MASIGNASUKA101
7168738000188950837

11 Tempat Wisata di Kepahiang Terkini & Terbaru

11 Tempat Wisata di Kepahiang Terkini & Terbaru
Add Comments
9/21/2020
Menyiapkan rencana perjalanan ke suatu destinasi wisata untuk menyegarkan pikiran itu penting. Jika sedang menyambangi Bengkulu, salah satu kabupaten yang pas dijadikan tujuan berlibur singkat dengan variasi objek wisata memesona adalah Kepahiang.

Meluangkan waktu untuk berkunjung ke wisata Kepahiang merupakan pilihan terbaik bagi semua warga dan wisatawan yang ingin memperoleh liburan berkualitas. Pasalnya, daerah yang dihuni warga dari suku Rejang tersebut punya pesona potensi alam berlimpah yang layak dikembangkan untuk menopang sektor pariwisata.

Terdapat beberapa tempat wisata di Kepahiang yang mampu memenuhi kebutuhan destinasi berlibur Anda. Sebagian besar masih bernuansa alami sedangkan sisanya sudah terkelola baik oleh dinas pariwisata. Kami telah menyiapkan dafta dan deskripsinya. Agar Anda bisa memilih tujuan mana yang tepat.

Demu liburan berkualitas, inilah 12 tempat wisata di Kepahiang yang recommended terbaru, paling hits dan menarik untuk dikunjungi dalam waktu dekat.

1. Taman Bunga Nusa Indah

wisata kepahiang
taman bunga di wisata kepahiyang - image via: abi rahmaddani/googlemap
Taman Bunga Nusa Indah adalah objek wisata di Kepahiang dan Curup. Letaknya berada di daerah perbatasan sehingga mudah dicapai dari kedua sisi kabupaten. Destinasi terbaru ini menyediakan spot Instagramable yang indah sehingga seru sekali untuk tempat berfoto. Terutama kalau bunga sedang mekar-mekarnya.

Taman terdekat di Kota Kepahiang yakni Taman Bunga Nasi Indah ini merupakan tempat yang sejuk dan indah. Anda dapat menghibur diri dengan menikmati ragam bunga celosia berwarna ungu, merah dan kuning. Ada juga bonsai, rumput hijau serta lainnya yang memperindah suasana.

Terletak di daerah Merigi tepatnya di Desa Taba Mulan, tiket masuk ke taman bunga tersebut pun relatif terjangkau. Makanya, spot ini lumayan populer di kalangan warga lokal maupun penduduk lainnya di Provinsi Bengkulu.
Alamat: Desa Taba Mulan, Kecamatan Merigi, Kepahiang - lihat peta
Tiket Masuk: Rp5.000-Rp10.000
Jam buka: 09.00 - tutup

2. Air Terjun Curug Embun

Image via instagram/fernandes_ramadhan
Kalau wisata air terjun di Kepahiang adalah destinasi alam yang lagi Anda cari, Curug Embun merupakan referensi pertama. Air terjun ini dapat dijumpai di Tapak Gedung, Kecamatan Tebat Karai. Sedari dulu, curug tersebut sudah menjadi primadona bagi warga sekitar.

Keunikan dari air terjun ini adalah eksotika curug-nya yang selalu berembun. Namun, agar dapat menyaksikan keunikan di curug itu, datanglah saat pagi-pagi buta. Biasanya pengunjung berendam atau mandi-mandi di sana sambil merasakan sensasi airnya yang beruap.

Meski masuk kategori destinasi alam, tetapi tempat wisata di Tebat Karai, Kepahiang ini sendiri bagus untuk tujuan berlibur keluarga. Aksesnya mudah karena hanya perlu berjalan kaki selama 5 menit dari area parkir.
Lokasi: Tapak Gedung, Tebat Karai, Kabupaten Kepahiang
Tiket masuk: Rp5.000

3. Taman Wisata Alam Gunung Kaba

image via: instagram.com/diky.damn
Petualangan seru bisa Anda dapatkan di gunung kecil bernama Bukit Kaba yang berlokasi di Kaba Wetan. Sebenarnya, tempat ini lebih cocok bagi Anda yang tertarik berpetualang ke gunung. Sebab, jalur trekking ke puncak cukup menantang.

Taman Wisata Alam Bukit Kaba adalah kawasan konservasi seluas 13.940 hecatre dimana di dalam wilayah tersebut terdapat sebuah gunung aktif berketinggian 1.937 mdpl, 8 kawah dan vegetasi bunga raflesia. Ketiga pemandangan inilah yang membuat wisata Kepahiang dikagumi pendaki lintas pulau.

Para pendaki selalu menghabiskan liburan di Gunung Kaba dengan bermacam aktivitas wisata. Seperti berkemah dan kegiatan lintas alam. Saat camping, keindahan langit yang dipenuhi milky way adalah pemandangan paling ditunggu.
Alamat: Desa Sumber Urip, Sambirejo - Titik koordinat
HTM: Rp10.000/wisatawan
Jam Operasional: 24 Jam

4. Kepahiang Mountain Valley

Image via: instagram.com/_itsafrimoe
Kepahiang Mountain Valley merupakan agrowisata kebun teh yang diresmikan pada tahun 2018 silam. Meskipun sudah 2 tahun berlalu, tetapi objek wisata itu masih kerap disambangi para pelancong. Udaranya juga sejuk seperti daerah pegunungan pada umumnya.

Objek wisata yang berjarak 70 km dari Kota Bengkulu ini sajikan panorama perkebunan teh. Selain panorama bukit hijau yang menjulang tinggi, di sini terdapat tulisan Kepahiang Mountain Valley yang sering dijadikan warga sebagai latar foto.

Sebagai agrowisata populer di Kepahiang, kalian dapat belajar dan memetik daun teh di perkebunan itu. Pengelola bersinergi dengan masyarakat juga mengadakan iven pariwisata dan industri kreatif secara rutin. Pokoknya, seru banget deh kalau liburan kemari.
Lokasi: Tugu Rejo, Kaba Wetan, Kabupaten Kepahiang - Lihat Peta
Tiket Masuk: Rp10.000
Jam Buka: 24 jam

5. Danau Suro

wisata kepahiang
Danau suro kepahiang
Tempat wisata ini beralamat di Desa Suro Ilir, Kecamatan Udan Mas. Meski merupakan danau buatan yang sengaja dibendung dari beberapa buah sunagi, tetapi nama destinasi ini banyak dikenal lantaran jadi satu-satunya danau di Kepahiang.

Danau sebagai objek wisata di seputaran Kepahiang tersebut tak hanya seru untuk lokasi piknik. Bendungan yang berasal dari aliran sungai Musi ini juga memiliki sarana outbond. Karenanya, Anda bisa memilihnya untuk kegiatan wisata olahraga.

Selain berolahraga, pengunjung pun dapat memancing ikan air tawar di Danau Suro. Sambil naik rakit ke bagian tengah danau, pemandangan alamnya bisa dinikmati sekalian. Hebatnya lagi, danau ini sedang dalam tahap pengembangan agar jadi destinasi unggulan dari kabupaten yang dibentuk tahun 2004 tersebut.
Lokasi: Desa Suro Ilir, Kec. Udan Mas - peta google
Tiket masuk: Gratis

6. Air Terjun Mandap Sari, Sengkuang

wisata kepahiang
Air terjun sengkuang - via instagram/taufikikhwansardi
Masih ada curug di Sengkuang Kepahiang untuk opsi berlibur. Namanya adalah Air Terjun Mandap Sari yang berada di Desa Mekar Sari. Namun, pengunjung diminta berhati-hati sebab jalan ke sana agak rawan, melewati beberapa tebing curam dan licin.

Sesaat setelah tiba di wisata alam Sengkuang ini, Anda akan menemukan air terjun berketinggian 25 meter. Letaknya yang tersembunyi membuat lingkungan sekitar masih begitu alami. Umumnya, para pengunjung kebanyakan kawula muda.

Harga tiket masuk ke objek wisata di Kepahiang ini hanya Rp5k. Dengan biaya tersebut, kita sudah bisa berlibur sepuasnya. Tempat ini bisa dinikmati seutuhnya mulai dari pagi sampai sore. Saran terbaik, pastikan membawa pakaian ganti dan makanan ringan.
Lokasi: Mekar Sari, Sengkuang, Kepahiang - Peta Google
Tiket: Rp5.000
Jam Operasional: 09.00 - 18.00 setiap hari

7. Air Terjun Donok

air terjun donok kepahiang
air terjun donok adalah salah satu wisata di merigi kepahiang - via @infokepahiang

Merigi adalah sebuah kecamatan di Kepahiang, Bengkulu yang selama ini memiliki destinasi terpendam. Lantaran tersembunyi, maka setiap pengunjung memerlukan bantuan guide atau pemandu wisata. Nah, nama tempatnya yaitu Air Terjun Donok.

Objek wisata dekat Merigi Kepahiang tersebut berada di tengah hutan belantara. Anda akan melalui medan yang cukup berat. Tapi semua perjuangan saat melintasi semak belukar akan dibayar tunai oleh pesona air terjun yang cantik dan mengagumkan.

Memiliki diameter sekitar 15 m dan dikerumuni oleh batu-batu besar dan pepohonan lebat, air terjun yang berasal dari aliran sungai TWA Bukit Hitam ini merupakan andalan wisata Desa Batu Ampar.
Alamat: Batu Ampar, Kecamatan Merigi, Bengkulu - Peta Koordinat
Tiket Masuk: Rp0-
Jam Buka: Dua puluh empat jam6. Air Panas Kabawetan

8. Bukit Hitam: Wisata Alam dan Air Panas

pemandian air panas bukit hitam kepahiang
wisata air panas di bukit hitam kepahiang - image via @@muhammadabiii
Objek wisata Kepahiang di puncak Bukit Hitam Bengkulu ini bukan main lengkapnya. Sebagai teritori dari kawasan hutan lindung di bawah administratif Kecamatan Kabawetan, Anda akan menemukan 2 atraksi alam yakni tempat pemandian air panas dan satu buah air terjun.

Pemandian air panas Bukit Hitam sangat bagus untuk relaksasi tubuh. Wajar bila semua pengunjung yang datang kemari, tak pernah lupa berendam di dalam kolam airnya yang hangat, dan mengandung sulfur atau sering juga disebut dengan belerang.

Dari Bandara Fatmawati ke objek wisata pemandian air panas tersebut sekitar 5 jam. Ambil saja rute langsung ke Kabawetan. Kemudian lanjut menuju Desa Air Sempiang. Dari desa ini kita pun harus menuruni lereng lagi. Sebab, sumber airnya tepat berada di lembah berkedalaman 25 meter.
Lokasi: TWA Bukit Hitam, Kabawetan, Bengkulu - Google Map
Tiket Masuk: Rp8.000 per 1x kali kunjungan
Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB

9. Taman Kota Kepahiang

taman kota kepahiang
image via adriansyah putra/googlemap
Jika ingin berwisata di dalam kota, cobalah mengunjungi Taman Kota Kepahiang. Ruang terbuka hijau dengan nama asli Taman Santoso ini bagus untuk Anda yang mau piknik dan berolahraga. Posisinya tak jauh dari pusat pasar tradisional di kabupaten ini, lho!

Selain dipercantik dengan air mancur, tanaman hijau dan lampu hias, Taman Kota Santoso ditargetkan menjadi sport centre. So, jangan kaget bertemu dengan warga yang sedang jogging atau bermain basket kalau Anda lagi ada di objek wisata kota ini.

Lokasi: Pasar Kepahiang, Kota Kepahiang, Bengkulu
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

10. Air Terjun Daspetah (Terambon)

air terjun daspetah - image via @lional_riyan
Tempat wisata di Kepahiang seolah tak pernah kekurangan air terjun nih. Seperti Curug Daspetah yang sering juga dipanggil Air Terjun Tearambon ini. Alamatnya mudah dicari lantaran hanya berjarak lima kilometer saja bila diakses melalui inti kota.

Potensi alam tersebut telah dilirik oleh dinas pariwisata Kabupaten Kepahiang. Dikutip dari Antaranews.com destinasi ini akan menjadi satu dari tujuh destinasi yang akan fokus dikembangkan pemkab setempat. Saat ini, Air Terjun Daspetah memang belum maksimal dari segi fasilitas.

Selain fasilitasnya yang masih membutuhkan perhatian, pun sarana jalan kesana belum begitu bagus. Padahal setiap hari sabtu maupun akhir pekan, Air Terjun Terambon selalu ramai didatangi oleh wisatawan lokal. 

Alamat: Desa Daspetah, Ujan Mas, Bengkulu - Titik koordinat
Jam Buka: 08:00 - 19.00
Tiket Masuk: Rp5k (belum termasuk parkir)

11. Kebun Teh Kabawetan

Wisata kepahiang
Image via bengkulu express
Wisata Kepahiang selanjutnya merupakan salah satu destinasi terintegrasi dengan beberapa tempat berlibur di Kecamatan Tangsi Baru. Uniknya, perkebunan ini sudah ada sejak kolonial Belanda. Luar biasanya, perkebunan ini tetap lestari sampai sekarang bahkan terus memproduksi daun teh berkualitas.

Di Kebun Teh Kabawetan, Anda akan menyaksikan para pemetik teh yang asyik memetik daun segar yang kemudian akan diproses di pabrik terdekat. Tak kalah menarik ialah menikmati udara segar yang terhindar dari padatnya polusi asap. Hal ini dikarenakan lokasinya yang berada di dataran tinggi 700 - 1.100 mdpl.

Perjalanan ke tempat ini dapat ditembus dengan semua moda kendaraan. Serunya lagi, kalian akan menjumpai sebuah jalur jalan yang diberi istilah kelok 9. Setibanya di lokasi, Anda dapat langsung memesan kopi sebelum menjelajah areal perkebunan.

Itulah dia 11 tempat wisata di Kepahiang yang paling kekinian dan terbaru. Apakah Anda punya tambahan objek atau destinasi lainnya yang perlu dimasukkan ke dalam daftar tersebut?
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -