MASIGNASUKA101
7168738000188950837

12 Tempat Wisata di Lubuklinggau Terkini dan Paling Hits

12 Tempat Wisata di Lubuklinggau Terkini dan Paling Hits
Add Comments
12/09/2020
Bagi yang sedang mengatur perjalanan berlibur ke beberapa destinasi sekaligus, memastikan jika daerah yang akan dieksplor tak hanya sekadar populer tetapi juga bagus wajib adanya. Ketika menghampiri Sumatera Selatan, satu kota yang memiliki daya tarik kuat dengan ragam sajian objek wisata adalah Lubuklinggau.

Berkunjung singkat ke wisata Lubuk Linggau adalah opsi akhir pekan dengan pengalaman berlibur penuh makna. Perpaduan kota bersejarah dan destinasi alam memesona menjadikan daerah di ujung Sumatera Selatan tersebut layak diunggulkan karena memiliki potensi besar dalam hal pariwisata.

Terdapat sejumlah tempat wisata di Lubuklinggau yang telah dibuka untuk masyarakat dan wisatawan. Sehingga saat mengunjungi kota dengan julukan "Sereh Wangi" yang berbatasan dengan Musi Rawas, Jambi dan Bengkulu ini, kamu akan mendapat pengalaman berlibur yang lengkap, dari bertualang ke curug sampai menghabiskan akhir pekan di destinasi buatan.

Pada daftar berikut ini, kami hadirkan rekomendasi 12 tempat wisata di Lubuklinggau yang paling populer, kekinian dan terbaru. Tiap ulasan disertai deskripsi, lokasi dan htm dari masing-masing tujuan wisata agar kamu bisa menentukan pilihan berlibur dalam waktu dekat.

1. Taman Bunga Tepian Kelingi

tempat wisata di lubuklinggau
taman bunga tepian kelingi, lubuklinggau - image via: @leesuwanda/instagram
Bagi yang sedang liburan ke Lubuklinggau di akhir pekan tak ada salahnya jika berkunjung ke Taman Bunga Tepian Kelingi. Pasalnya, taman ini menyajikan beragam tipe bunga seperti celosia kuning dan merah, marigold, jengger ayam, anggrek serta bermacam jenis tanaman hias lainnya.

Kombinasi antara kesegaran alam dan pemandangan warna-warni di taman bunga di Lubuklinggau ini selalu membuat pengunjung betah. Lantaran kebun tersebut dibangun di tepian sungai, alhasil pemandangan yang tersaji semakin lengkap.

Taman bunga yang terdapat di Uluk Surung, Kota Lubuklinggau ini tidak hanya dipenuhi oleh berbagai koleksi bunga yang cantik dan terawat. Tetap i kebun yang Instagramable tersebut juga menawarkan tempat bersantai dan spot ciamik untuk hunting foto.
Alamat: Desa Uluk Surung, Lubuk Linggau Utara, Kota Lubuklinggau (Peta Lokasi).
Jam Buka: 09.00 - 22.00 WIB.
HTM: Rp10.000/orang.

2. Air Terjun Temam

tempat wisata di lubuklinggau
image via @doni7386
Temukan pesona keindahan wisata alam Lubuk Linggau dengan mengunjungi Air Terjun Temam yang merupakan salah satu spot liburan populer para pendatang oleh karena setiap keunikan dan wahana waterpark yang dimilikinya selalu membuat terkesan.

Meski hanya berketinggian 12 meter, namun air terjun ini menampilkan pemandangan yang bisa dibilang luar biasa unik. Sebab, bentuknya melebar menyerupai tirai yang menjuntai dengan lebar lepasan mencapai 25 meter. Tak usah khawatir bila ingin berenang. Kedalaman maksimalnya cuma 5 meter.

Oleh warga Lubuklinggau dan Merasi, destinasi air terjun ini sering kali disebut Niagara Fall versi lokal. Selain bentuknya yang indah, terdapat fenomena alam yaitu keberadaan pelangi yang menjadi ciri khasnya. Untuk itu, disediakan beberapa menara pandang untuk melihat Temam dari ketinggian.
Lokasi: Desa Air Temam, Lubuk Linggau Selatan, Kota Lubuklinggau 31600 (Peta)
Jam Operasional: 07.00 - 18.00
Tiket Masuk: Rp5.000/orang

3. Masjid Agung As-Salam Lubuk Linggau

image via: @bujanggadeslinggau_
Terletak di seputaran Merasi, Masjid Agung As-Salam menjadi destinasi wisata religi Lubuk Linggau. Masjid ini merupakan masjid terbesar di pusat kota yang berdiri pada areal seluas 10 hektar. Selain sebagai tempat ibadah, wisatawan kerap singgah ke mari lantaran terkesan akan desain dan arsiteknya yang sangat elegan.

Destinasi wisata ini juga memiliki puncak menara setinggi 12 meter. Nah, dari puncak menara tersebut kamu dapat menikmati lansekap pemandangan dengan objek tertentu. Seperti Merasi, pemukiman penduduk dan sudut Kota Lubuklinggau yang bisa terlihat di saat siang maupun malam hari.

Saat libur hari raya Idul Fitri dan tahun baru, objek wisata yang dapat ditemukan di Jalan Garuda, Pasar Pemiri ini tak pernah sepi dari keramaian. Sembari mengagumi arsitek masjid yang luar biasa cantik, pengunjung dapat bersantai di pinggir kolam Air Mancur.
Lokasi: Jalan Garuda, Ps. Permiri, Kec. Lubuk Linggau Barat II, Kota Lubuklinggau
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

4. Kampung Warna Warni Lubuk Linggau

image via @miqbaljn
Setiap kota berupaya untuk menciptakan objek wisata terbaru yang mengusung konsep kreatif dan inovatif. Pun kota seluas 419 km persegi di Sumatera Selatan ini tak mau ketinggalan. Salah satu destinasi kekinian yang memesona adalah Kampung Warna Warni Lubuklinggau.

Seperti diberitakan oleh media nasional, destinasi kekinian tersebut didirikan di pusat kota Lubuklingggau pada tahun 2017 lalu. Tepatnya di Keluarahan Ulu. Pada hari pertama pembukaan, kurang lebih 1.000-an orang datang berkunjung.
Lokasi: Jalan Depati Said, Lubaklinggau Ulu, Lubuklinggau, Sumatera Selatan 31613
Tiket: Gratis
Jam Operasional: 24 jam

5. Taman Kurma Lubuklinggau

taman kurma lubuklinggau - image via @lentikaps
Taman Kurma adalah kebun yang membudidayakan tanaman kurma di Lubuklinggau. Wisata ini tergolong langka karena di Indonesia sendiri hanya ada beberapa daerah yang memiliki tipe destinasi seperti ini yaitu Pasuruan, Bangka Botanical Garden dan Aceh.

Beberapa pohon kurma yang ditanam di sana sudah berbuah dengan lebat. Adapun varietas yang dibudidayakan diantaranya varietas Sultana, Azwa dan Barhaee. Kebun ini terletak di halaman Masjid Agung yang dulunya merupakan lapangan hijau.

Kebun kurma tersebut sering digunakan sebagai tempat piknik oleh warga Lubuk Linggau. Pohonnya yang besar mampu menghalangi terik matahari sehingga suasana sekitar menjadi sangat rindang dan teduh. Tak jarang juga orang mengambil gambar prewedding di bawah pohonnya.
Lokasi: Masjid As-Salam, Lubuk Linggau Barat
HTM: Gratis

6. Bendungan Watervang

wisata lubuklinggau
image credit: instagram/_edwinmn
Watervang merupakan peninggalan sejarah buatan Belanda. Pada awalnya, bendungan ini hanya dimanfaatkan untuk irigasi primer saja. Seiring berjalannya waktu, bendungan atau dam tersebut kemudian menjadi objek wisata air di Lubuk Linggau.

Objek wisata air tersebut selain menyimpan sejarah juga memiliki pemandangan eksotik. Tatkala kamu berdiri di pinggir bendungan, mata akan dibuat terkesima dengan petak-petak persawahan menyerupai rice terrace dan panorama Bukit Sulap.

Lokasi wisata ini cukup strategis karena diapit oleh Kabupaten Musi Rawas dan Lubuklinggau. Warga dari kedua wilayah sering mendatanginya untuk berlibur. Entah sekedar berfoto, berenang atau memandang gemuruh air yang mengalir begitu jernih.

7. Sungai Kasie

wisata lubuklinggau
image via @tiklinggau
Mengunjungi kawasan Sungai Kasie, maka kamu akan merasakan pesona alam yang asri dan menyegarkan. Kawasan yang menyuguhkan kesejukan udara khas pegunungan ini menawarkan beberapa zona berlibur meliputi pemandian alam dan spot arung jeram.

Di kawasan Sungai Kasie ini kamu juga akan menjumpai warung makan untuk kulineran. Selain itu ada juga penyewaan alat rafting beserta jasa pemandu. Karena itu, ada beragam aktivitas yang bisa dilakukan saat mengunjungi tempat wisata tersebut.

Salah satu rekomendasi kegiatan yaitu berenang di kolam renang alami yang mampu menyegarkan badan dan pikiran. Bagi kamu yang memiliki jiwa petualang, pastikan untuk ikut mengarungi Sungai Kasie melalui olahraga arung jeram yang sangat menantang adrenalin.
Lokasi: Kayu Ara, Lubuk Linggau Barat 1, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan (Map)
Tiket Masuk: Rp5.000/orang
Jam Buka: 09.00 - 17.00 WIB

8. Museum Subkoss Garuda

image via travelingmedan.com
Jika kamu tertarik untuk berlibur sambil menambah pengetahuan, ada tempat wisata sejarah yang wajib kamu kunjungi. Sebuah museum perjuangan revolusi  yang tentunya juga digemari oleh penikmat sejarah, namanya adalah Museum Subkoss Garuda.

Di wisata museum ini kamu akan mendapatkan pengetahuan mengenai alur sejarah yang berlangsung dari tahun 1947 hingga 1949. Subkoss sendiri merupakan singkatan dari Sub Komando Sumatera Selatan yang pada tahun tersebut berjuang dalam membela Tanah Air Indonesia.
Lokasi: Jalan Garuda, No 1, Bandung Kanan, Linggau Barat, Kota Lubuk Linggau
Jam Buka: Selasa sampai Rabu 08.00 - 16.00 (senin tutup)
HTM: Rp8.000

9. Air Terjun Sando

image credit: @yohanessigitscj
Setidaknya ada 8 buah air terjun cantik di Lubuklinggau yang hits dikunjungi oleh wisatawan. Dan yang Travelingmedan.com rekomendasikan untuk kamu sambangi karena mempunyai pesona tersendiri adalah Air Terjun Sando.

Air terjun Sando memiliki debit air yang tak terlalu deras dengan ketinggian 11 meter. Konon, air terjun cantik tersebut dahulunya merupakan tempat para raja-raja membersihkan diri. Air yang mengalir dari celah bebatuan memang sangat jernih. Wajar jika raja-raja pun ikut tertarik plesiran di tempat ini.

Untuk menuju air terjun tersebut kamu bisa mengambil jalan ke Desa Kayu Ara. Jalur ke lokasi wisata jika ditempuh dari Lubuklinggau hanya 12 km atau 30 menit. Dengan tiket masuk 5 ribu yang sudah include biaya parkir, kamu sudah bisa plesiran menikmati air terjun yang rupawan.
Lokasi: Kayu Ara, Lubuk Linggau Barat, Kota Lubuklinggau
Tiket Masuk: Rp5.000
Waktu Operasional: 10.00 - 18.00

10. Dam Nol Petanang

dam nol petanang ulu lubuklinggau
image credit: youtube.com/aanfasil123
Destinasi wisata berikutnya adalah Dam Nol Petanang. Dam ini adalah bendungan air yang sangat cocok untuk lokasi pemandian. Di sekitar bendungan terdapat air terjun kecil serta pepohonan lebat yang membuat tempat tersebut semakin nyaman untuk liburan.

Yang menjadi favorit wisatawan di bendungan tersebut adalah kolam air alami yang berasal dari area lepasan bendungan. Kolam dengan air yang terus mengalir itu tidak terlalu dalam bahkan cukup dangkal sehingga aman untuk tujuan rekreasi keluarga.
Lokasi: Kelurahan Petanang Ulu, Kecamatan Lubuk Linggau Utara, Kota Lubuklinggau
HTM: 5 ribu
Jam Buka: 07.00 - 17.00

11. Air Terjun Curug Leko

wisata curug lubuklinggau
image via @resi_ok08
Lokasi wisata selanjutnya adalah Air Terjun Curug Leko. Air terjun ini merupakan objek wisata tersembunyi di Lubuklinggau. Dikenal dengan sebutan curug Jukung, akses jalan untuk kendaraan menuju tempat tersebut tak sulit dijangkau dari pusat kota.

Air terjun satu ini tidak setinggi curug lainnya di Sumatera Selatan. Namun setiap sudutnya mempunyai pemandangan eksotis yang mampu memikat setiap pengunjung. Karena kondisi itu pula, kini mulai ramai orang berkunjung kemari.
Lokasi: Jalan Sudirman, Jukung, Lubuk Linggau Selatan I, Lubuklinggau City
HTM: Gratis
Jam Buka: 24 jam

12. Curug Lakenai

image via @agungbangkitt
Terlebih lagi, Curug Leko mempunyai kembaran air terjun yaitu Curug Lakenai. Letak kedua air terjun ini berdampingan dan hanya dipisahkan jarak beberapa meter saja. Di sana kamu akan menikmati sensasi terterpa percikan air terjun yang tak terlupakan.

Pemandangan yang disajikan oleh air terjun ini bertambah epik karena berada di tepi aliran sungai. Keduanya seolah berpadu sempurna serta menciptakan harmonisasi alam yang memesona. Namun jika ingin berpetualang kemari, siapkan bekal makan atau minum sebelum berangkat.

Demikian 12 rekomendasi tempat wisata di Lubuklinggau yang hits dikunjungi. Semoga referensi dan ulasan ini bermanfaat bagi kamu yang ingin merasakan pengalaman berlibur yang menarik sekaligus berkualitas. (image cover: ahmad yuliansyah/uly johnson hutagalung via googlemap)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -