Ada 10 Tempat Wisata di Toba Samosir (Tobasa) Paling Menarik Lho!

Tempat Wisata di Toba Samosir - Lebih dikenal dengan sebutan Tobasa dan merupakan singkatan dari Toba Samosir. Kawasan yang dimekarkan dari Kabupaten Samosir sejak tahun 1998 ini cukup penting dalam hal pariwisata Danau Toba karena keberadaan Bandara Sibisa yang mempermudah aksesibilitas wisatawan.

Dengan waktu tempuh sekitar 4,5 jam atau 232,6 kilometer dari Kota Medan, kamu dapat traveling ke berbagai destinasi wisata di Balige dan Toba Samosir lho. Mulai dari alam, kultur hingga kuliner pun dapat kamu temui di kabupaten ini.


1. Air Terjun Situmurun atau Binangalom
Panorama indah dengan view air terjun yang jatuh ke perairan Danau Toba. Dapat ditempuh menggunakan kapal atau boat dari Parapat (Simalungun). Karena unik, keindahan air terjun jernih dan menyegarkan ini tak pelak menjadi 1 dari sekian banyak wisata andalan Tobasa.

Panduan Air Terjun Situmurun
Lokasi: Air Terjun Situmurun ini berada di Danau Toba tepatnya di Desa Jonggi Ni Huta, kecamatan Lumban Julu.
Rute: Bisa ditempuh via darat lewat rute Parapat - Sionggang - Hatinggian. Namun, lebih seru kalau naik kapal sewa di Parapat
Retribusi: hingga kini belum ada, enggak tau besok

2. Pantai Lumban Bulbul
Salah satu spot Danau Toba terbaik di Toba Samosir, memiliki garis pantai yang cukup panjang sehingga sering banget jadi lokasi penyelenggaraan berbagai event pariwisata. Pantai ini memang keren lho, apalagi sekarang sudah didirikan berbagai tempat berfoto kreatif. Yap, tujuannya tentu untuk menarik wisatawan.

Panduan Pantai Lumban Bul Bul
Lokasi: Pantai Lumban Bulbul Balige tidaklah jauh dari Kota Balige sehingga aksesnya cukup mudah. Kalau tidak mau ribet, kamu bisa sewa becak motor lho!
Retribusi: Biaya masuk ke sini itu cuma Rp5.000 tetapi tidak termasuk fasilitas yang kamu pakai selama ada di lokasi lho. Artinya, masuk kamar mandi bayar, mau foto di spot selfie bayar lagi


4. Keliling di Kota Balige, Kulineran dan Wisata Budaya
Pusat pemerintahan Tobasa ini tak kalah keren untuk ditelusuri, mulai dari kuliner lokal hingga pasar tradisional dengan bangunan berarsitektur Batak yang sudah berdiri sejak lama.

5. Taman Eden 100
Didirikan oleh warga setempat, taman ini cocok untuk camping serta menelusuri permadani hijau di kawasan Danau Toba. Terdapat pula air terjun dan kegiatan tracking.

Baca: Tempat Wisata di Kabupaten Simalungun

6. Bukit Pahoda

Dari Bukit Pahoda, Anda dapat menyaksikan spektakuler view dengan landskap Toba yang begitu mengagumkan.


7. Pantai Pasir Putih Parparean
Didirikan oleh warga setempat, taman ini cocok untuk camping serta menelusuri permadani hijau di kawasan Danau Toba. Terdapat pula air terjun dan kegiatan tracking.


8. Museum TB Silalahi
Museum ini memang pantas disebut miniatur Batak mulai dari rumah adat, sejarah hingga pakaian adat dapat ditemukan disini

9. Pakkodian
Rice terrace versi Sumatera Utara, di musim tanam, areal persawahan di tempat ini sangat menarik untuk difoto.

10. Bukit Dolok Tolong
Berada di areal dataran tinggi Toba, Dolok Tolong sangat cocok jika kamu adalah pecinta landskap fotografi.

10 obyek wisata di Toba Samosir paling recommended versi Traveling Medan di atas sangat layak untuk Anda telusuri. Ayo ke wisata Tobasa!