MASIGNASUKA101
7168738000188950837

6 Tempat Wisata di Barus Tapteng yang Recommended

6 Tempat Wisata di Barus Tapteng yang Recommended
Add Comments
3/01/2020
Siapa tak kenal Barus? Kota kecil tersebut dahulu sangat populer pada masa perdagangan. Banyaknya tempat wisata anyar di Barus bisa jadi tujuan berlibur yang menyenangkan. Tatkala singgah di salah satu kecamatan di Tapteng tersebut, dari alam, cagar budaya, benteng bersejarah hingga pantai eksotik dapat ditemukan.

Barus merupakan kelurahan seluas 14 hektar yang berjarak sekitar 75,5 km dari Pandan dan lebih dekat dari Sibolga lantaran hanya terpaut 66,7 km. Kendati demikian, penduduk Barus justru masuk wilayah administratif Tapanuli Tengah.

Keistimewaan Barus ialah keberadaan pusat peradaban islam yang disebut tertua di wilayah pulau Sumatera. Tidak hanya itu, kontur perbukitan dan laut pesisir sekaligus membuat daerah bersejarah ini memiliki kawasan teluk yang indah.

Tempat Wisata di Barus

Bila menyebut kota ini, banyak dari kita yang berpikir tentang kapur barus dan destinasi religi. Sejatinya, ada beragam rekomendasi tempat wisata di Barus yang seru untuk dikunjungi. Seperti 5 destinasi wajib yang travelingmedan.com ulas berikut:

1. Pantai Barus

tempat wisata di barus
image via @sisigracia
Pantai Barus adalah tempat wisata yang cantik di sekitar Pelabuhan Barus. Alamnya masih begitu asri,  menyajikan panorama pasir putih dan laut biru memanjakan mata. Di sepanjang garis pantai ini telah dibangun dermaga kapal yang menjorok ke laut.

Pelabuhan ini sama sekali belum difungsikan dan hanya dimanfaatkan kapal nelayan. Karenanya, pengunjung leluasa berjalan-jalan di atas dermaga tersebut, entah untuk memandang-mandang atau sekedar merasakan lembutnya angin laut.

Obyek wisata ini berada di pusat ibukota kecamatan yai Nah, tak terlalu jauh dari lokasi itu terdapat penginapan murah. Bagi wisatawan yang misalnya datang dari luar kota dan terpaksa bermalam. Dapat menginap di Hotel Fansuri Barus atau Penginapan Borneo.

2. Tugu 0 Kilometer

wisata barus
tugu 0 km peradaban islam nusantara via amir makmur nst
Berbeda dengan tugu 0 km wisata Sabang yang ditetapkan berdasarkan titik koordinat khatulistiwa, maka tugu nol di Barus merupakan tugu yang justru sengaja dibuat untuk memperingati, tentang pintu masuknya agama islam pertama di Sumatera Utara.

Obyek wisata sejarah di Barus ini terletak di pantai. Bangunannya berbentuk bola dunia di bagian puncak sedangkan penyangganya terdiri dari tiga buah pilar. Desain tersebut tentu tidak asal dibuat. Setiap inci-nya mempunyai nilai sejarah terkait penyebaran Islam yang dimulai dari Tapian Nauli.

Dekat dari Masjid Raya Barus, Tugu Nol Kilometer Peradaban Islam Nusantara ini berlokasi di Desa Pasar Batu Gerigis, Tapanuli Tengah. Destinasi ini dapat dikunjungi secara gratis.

3. Wisata Makam Papan Tinggi

wisata makam papan tinggi barus via @fatmanda
Destinasi populer lainnya untuk para peziarah di Barus Utara ialah Makam Papan Tinggi. Ibarat mendaki gunung, untuk menuju ke sana pengunjung harus terlebih dulu melalui ratusan anak tangga. Sepintas, rasanya seperti berpetualang!

Memang sedikit ngos-ngosan untuk tiba di puncak bukit yang sering juga disebut "makam seribu tangga" itu, tapi pemandangan lanskap yang disajikan sangat memuaskan. Mungkin, inilah salah satu spot terbaik untuk teman TM yang sedang mencari tempat berfoto di Barus, Tapteng.

Baca Juga: Tempat Wisata di Sibolga dan Tapanuli Tengah

Sebelum dinamai Papan Tinggi, masyarakat Tapteng lebih kerap menyebutnya "Tondi di Atas". Setelah dipugar dinas kebudayaan, destinasi di atas bukit desa Pananggahan di mana lokasinya berada kian ramai dikunjungi terutama saat menjelang hari libur nasional.

4. Pantai Kade Tigo

wisata pantai kade tigo di barus via @dedy_n_r
Wisata pantai di Barus yang menyimpan eloknya suasana sunset dan sunrise ialah Pantai Kade Tigo. Sembari selonjoran di atas kursi sambil menunggu golden sunset, cobalah menikmati air kelapa untuk pelepas dahaga.

Pantai merupakan tempat terbaik untuk refreshing, menyegarkan jiwa dari peliknya persoalan hidup. Itulah kenapa banyak orang suka nuansa pantai karena bisa me-recharge semangat yang sempat pudar.

Teduhnya pantai Kade Tigo di Desa Kedai Gadang niscaya membuat pengunjung nyaman selama menikmati atraksi alam. Banyak juga yang memilih mandi-mandi dan berendam dengan asinnya air laut. Untuk menghindari sengatan mentari, gunakan lotion perlindungan kulit ya.

5. Makam Mahligai dan Syech Machdum

makam mahligai via monica_flanders
Pilgirm tour menjadi potensi wisata Barus yang wajib dioptimalkan pemasarannya. Terutama hal-hal yang berkaitan dengan peradaban Islam. Di bagian barat Provinsi Sumatera Utara ini, masih ada destinasi yang patut disinggahi saat bulan puasa yaitu Makam Mahligai dan Makam Syech Machdum.

Makam Syech Machdum adalah makam wali terpandang yang selama hidupnya aktif menyiarkan agama di wilayah Bosur. Usai wafat, ia kemudian disemayamkan di Bukit Patupangan dan berdekatan dengan makam Mahligai.

Bukit Patupangan sendiri sangatlah menawan, sekelilingnya tampak hijau karena setiap sudut menampilkan panorama persawahan. Jika waktu liburan kamu bertepatan dengan waktu puasa atu lebaran, singgahlah desa Patupangan.

6. Benteng Portugis

benteng portugis di barus via baharuddin tanjung/fb
Benteng pertahanan Portugis di Padang Masiang adalah saksi sejarah ketika koloni Portugis dan Belanda menempati keresiden Tapanuli.

Namun, kondisi benteng sudah tak lagi terawat. Puing-puing bangunan tampak berserakan dan lokasinya ditumbuhi ilalang. Padahal, jika ditetapkan sebagai cagar budaya, benda peninggalan ini bukan tak mungkin menarik penikmat wisata sejarah.

Apalagi sempat muncul wacana pendirian Museum Sejarah Kuno yang sampai kini tak kunjung rampung. Seandainya sudah terwujud benteng dan museum Barus bisa menjadi produk wisata yang tentunya berkesinambungan.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -