Home » » 10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional

10 Kawasan Strategis Pariwisata Nasional


Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Indonesia terdiri dari 10 yakni: Danau Toba di Sumatera Utara, Tanjung Kelayang di Bangka Belitung, Morotai di Maluku Utara, Tanjung Lesung Di Banten, Wakatobi Di Sulawesi Tenggara, Kepulauan Seribu di DKI Jakarta, Candi Borobudur di Jawa Tengah, Mandalika, Labuan Bajo di Nusa Tenggara Timur, Kawasan Bromo Tengger di Jawa Timur.

10 destinasi wisata tersebut dikenal dengan istilah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional atau disingkat KSPN. Pada Perpres (Peraturan Presiden) No 3 Tahun 2016 tentang percepatan pelaksanaan Proyek Strategis Nasional, pemerintah melakukan percepatan pembangunan infrasturktur transportasi, listrik dan air bersih guna menunjang pengembangan Kawasan Strategis Pariwisata Nasional. Untuk itu pemerintah telah mengeluarkan anggaran sebesar 20 trilyun. Kawasan Strategis Pariwisata Nasional adalah program yang dicanangkan oleh Kementrian Pariwisata Indonesia untuk mendukung percepatan pariwisata di 10 daerah tersebut. Ada beberapa alasan tertentu kenapa hanya 10 destinasi ini yang menjadi proyek utama pengembangan pariwisata terutama bila ditelisik dari segi ekonomi dan keunikannya. Nah bagi kamu para travelers, ke 10 tempat wisata yang masuk ke dalam KEK Pariwisata ini memang benar-benar menakjubkan, agar traveling kamu semakin terasa, berikut rinciannya:

Tanjung Kelayang - Bangka Belitung
Salah satu pulau yang menarik untuk dikunjungi di Indonesia adalah Bangka Belitung, sebuah provinsi yang baru berdiri namun sarat akan keindahan panorama alam, yap, Laskar Pelangi. Berdekatan dengan kepulauan Bangka dan bagian dari Provinsi Bangka Belitung. Tanjung Kelayang memiliki banyak tempat tujuan wisata yang menggoda, terutama bagi kamu pecinta wisata bahari. Pantai Tanjung Kelayang yang posisinya terletak di sisi utara pulau Belitung, 27 km perjalanan dari kota Tanjung Pandan. Anda akan takjub melihat bebatuan granit besar dengan bentuk yang menakjubkan di pantai ini. Air lautnya juga sangat jernih dan pasir sangat putih dan lembut.


Kepulauan Seribu - DKI Jakarta
Kepulauan Seribu ibarat manikam tersembunyi dibalik kepadatan dan metropolitannya Jakarta, image ini seolah terbantahkan akan keberadaan Kepulauan Seribu yang telah memikat wisatawan untuk berkunjung menelusuri wisata bahari dan juga wisata sejarahnya yang begitu erat memeluk kota terbesar di Indonesia ini. Kepulauan Seribu terdiri dari banyak pulau, masing-masing mereka memiliki keunikan tersendiri. Sarana dan prasarana yang belum terkonsentrasi menjadi alasan mengapa Kepulauan Seribu dijadikan sebagai salah satu Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Kepulauan Seribu kerap disebut "Untaian Mutiara Diteluk Jakarta"


Danau Toba - Sumatera Utara
Pesona Danau Toba telah memikat wisatawan asing semenjak dulu, pada tahun 1996, Pulau Samosir dan banyak tempat wisata di kawasan ini dipadati oleh wisatawan. Hingga berangsur-angsur kunjungan wisatawan menurun dratis. Seyogianya, Danau Toba adalah Manikam Pariwisata Sumatera Utara yang benar-benar berkilau, keindahan alam, keunikan dan kekayaan budaya Batak adalah 3 komponen penting. Danau Toba kini telah dijadikan sebagai kawasan ekonomi khusus pariwisata, semoga Danau Toba akan semakin berkembang tanpa menyebabkan budaya lokal tergerus yah sobat travelers. 



Morotai - Maluku Utara
Berbicara tentang Indonesia Tengah, sepertinya akan identik dengan pualam bahari, yap benar saja!. Bagaimana tidak? Lombok, Derawan dan masih banyak lainnya yang benar-benar memikat. Owh iya, Lombok telah mendapat predikat sebagai wisata halal terbaik di dunia loh!. Nah bagaimana dengan Morotai?. Berada di Provinsi Maluku Utara, mutiara ini benar-benar berkilau, panorama bawah laut, spot snorkeling dengan terumbu karang, area diving dengan keberagaman terumbu karang adalah suguhan manja bagi para traveler. Kamu tidak berencana berkunjung kesini?

   
Kberadaan Kawasan Nasional Pariwisata bukan berarti tempat wisata lainnya di Indonesia tidak terlalu menarik loh guys, nah jadi KSPN ini dibuat berdasarkan kebutuhan akan perhatian pemerintah untuk menunjang pengembangan pariwisata di daerah tersebut, by the way, sudah tertarikkah menelusuri tempat wisata tersebut?.