut.

Harga Tiket Masuk Puncak Mas Lampung
Jenis Tiket Harga Deskripsi
Tiket normal Rp20.000/org Harga berlaku setiap hari
Tiket kendaraan Rp10.000/unit Untuk semua jenis

Apakah dengan membayar tiket masuk pengunjung sudah dibebaskan berfoto? Tidak, terdapat beberapa wahana berbayar, jadi bisa disimpulkan kalau spot di sini tidak semuanya gratis. Contohnya wahana sepeda gantung, pengunjung harus rogoh kocek sebesar Rp30.000.

Agar dapat menekan biaya pengeluaran, sebaiknya wisatawan membawa bekal makanan dan minuman sendiri. Terutama bagi mereka yang berkunjung dengan rombongan keluarga. Apalagi pengelola belum pernah menawarkan promo.

Bagaimana dengan tarif penginapan? Kami sudah menghimpun infonya di sini untuk kamu.

Tarif Penginapan Puncak Mas Per Malam
Tipe Kamar Weekday Weekend
Wisma Rp350k Rp450k
Cottage Rp550k Rp650k
Hostel Rp750k Rp850k
Ekstra Bed Rp150k Rp150k

Tarif sudah termasuk sarapan pagi untuk dua orang tamu. Kamar hanya disiapkan untuk dua orang saja, selebihnya tamu wajib menyewa ekstra bed. Jika tarif penginapan tersebut Anda nilai mahal, silakan cari akomodasi terdekat sebab di sekitar puncak bukit Lampung ini masih ada beberapa penginapan lagi.

Spot Wisata Puncak Mas Lampung

Lampung memiliki beberapa objek wisata bukit selain Puncak Mas Sukadana, sebut saja Villa Gardenia, Alam Wawai Eco Park, Bukit Sakura Kemilang, Rumah Pohon Wan dan Bukit Pangonan yang dapat kalian temukan dengan mudah.

Namun, hal paling spesial di seputaran puncak mas lampung ini adalah lingkungan wisatanya yang efektif mengusir kebosanan. Serangkaian kegiatan berlibur yang spesifik seperti menikmati panorama perkotaan dari ketinggian sampai mencoba wahana foto pun dapat kamu lakukan.

Selain menjual pemandangan alamnya, wisata bukit Bandar Lampung ini terdiri dari spot berfoto dengan desain backdrop unik, tempat makan bergaya ruang terbuka dan beberapa sarana permainan yang didesain sangat unik.

1. Panorama Malam dan Siang

Panorama malam hari menjadi daya tarik spesial - image via @puncakmasthomas

Puncak bukit yang terletak di sebelah selatan Kota Bandar Lampung ini dikenal menjadi tempat terbaik bagi wisatawan yang mau menyaksikan view perkotaan saat malam. Di bawah sinar bulan dan bintang, nun di kejauhan akan terlihat keindahan kota Lampung yang dicitrakan indah melalui panorama lanskap.

Sedangkan pada pagi, siang dan sore, puncak bukit yang hijau tersebut akan menampilkan pemandangan yang tak tertangkap mata pada malam hari. Tanpa menggunakan teropong, kita bisa mencicipi eloknya panorama laut Teluk Betung dan baris pegunungan dengan lembah hijau yang menyegarkan mata.

Hampir semua area wisata dapat digunakan untuk menikmati pemandangan siang maupun malam. Tetapi yang paling sering disinggahi pengunjung ialah gardu pandang. Pasalnya, dari spot ini akan terpampang jelas topografi alam Sukadanaham dan juga sebagian wilayah Kota Bandar Lampung.

2. Bermain Sepeda Gantung

puncak mas lampung
Wahana paling favorit di puncak mas adalah sepeda gantung - via @kopi.cat

Menyebut spot bermain maka sepeda melayang atau sepeda gantung menjadi salah satu aktivitas yang membuat banyak orang berbondong-bondong berkunjung ke Puncak Mas Lampung. 

Ada apa gerangan? Ketika sedang menaiki sepeda gantung itu, sepeda yang kita kayuh seolah melintasi seutas tali tipis. Sensasinya seperti tengah mengendarai sepeda di atas lembah hijau. Kalau nyalimu cukup tinggi, permainan ini tak akan membuat takut.

Semua permainan di Puncak Mas Lampung tanpa terkecuali, merupakan sarana yang telah memenuhi standar keamanan atraksi wisata. Pengunjung juga dilengkapi dengan fasilitas helm, tali penahan beban dan pakaian khusus. 

3. Rumah-rumah Pohon di Pokok Durian

puncak mas lampung
spot wisata di puncak mas yang kekinian - image: meysa pertamasari/googlemap

Dari semua spot berfoto yang disukai pengunjung, rumah pohon adalah favorit pertama. Jumlahnya tidak satu atau dua, tetapi lebih dari 5. Bahkan hampir semua pohon durian di puncak bukit ini telah dimodifikasi sehingga mampung menopang bangunan rumah kecil tersebut.

Bangunan Puncak Mas Lampung yang didesain unik seperti rumah pohon pada umumnya ini, posisinya dibuat menghadap area tertentu. Apabila pengunjung sudah puas akan angle yang satu, bisa beranjak ke bangunan lainnya.

Mungkin agak gamang menginjakkan kaki di tangga ataupun rumah pohonnya sendiri. Tetapi semua bangunan itu sudah benar-benar kokoh dan bisa memuat 4-5 orang untuk sekali naik. Hanya saja kamu harus berhati-hati juga agar tak terpeleset ketika melewati tangga. 

4. Tempat Makan Terbuka

Area bermain berbatasan dengan tempat makan - via @puncakmasthomas

Objek wisata Puncak Mas Lampung Sukadanaham merupakan destinasi yang anti-mainstream juga, lho! Kalau foto-foto sih soal biasa, tetapi disini itu ada tempat makan yang dibangun dengan konsep modern dan nyaman sesuai selera kekinian. Kalau begitu saja, dimana kerennya?

Nih biar tau, jadi cafe atau tempat makan ini berdiri tanpa atap. Pengunjung yang sudah mengambil pesanan akan dipersilahkan menikmati minuman dan makanan di bawah kolong langit. Kalau lagi hujan atau terik, barulah payung-payung pelindung itu dibukakan.

Bila tempat makan ini sedang terisi penuh oleh pengunjung, masih ada area bersantai yang kamu bisa pakai untuk bersantap, yaitu saung atau gazebo. Taman bunga yang ada di Puncak Mas pun bisa jadi tempat bersantai alternatif.

Rute Menuju Puncak Mas Lampung

Menuju Puncak Mas Lampung bukanlah suatu perjalanan yang sulit. Tak harus muncak supaya bisa menemukan letaknya. Bahkan termasuk gampang karena alamatnya sudah tertera di Google map. Yaitu Jalan PB. Marga, Sukadana Ham, Tanjung Karang Timur, Kota Bandar Lampung.

Darimana pun titik keberangkatanmu, ambil saja rute pertama melalui Pasar Tamin. Setelah melewati Tugu Duren, teruskan ke Kelurahan Sukadanam di mana Puncak Mas berada. Setelah menjumpai plank penanda bertuliskan nama obyek wisata itu sendiri, berarti sudah berhasil sampai di alamat persisnya.

Opsi terbaik untuk menyingkat perjalanan ialah memakai mobil atau transportasi lokal. Ongkosnya bisa dibicarakan langsung dengan pengemudi. Lain dari itu, beberapa penyedia transport online juga sudah membuka layanan ke sana kok.

TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -