20 Tempat Wisata Di Tapanuli Tengah


Tempat Wisata di Tapanuli Tengah - Berwisata ke Tapanuli Tengah yang merupakan salah satu kabupaten di provinsi Sumatera Utara akan membuat anda merasakan sesuatu hal yang baru. Berbeda halnya dengan kabupaten lainnya di Sumatera Utara, Tapteng yang beribukotakan Pandan ini merupakan kabupaten yang dibentuk dari pemekaran kota Sibolga yang sekarang telah memiliki wilayah administrative tersendiri.

Wisata Tapanuli Tengah seyogianya lebih ke wisata bahari, anda dapat menemukan pantai di sepanjang daerah, selain itu wisata pulau disini juga tidak kalah menarik. Beberapa objek wisata lainnya yang menawarkan alam dan keasriannya akan membuat anda terpukau. Berikut ini adalah obyek wisata di Tapanuli Tengah yang tidak boleh anda lewatkan begitu saja.

1. Pulau Mursala
Disebut juga Mansalar Island. Anyway, pulau ini pernah menjadi lokasi syuting film “King-Kong” yang diproduksi label kenamaan dari luar negeri, mungkin kamu pernah menontonnya?. Pulau ini berjarak sekitar 3 km dari Pandan, Ibukota Tapanuli Tengah. Transportasi menuju Pulau Mursala biasanya menggunakan boat atau kapal. Keunikan dari pulau ini adalah terdapat air terjun yang langsung jatuh ke laut.

2. Pulau Putri
Pulau Putri letaknya berdekatan dengan pulau Mursala, di pulau inilah satu-satunya terdapat akomodasi penginapan, berbeda dengan pulau Mursala yang memang belum terdapat bangunan disana. Nah aktivitas seperti snorkeling dan juga berenang cocoknya di Pulau Putri. Menurut mitos dan legenda masyarakat Tapanuli Tengah, pulau Putri dulunya adalah tempat bagi seorang putri yang diasingkan oleh ayahandanya sendiri.

3. Makam Papan Tinggi Raja
Barus sudah dikenal sebagi pintu masuk bagi agama Islam di wilayah Barat Indonesia. Masuk ke dalam wilayah kabupaten Tapanuli Tengah, Barus layak disebut kota tua yang memikat dan memiliki sejarah besar. Salah satu bentuk peninggalan di Barus yang hingga saat ini masih kerap dikunjungi oleh wisatawan adalah Makam Papan Tinggi Raja dimana ulama-ulama muslim banyak dimakamkan. Dari sekitar lokasi anda dapat dengan mudah melihat dan menyaksikan secara langsung keindahan panorama alam Tapanuli Tengah. Untuk menuju Papan Tinggi Raja anda harus melewati Tangga 1000 yang fenomenal karena tangga ini adalah satu-satunya penghubung anda menuju Makam Papan Tinggi Raja.

4. Air Terjun Silima-Lima
Air Terjun Silima-Lima melengkapi panorama dan wisata alam di Kabupaten Tapanuli Tengah. Air terjun ini telah sah dijadikan sebagai objek wisata oleh pemerintah Kabupaten Tapanuli Tengah jadi kamu tidak perlu khawatir lagi mengenai sarana dan prasarana yang ada di lokasi wisata.

5. Pantai Pandan
Pandan berada di tepi laut, ibukota dari Tapanuli Tengah ini memang mengagumkan. Salah satu yang menjadi daya tarik Pandan adalah garis pantai yang memanjang dan berdekatan dengan beberapa pantai lainnya di Tapanuli Tengah hingga ke Sibolga, sebut saja Pantai Bosur. Menghabiskan waktu di Pantai Pandan terutama saat matahari terbenam dan terbit seraya menyaksikan kecipak air laut yang menyentuh bibir pantai pasti akan sangat menyenangkan.

6. Pulau Kalimatung
Pulau Kalimatung ini merupakan pulau kecil nan memukau disekitar kawasan Pulau Murshala, jadi letaknya masih berdekatan gitu travelers. Kalimatung amat jarang dikunjungi oleh wisatawan karena pulau ini sama sekali tidak berpenghuni. Tetapi jangan khawatir, hal inilah yang justru menjadikan pulau kecil di Samudera Indonesia ini menjadi destinasi wisata yang menakjubkan serta layak diperbincangkan.

7. Pulau Bakkar
Garis bawahi yah double K, kalau single K berarti kita perlu api. Nah travelers, Pulau Bakkar adalah spot terbaik untuk menyaksikan secara langsung keindahan panorama bawah laut Tapanuli Tengah. Pulau Bakar juga sama sekali tidak dihuni sama seperti Kalimatung. Tetapi keindahan dan panorama terumbu karang, ikan hias dan gradasi warna lautnya itu loh bakal membuat kamu benar-benar tergoda.

8. Pulau Putri
Sejajar dengan gugusan Pulau Murshala, Pulau Putri punya karakteristik berbeda dimana air laut di sini cukup tenang sehingga cocok untuk menginap. Gradasi laut Pulau Putri tidak kalah menarik sob, keren dan tentunya instagenic. Jika menggunakan tour operator medan, Pulau Putri dan Pulau Murshala masuk ke dalam 1 paket wisata perjalanan.

9. Air Terjun Sihobuk
Terletak di Subuluan Natambok yang masuk ke dalam kecamatan Sarudik, Tapteng, air Terjun Sihobuk berasal dari sumber mata air dari kawasan pegunungan sehingga bersih dan jernih. Sayang, akses ke lokasi tidak cukup bagus dimana kondisi jalan rusak dan terjal. Sebab itu, usahakan pakai transportasi roda 4 yang memang benar-benar fit untuk off road. 

10. Air Terjun Labuan Nasonang

Air terjun di Tapanuli Tengah bernama Labuan Nasonang ini berada persis di Pasar Batu Gerigis yang juga masih terletak di kawasan kec. Sarudik. Pemandangan alam Air Terjun Labuan Nasonang sangat memukau. Hamparan hijau ditambah jernihnya air merupakan suguhan paling menarik yang dapat sobat traveler saksikan. Karena begitu indah, para pengunjung biasanya mandi atau berfoto ria.

11. Air Terjun Gorbus
beralih ke Sibintang di Sosor Gadong, ada air terjun Gorbus yang beberapa waktu lalu sempat booming dan dipadati pengunjung. Objek wisata alam ini tidak jauh dari Wisata Papan Tinggi dan Makam Mahligai sehingga kamu dapat mengunjungi beberapa destinasi dalam 1 kali perjalanan sekaligus. Keasrian Air Terjun Sigorbus sangatlah alami. Fasilitas di lokasi juga sangat mendukung untuk terus dikembangkan sehingga nanti makin berkembang dan dijadikan sebagai destinasi terbaik di Tapanuli Tengah.

Gimana nih travelers? sudahkah anda tergoda untuk berwisata ke Tapanuli Tengah? nah bagi kamu yang ingin menggunakan jasa tour operator atau trip organizer jangan lupa untuk menghubungi kita yah. Yuk telusur keindahan Sumatera Utara