MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Wisata di MUSEUM TSUNAMI ACEH, Tiket Masuk & Jam Buka

Wisata di MUSEUM TSUNAMI ACEH, Tiket Masuk & Jam Buka
Add Comments
9/15/2020
Museum Tsunami - Lokasi:Jl. Sultan Iskandar Muda, Sukaramai, Kec. Baiturrahman, Banda Aceh ( Lihat: Peta) -Telp: (0651) 40774 - Harga Tiket Masuk: Rp10.000 - Jam Buka: 09.00 - 16.00 (Senin s/d Minggu).
Terdapat beberapa negara di berbagai belahan dunia yang membuat museum tsunami. Seperti di Phuket Thailand, Sri Lanka, Hawai dan Kerala India. Namun, Indonesian tempat tinggal kita tak ketinggalan, bahkan bisa dikatakan jadi pioner lewat Museum Tsunami Aceh.

Museum Tsunami Aceh, the first of it's kind in Indonesia, sehingga menjadi populer dengan arsitektur Rumoh Aceh As Escape Hill. Sebuah desain yang sengaja diciptakan untuk mereflesikan terjadinya gelombang tsunami dan gempa bumi hebat pada 16 tahun silam.

Museum Tsunami Aceh adalah sebuah museum yang menjadi gedung bersejarah di Provinsi Aceh. Museum yang telah mendapatkan banyak kunjungan wisatawan dari dalam dan luar negeri ini dirikan tanggal 17 Agustus 2007 oleh BRRAN dan Kementrian ESDM dengan dana sebanyak 140 miliar bersumber dari pemerintah. Setelah dibangun, museum kemudian diresmikan sekaligus dibuka oleh Susilo Bambang Yudhoyono pada 27 Februari 2009.
museum tsunami aceh
the museum tsunami aceh - image via instagram/rifai.sn - adinahuy
Berwisata di Museum Tsunami Aceh boleh jadi referensi travelingmu saat berada di Kota Banda Aceh. Museum ini nggak kalah seru sebagai alternatif liburan. Sebelum menyerbu tempat tersebut, simak pedoman dan info yang telah Travelingmedan.com siapkan berikut.

Harga Tiket Masuk Museum Tsunami Aceh

Dikutip dari lama resmi, harga tiket untuk bisa memasuki museum dibanderol berdasarkan usia dan latar belakang si pengunjung sendiri. Sehingga tiket yang dikenakan sekarang dibedakan atas 4 tipe yakni bagi pelajar, dewasa, turis mancanegara dan anak-anak.
TIKET MUSEUM TSUNAMI ACEH 2020
Jenis Tiket Harga
Tiket anak-anak Rp2.000
Tiket dewasa
Pelajar
Mahasiswa
Rp3.000
Tiket turis mancanegara Rp10.000
Dalam hal urusan tiket, Museum Tsunami dan Badan Geologi dari Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) sempat menjalin kerjasama dengan pemerintah daerah Aceh. Dimana saat itu semua biaya masuk pengunjung dibayarkan oleh mereka. Semenjak kerjasama berakhir, barulah diberlakukan harga sesuai tabel di atas bagi pengunjung.

Jam Operasional

Bagi Anda yang bertujuan untuk studi tour dari sekolah, instansi pendidikan atau sekedar berwisata biasa. Museum yang berlokasi di Banda Aceh ini dibuka dari hari senin sampai minggu. Tepatnya mulai pukul sembilan pagi sampai lima sore.
JAM BUKA MUSEUM TSUNAMI
Setiap hari Senin s/d Minggu 09.00 - 16.00
Jam operasional bisa saja berubah sesuai arahan pengelola. Untuk mengantisipasi, museum dengan luas 2.500 hectare ini giat melakukan virtual tour beberapa bulan terakhir.

Koleksi dan Aktivitas Wisata

Museum Tsunami Aceh berguna untuk pendidikan geologi dan sejarah dikarenakan koleksi yang dimilikinya sangat informatif. Wisatawan dapat mempelajari sederet hal menarik yang tak akan ditemukan di museum lainnya di Indonesia.

Dilihat dari luar, museum yang diarsiteki oleh Ridwan Kamil ini seperti sebuah bahtera kapal berukuran besar. Sedangkan di dalam tersimpan koleksi sejarah terkait gempa bumi dan tsunami yang meluluhlantahkan Nanggroe Aceh Darussalam.

Secara garis besar museum terbagi ke dalam beberapa ruangan yang menempati seluruh lantai. Setiap ruangan punya fungsi dan koleksi benda yang berbeda pula. Apa saja yang ada di Museum Tsunami Aceh ini?

1. Ruang Renungan dan The Light of God

museum tsunami aceh
lokasi: lantai 1 museum tsunami - image via abulyatama.ac.id
Berlibur di museum ini seolah mendekatkan kita kepada sang khalik. Bahkan hal tersebut sudah dapat dirasakan pengunjung tatkala memasuki lantai pertama di Museum Tsunami Aceh. Khusus di area based floor di mana terdapat 3 buah ruangan yakni The Light of God, Memorial Hill dan Ruang Renungan yang dibuat bernuansa religi.

Dalam ruang renungan misalnya, akan ada lorong jalan yang disengaja berukuran sempit, hanya pas-pasan untuk dilewati 1 orang. Dinding ruangan dibuat dari batu yang dialiri air. Lorong itu tidak terlalu panjang, tapi atmosfirnya memberi sensasi seperti berada di tengah gelombang tsunami.

Ruangan selanjutnya yang akan dimasuki adalah Memorial Hill, dari segi desain, ruangan ini sangat berbeda dengan ruangan sebelumnya. Pasalnya, 80 % material yang dipakai ialah kaca. Di sinilah wisatawan bisa mendapatkan informasi lengkap tenteng tsunami.

Di ruangan "The Light of God" kita akan terkesima akan indahnya sebuah museum. Di sini terdapat desain "Space of Sorrow" yang unik dan sering dipakai berfoto oleh pengunjung. Penerangannya sangat maksimal, pengunjung dapat melihat jelas nama-nama korban tsunami Aceh yang diabadikan di dinding khusus.

2. Tsunami Exhibition Room

museum tsunami aceh
ruangan di museum - image via instagram/quaneishadewi
Seperti dikutip dari laman Liputan6, Tsunami Aceh menorehkan sedikitnya 125.803 korban, 556.000 orang harus mengungsi karena kehilangan tempat tinggal sedangkan 37.000 orang tak kunjung ditemukan. Bahkan sampai sekarang, masih banyak orang selamat yang mencari anggota keluarga mereka.

Lantai dua sepenuhnya dijadikan sebagai ruang pameran sekaligus audio visual bagi pengunjung. Biasanya, jika yang berkunjung adalah pelajar atau mahasiswa, maka akan ditampilkan bagaimana gambaran atau proses terjadinya tsunami mulai dari sebelum, sedang terjadi dan akhir perjalanan tsunami.

3. Lantai Akhir, Ruang Geologi Dll.

museum tsunami aceh
image via gotripina
Di lantai tiga Objek wisata Museum Tsunami Aceh, wisatawan akan menjumpai beragam ruangan. Seperti pusat souvenir, perpustakaan dan ruang geologi. Semua lantai dihubungkan dengan tangga dan bertumpu pada konsep dasar rumah tradisional Aceh.

Di ruang geologi, kita akan disodori ilmu tentang kejadian yang berakibat terhadap kerusakan bumi yang diperlihatkan lewat display interaktif. Selain itu, tersimpan juga beberapa peralatan simulasi gempa, diorama menarik dan lukisan di lantai 3 ini.

Museum Tsunami Aceh menjadi salah satu objek wisata visioner, dikatakan demikian karena lantai 4 atau tingkat akhir gedung ini dipersiapkan untuk mengantisipasi seandainya terjadi lagi tsunami pada masa mendatang. Namun, ruangan ini tidak dibuka kepada khalayak dan bersifat tertutup.

Setelah selesai menjelajah lantai tiga sekaligus menandai berakhirnya tour di Museum Tsunami ini.

Lokasi

Museum ini terletak di Jl. Sultan Iskandar Muda, Kelurahan Sukaramai, Kecamatan Baiturrahman, Kota Banda Aceh. Letaknya diapit oleh Taman Putroe Phang dan Tugu Tsunami Blang Padang. Tak jauh di bagian depan terdapat Taman Sultan.

Untuk menuju museum dari terminal kedatangan Bandara Sultan Iskandar Muda dapat dicapai dengan 17,4 kilometer dengan lama perjalanan 24 menit. Wisatawan dapat menggunakan shuttle bus atau angkot dari aiport langsung ke tempat ini.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -