MASIGNASUKA101
7168738000188950837

12 Tempat Wisata di Mesuji Terbaru & Terkini Yang Bisa Dilirik

12 Tempat Wisata di Mesuji Terbaru & Terkini Yang Bisa Dilirik
Add Comments
11/22/2020
Bagi yang sedang liburan di Mesuji dan mungkin membutuhkan info tempat wisata. Rangkuman daftar objek wisata pada uraian berikut ini mungkin bisa dijadikan referensi. Apa saja destinasi terbaik di kabupaten bermotto 'Ragab Begawe Caram'? Kita ulas secara detail, yuk!

Terletak di Provinsi Lampung, Mesuji adalah wilayah agraria dengan penduduk lokal yang ramah. Daerah seluas -/+ 2.184 km persegi ini selain sedang dipopulerkan sebagai "Negeri Bahari", juga menjadi tempat tujuan wisata yang mana perlu dilirik oleh wisatawan.

Kendati belum lama dilepaskan dari Kab. Tulang Banyak, sudah banyak bermunculan tempat wisata di Mesuji, Lampung. Daerah yang bertetangga dengan OKI dan masih baru berdiri pada tahun.2008 ini memiliki beragam pesona populer. Baik itu objek alam maupun rekreasi buatan yang dibuka untuk publik.

Apa saja destinasi wisata yang ada di Mesuji dan harus dilirik sebagai tempat liburan? Langsung saja simak daftar berikut, yuk!

1. Area Dermaga Wisata Wiralaga

dermaga wiralaga wisata mesuji
image credit: instagram/mesuji.channel
Wiralaga II merupakan kampung tertua di kabupaten Mesuji yang terkenal hingga ke kancah nasional. Kampung yang terletak di pinggir sungai ini menawarkan 3 pesona yang sulit ditolak keindahannya. Yaitu sejarah peradaban, eksotika alam dan Dermaga Sungai Mesuji.

Eksotika alam di Dermaga Wiralaga membuat banyak orang berdatangan ke tempat wisata di Mesuji ini. Selain karena mereka ingin melihat sendiri wujud dari kampung tua tersebut. Mereka juga hendak menyusuri sungai yang sejak dahulu digunakan sebagai jalur transportasi air.

Di destinasi objek wisata Wiralaga ini, kamu bisa menyaksikan kapal tradisional yang melintas di depan dermaga sungai. Sungai ini juga sering dipilih sebagai lokasi event atau festival pariwisata Mesuji, lho! Jika kedatanganmu bertepatan dengan jadwal pelaksanaan event tersebut, atraksi lomba dan pagelaran budaya lokal bisa disaksikan sekaligus.
Lokasi: Desa Wiralaga II, Kecamatan Mesuji, Lampung.
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: Buka 24 Jam Penuh

2. Taman Kehati Mekar Jaya Sari

tempat wisata di mesuji
image via movie suka-suka/googlemap
Taman Keanegaraman Hayati atau disingkat Taman Kehati Mekar Jaya Sari adalah objek wisata yang menyatukan beberapa sarana rekreasi yakni kebun binatang mini, taman bermain dan waterpark. Berada di Mesuji, taman ini dibangun di atas lahan seluas 12 hektar.

Tempat wisata rekreasi ini menawarkan banyak hal menarik. Dengan membeli 1 buah tiket, kamu sudah bisa berjalan-jalan ke beberapa spot yang ada di dalamnya seperti Taman Satwa, Waduk (Danau Kecil), Play Ground, Waterpark dan Spot Berfoto.

Sejak dibuka sampai sekarang, Taman Kehati selalu ramai dikunjungi wisatawan ketika akhir pekan. Bahkan beberapa dari mereka berasal dari Bandar Lampung. Selain murah meriah, destinasi ini memang bagus untuk rekreasi keluarga.
Alamat: Desa Mekar Sari, Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Mesuji
Tiket Masuk: Rp15.000/orang
Jam Buka: 08.00 WIB s/d 18.000

3. Alun-alun Simpang Pematang

image credit: @muh.lutfi/instagram
Sama seperti kabupaten lainnya di Lampung yang mempercantik wilayahnya dengan taman kota. Pun Mesuji tak ketinggalan dengan Alun-alun Simpang Pematang yang indah dan melegakan hati.

Alun-alun cocok dijadikan tempat bersantai atau semacamnya. Taman yang baru dibangun untuk memenuhi kebutuhan rekreasi warga ini cukup ramai dan terkenal. Sebagai destinasi gratis. Pengunjung tak perlu mengeluarkan biaya saat mendatanginya.

Seiring berjalannya waktu, Alun-alun Simpang Pematang menjadi spot akhir pekan favorit. Tak hanya bisa menikmati taman saja, di sini sudah banyak hadir penjaja makanan ringan. Tentu menyenangkan sekali bisa piknik di alun-alun tersebut dengan keluarga.
Lokasi: Kec. Simpang Pematang, Kab. Mesuji
HTM: Gratis
Jam Buka: 07.00 - 20.00 WIB.

4. Qarira Garden

image via budi santoso/googlemap
Seperti namanya, lokasi wisata ini adalah sebuah taman yang sekelilingnya diisi dengan bermacam fasilitas. Sebut saja wahana permainan anak, taman bunga dan tak ketinggalan, terdapat beberapa unit kolam untuk berenang.

Qoarira Garden menjadi destinasi terbaru yang membuat wisata Mesuji bertambah banyak. Dengan harga terjangkau, kamu dan keluarga bisa berendam di kolam serta menikmati kesejukan udara. Yap, metode ini dianggap mampu menghilangkan capai maupun lelah setelah beraktifitas seminggu penuh.

Sebagai sarana relaksasi, Qoarira Garden memiliki tempat yang luas. Begitu juga fasilitasnya yang termasuk sangat lengkap. Mulai dari area parkir, wahana bermain dan juga warung untuk kuliner. Kami bisa menjamin jika kamu akan betah berlibur.
Lokasi: Desa Bumi Harapan, Way Serdang, Mesuji
HTM: Rp5.000/orang
Waktu Operasional: 09.00-17.00 WIB

5. Bendungan Simpang Pematang

tempat wisata di mesuji
image credit: achmad barkah
Kendati Bendungan Simpang memang bukan satu-satunya danau yang ada di Mesuji. Tetapi danau ini cukup spesial lantaran beberapa bulan terakhir sedang giat diperbaiki oleh Pemkab. Agar kemudian hari menjadi destinasi terbaru yang bisa dinikmati pesonanya oleh wisatawan.

Danau buatan ini masih terletak di Kec. Simpang Pematangyang merupakan salah satu tujuan wisata utama di daerah Mesuji. Destinasi yang indah tentu cocok untuk kegiatan rekreasi alam. Meski sedang dalam tahap melengkapi fasilitasnya, tapi sudah banyak pengunjung yang liburan ke danau buatan.
Lokasi: Desa Buko Puso, Kec. Way Serdang, Kab. Mesuji
Harga Tiket: Gratis
Jam Buka: Dua puluh empat jam

6. Taman Nusa Indah

taman nusa indah mesuji
image via youtube.com/kenzietv
Taman yang dikelilingi pohon-pohon besar dan hijau selalu menawarkan pemandangan indah. Dan bagian pentingnya adalah, Taman Nusa Indah ini sangat khas karena menggabungkan tujuan kuliner dan suasana yang bikin adem.

Rimbunnya pohon di Taman Nusa Indah menciptakan keelokan tersendiri. Bila hendak beromantis ria dengan si dia, wajib datang ke taman ini. Tak perlu membayar tiket atau retribusi, karena sejak dibuka pertama kali kawasan ini memang ditujukan untuk spot liburan gratis.

Setelah menikmati semua keindahan yang ditawarkan oleh tempat wisata di Kecamatan Tanjung Raja, Mesuji ini. Kamu bisa mengisi perut dengan bermacam kudapan lokal khas nusantara. 
Lokasi: Desa Brabasan, Kec. Tanjung Raya, Lampung

7. Tugu KTM

objek wisata di mesuji
image via hijria mysr
Tugu KTM biasanya dibangun untuk mengenang suatu peristiwa atau hal lain yang dianggap punya sejarah tersendiri. Lantas, bagaimana dengan Tugu KTM?

KTM merupakan singkatan dari Kota Terpadu Mandiri. Tugu ini merupakan petanda akan kemampuan Mesuji dalam hal mengatasi daerah tertinggal. Seperti diketahui, kabupaten ini banyak didiami oleh warga transmigran yang berasal dari luar daerah seperti Jawa dan Sumatra.

Tugu ini selain dijadikan sebagai ikon, kerap pula dikunjungi untuk tempat nongkrong di sore hari. Meski ukuran tugu tersebut tidak begitu besar, namun tampak unik dan punya ciri khas tersendiri. Jika sedang melewatinya, banyak pula yang berhenti sejenak demi mengabadikannya lewat gambar.
Alamat: Kawasan Tanjung Mas, Mesuji Timur.

8. Monumen Tugu Petani

image via pagas/googlemap
Di awal artikel admin sudah katakan jika kabupaten ini merupakan daerah agraris, masih ingat, kan? Untuk memberitahu pendatang mengenai hal itu, maka pemkab membangun Tugu Pertanian di simpang 3, tepatnya gerbang masuk Kabupaten Mesuji.

Sering kali pendatang dari luar kota menyambangi objek wisata ini. Selain bisa berselfie, destinasi ini banyak dilirik untuk tempat beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan. Nah, di bagian puncak tugu, terdapat satu pasang patung petani dengan posisi tangan sedang memegang alat pertanian.

Tugu petani ini tidak sendiri, karena di samping kiri dan kanannya ada rest area yang biasa dimanfaatkan pemudik untuk beristirahat. Seperti rest area pada umumnya, di sini memang ada kamar mandi dan musola, namun kondisinya tidak terawat karena dirusak tangan jahil.
Lokasi: Simpang 3 Asahan, Way Serdang, Lampung

9. Jembatan GSG

instagram/linda_asty
Pada dasarnya, spot unik ini masih merupakan bagian dari Taman Wisata Alam Tugu Kehati. Namun karena tampilan dan yang memesona, banyak wisatawan yang sengaja memisah kedua spot tersebut dan menuliskan nama Jembatan GSG di media sosial.

Jembatan ini kalau dilihat dari segi tampilan memang benar-benar unik. Pijakan jembatan yang terbuat dari papan diberi cat warna-warni. Lantaran merupakan sejenis jembatan gantung, kita akan merasakan sensasi berayun saat berjalan di Jembatan GSG.

Di destinasi unik ini pengunjung bisa melepas pandangan ke aliran sungai yang berada di bawah sana. Meski jembatan tersebut dibatasi dengan kawat penyangga, kamu perlu berhati-hati saat melintas supaya tidak nyemplung ke ke dalam sungai.

10. Sungai Buaya

wisata mesuji
image via @danufirdaus
Meskipun nama sungai ini sedikit horor, tetapi itu tidak menggambarkan penghuni dari Sungai Buaya, lho! Justru sama sekali tak ada buaya yang hidup di sana. Hanya ada ikan besar dan hutan negara yang mengapit sungai tersebut.

Sungai Buaya selain menjadi tempat memancing ikan, sering juga dijadikan tempat rekreasi gratis oleh masyarakat Mesuji Timur. Tak hanya digunakan untuk pemandian alam, kamu pun dapat meluangkan waktu menyusuri sungai ini dari hulu ke titik dermaga yang sudah ditetapkan.
Lokasi: Rawajitu Utara, Kabupaten Mesuji, Lampung
HTM: Gratis

11. Bendungan Danau Asri

tempat wisata di mesuji
bendungan danau asri - image via alvin star
Destinasi wisata bendungan Danau Asri sebenarnya sangatlah potensial dikembangkan. Terutama bila mengingat pesonanya sekarang. Namun untuk saat ini, bendungan yang dapat ditemukan di Buko Poso, Way Serdang tersebut hanya didatangi oleh pemancing ikan semata.

Seandainya sudah diperbaiki dari semua aspek, bukan tak mungkin jika Bendungan Danau Asri akan semakin dilirik sebagai tujuan wisata. Apalagi jika atraksinya ditambah, sehingga kegiatan para pengunjung tak hanya sekadar memancing.
Alamat: Buko poso, Way serdang, Kabupaten Mesuji

12. Dermaga SP8

tempat wisata di mesuji
image via @idrus_hidayat99
Dermaga SP8 adalah pelabuhan bongkar-muat. Karena letaknya berada di Sungai Sidang, dermaga ini menawarkan pemandangan sungai, deburan air ke udara saat kapal-kapal kembali menarik jangkar. Buliran air yang terciprat ke udara alhasil memberi pemandangan epik.

Wisatawan yang datang ke Dermaga SP8 bisa menikmati pemandangan sungai yang alami. Di luar dari pesona itu, keadaan alam sekitar Sungai Sidang yang asri menciptakan atmosfer alam yang segar. Bahkan, sangat sejuk dibandingkan udara di perkotaan.

Di objek wisata sungai di Mesuji ini, semua bebas melakukan aktivitas menarik yang biasa dilakukan ketika liburan ke wisata air. Misalnya berkeliling dermaga, berenang di sungai yang tenang dan mencari spot berfoto yang keren untuk kenang-kenangan.

Bila dilihat secara umum, setiap kecamatan maupun kampung di Mesuji punya tempat wisata unggulan masing-masing. Terutama daerah Way Serdang, Tanjung Raya, Simpang Pematang dan Wiralaga. Namun, 12 daftar destinasi di atas sudah kami cacah dan pilihkan untuk kamu kunjungi saat hari libur. 
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -