MASIGNASUKA101
7168738000188950837

12 Tempat Wisata di Karo yang Menarik, Unik dan Recommended

12 Tempat Wisata di Karo yang Menarik, Unik dan Recommended
Add Comments
Jumat, 11 Januari 2019
Tempat wisata di Karo - Jika kawan traveler sudah pernah liburan ke Karo, pasti tahu betul kalau kabupaten ini punya banyak sekali tempat wisata. 2 kota di kabupaten ini yakni Kabanjahe dan Berastagi bahkan cukup terkenal di mata wisatawan asing.

Untuk menjawab pertanyaan kamu soal objek wisata di Karo yang keren untuk diunggah ke sosial media dan wajib dikunjungi, travelingmedan.com akan merekomendasikan tempat menarik di sekitaran Karo agar kamu tidak bingung jika ingin traveling ke kabupaten seluas 2.127 km persegi ini.

Namun untuk mempermudah pilihan, travelingmedan.com akan membagi destinasi tersebut ke dalam beberapa klasifikasi, dari wisata alam, budaya, belanja hingga ekowisata.

A. Wisata Alam di Kabupaten Karo

Terletak di lingkaran Bukit Barisan, Kabupaten Karo kaya akan wisata alam berupa gunung, danau hingga perbukitan. Wilayahnya yang sebagian berada di Danau Toba membuat wisata Karo semakin kaya. 

Ada 6 wisata alam Karo yang kami rekomendasikan kepada kamu, apa saja?

1. Air Terjun dan Bukit Sipiso-Piso

sipiso-piso waterfall - via @traval.co
Bagi turis mancanegara, Sipiso-Piso adalah destinasi yang tak boleh dilewatkan. Ketinggian Sipiso-Piso membuat deburan airnya akan membasahi kamu. Untuk menuju dasar, kamu harus menuruni anak tangga yang terdiri dari ratusan. Lelah, tetapi pasti terbayarkan! Ada juga bukit Sipiso-Piso yang sering dijadikan sebagai lokasi camping.
PANDUAN SIPISO-PISO LENGKAP
Peta lokasi Air Terjun Sipiso-Piso: https://goo.gl/maps/4h78Mh2V3cQ2
Dapat ditempuh dengan kendaraan pribadi baik roda dua maupun empat, bisa juga rental bus pariwisata dari Kota Medan.
Harga tiket masuk Air Terjun Sipiso-Piso Rp5.000/orang dan dibawah pengelolaan pemerintah

2. Gunung Sibayak

sibayak mt - via: @pariwisata_sumut
Tidak harus bermalam disini, kamu bisa mendaki Sibayak yang memiliki ketinggian 2.212 dan turun sore harinya. Keindahan sunset dan sunrise di sini patut diberi jempol. Di musim penghujan, terdapat danau kecil di bagian kawah.
PANDUAN SIBAYAK LENGKAP
Peta lokasi Gunung Sibayak: https://goo.gl/maps/5byK1UtAxho
Bisa menggunakan transportasi publik, seperti bus sinabung, berhenti di tugu Berastagi dan gunakan angkutan umum ke shelter pertama.
Harga tiket masuk Air Terjun Sipiso-Piso Rp10.000/orang dan dibawah pengelolaan pemerintah

3. Pemandian Sidebuk-Debuk

sidebuk-debuk karo - via @pariwisata_sumut
Meski di malam hari, obyek wisata Karo yang satu ini selalu ramai dikunjungi, umumnya para pengunjung berendam di bak berisi air hangat yang memiliki kandungan belerang. Viewnya tak kalah asyik untuk berfoto. Jika ingin menginap, tersedia beragam hotel maupun penginapan di Sidebuk-Debuk.
PANDUAN SIDEBU-DEBUK LENGKAP
Peta lokasi dan alamt Sidebuk-Debuk: https://goo.gl/maps/NNoYNNMNnrK2
Lebih baik jika menggunakan kendaraan pribadi karena dari simpang Sidebuk-Debuk tidak ada angkutan umum ke dalam
Sisi lain dari destinasi ini baca: Pemandian Air Panas Sidebuk-Debuk
Harga tiket masuk Sidebu-Debu Rp5.000 namun tidak termasuk biaya masuk ke lokasi pemandian

4. Wisata Madu Efi

wisata madu efi
kalau ingin mendapatkan suasana wisata baru dan tergolong berbeda, kamu harus ke Wisata Madu Efi. Selain indah, wisata ini juga menawarkan konsep eduwisata yang cocok untuk anak sekolahan.
PANDUAN MADU EFI LENGKAP
Peta lokasi dan alamat Madu Efi: https://goo.gl/maps/e4Qi68Qunis
Gunakan kendaraan pribadi, jalan ke Wisata Madu Efi sudah sangat baik dan mulus.
Artikel terkait obyek wisata ini dapat kamu baca: Wisata Madu Efi
Harga tiket masuk Madu Efi Rp5.000/orang, harganya akan berbeda jika tujuan kamu adalah camping

5. Tongging

tongging karo via @tio.s_depari
Satu-satunya kawasan Karo yang bersinggungan dengan Danau Toba, di sini ada beberapa invinity hotel dengan view Danau Toba. Tak kalah asyik adalah menikmati sajian kuliner di pinggir danau, seperti ikan jahir panggang yang sudah begitu terkenal kelezatannya.
PANDUAN TONGGING LENGKAP
Peta lokasi Tongging di Karo: https://goo.gl/maps/LjbuuhqKxUm
Baiknya kamu menggunakan transportasi pribadi agar bisa singgah di Bukit dan Air Terjun Sipiso-Piso. Kondisi jalan cukup baik namun turunan
Harga tiket masuk Tongging hanya Rp5.000/orang

6. Gundaling

gundaling berastagi via @gundalingfarm
Gundaling cukup mudah diakses, dari tempat wisata Karo ini kamu bisa memandang Kota Berastagi dari kejauhan. Aktivitas wisata di Gundaling cukup beragam, salah satunya berkeliling dengan mengendarai kuda. Seiring waktu, Gundaling pun sudah disiapkan untuk milenial traveler, tersedia spot foto menarik dan kekinian.
PANDUAN WISATA GUNDALING
Peta Bukit Gundaling Berastagi: https://goo.gl/maps/GW2wKujL1Nz
Jangan khawatir, dari Berastagi kamu bisa menggunakan kuda hingga ke Puncak Gundaling, berjalan kaki juga tak jadi masalah karena lokasinya tidak terlalu jauh
Harga tiket masuk Gundaling cuma Rp5.000/orang

7. Danau Lau Kawar



Berada di kaki Gunung Sinabung, Lau Kawar ini pernah jadi primadona bagi wisatawan dari berbagai daerah. Para pendaki biasanya bermalam di sini sebelum naik ke puncak. Udara dingin dan sejuk serta pemandangan eksotis dapat kamu lihat di Lau Kawar.
PANDUAN DANAU LAU KAWAR LENGKAP
Peta lokasi Danau Lau Kawar: https://goo.gl/maps/wprwNGJv3bG2
Sama sekali tidak ada kenderaan umum menuju Danau Lau Kawar, itu artinya kamu harus menyiapkan kenderaan pribadi untuk menuju lokasi
Harga tiket: -

B. Wisata Budaya di Karo

Etnis Karo yang berasal dari Sumatera Utara punya kultur/budaya unik, hal ini tercermin dari berbagai prosesi adat, kearifan lokal hingga peninggalan bersejarah terkati keberadaan Etnis Karo dari waktu ke waktu.

Dari museum hingga desa wisata, berikut 5 tempat wisata budaya di Karo yang travelingmedan.com rekomendasikan kepada kamu.

8. Desa Budaya Dokan

desa budaya dokan via @ceb0l
Desa ini berada di Merek, jalan lintas Medan - Aceh, di dalamnya terdapat rumah adat Karo yang sudah berusia hingga ratusan tahun. Rumah-rumah penduduk di sini cukup rapat.
PANDUAN DESA BUDAYA DOKAN LENGKAP
Peta lokasi Desa Budaya Dokan: https://goo.gl/maps/bmzHrcasPj72
Bisa naik kendaraan umum atau pribadi, tidak terlalu jauh dari jalan besar dan terdapat gapura/gerbang informasi
Tidak ada biaya retribusi

9. Desa Budaya Lingga

desa budaya lingga via @gustigtg
Sama seperti Dokan, desa Lingga juga menawarkan pengalaman wisata budaya yang masih kental. Siwaluh Jabu, rumah adat Karo disini lebih besar dan dihuni oleh beberapa rumah tangga. Kesenian tradisional pun acap kali ditampilkan.
PANDUAN DESA JANGGA LENGKAP
Peta lokasi Desa Lingga: https://goo.gl/maps/xNhsG56Udbo
Bisa naik transport umum dari Kabanjahe dan Berastagi, tetapi baiknya gunakan kendaraan pribadi saja agar tidak menunggu lama
Harga tiket: Rp5.000/orang.

10. Museum Nasional Jamin Gintings

Bentuk museum ini seperti kacang, namun ornamen hingga arsitekturnya sangat modern. Museum yang berada di Tiga Panah Karo ini berisi potret perjalanan serta barang-barang yang dikenakan oleh Jamin Gintings selama hidup. di beberapa sudut, ditampilkan pula hal lain menyangkut kebudayaan Karo.
PANDUAN MUSEUM JAMIN GINTINGS
Peta lokasi Danau Lau Kawar: https://goo.gl/maps/yDHVezNmMDQ2
Ada transportasi publik yang melewati lokasi tetapi jarang sehingga kamu lebih baik menggunakan transport pribadi
Harga tiket: Rp5.000/orang


C. Wisata Religi di Kabupaten Karo

11. Pagoda Lumbini

lumbini berastagi via @yusep.rizal
Menyerupai kuil Shwedagon di Myanmar, bangunan pagoda untuk umat Buddha ini hampir keseluruhannya berwarna emas. Terbuka untuk umum sehingga siapa saja dapat masuk. Karena kemegahannya, Pagoda Lumbini sering dikunjungi wisatawan dari provinsi lain.
PANDUAN TAMAN ALAM LUMBINI
Peta lokasi Lumbini: https://goo.gl/maps/Do7x3wpXZfL2
Cukup berhenti di Tahura, kemudian berjalan ke tugu simpang tiga dan naiki angkutan umum yang akan melintas. Bila naik motor atau mobil sendiri, aksesnya sudah baik
Harga tiket: -

12. Gereja St Fransiskus Assisi Berastagi

fransiskus assisi church via @l.m.trejo
Kekayaan ornamen Gereja St Fransiskus terletak pada unsur budaya Karo yang tampak melekat di seluruh bangunan. Biaya yang dikeluarkan pun cukup fantastis, mencapai angka 1,8 miliar.
PANDUAN GEREJA ST FRANSISKUS ASSISI
Peta lokasi Lumbini: https://goo.gl/maps/awpEmDHQ3212
Dapat kamu kunjungi jika tengah berada di Berastagi, lokasinya tepat berada di jalan lintas sehingga tidak sulit untuk ditemukan
Harga masuk: Rp-
12 destinasi wisata di Karo yang instagramable, menarik dan indah di atas semoga dapat membantu rencana perjalanan wisata kamu. Jangan khawatir, seluruh daftar tersebut tentu saja cocok untuk wisata keluarga. (Th.E/AN/TM)**