Goa Kampret - Bahorok di Langkat

goa kampret
Goa Kampret - Selain Landak River dan Bukit Lawang, Bahorok di Langkat juga punya destinasi speologi yakni Goa Kampret yang punya pesona unik dan tentu saja menarik untuk dikunjungi. Beragam kegiatan dapat dilakukan seperti melihat stalagmit/stalagnit, menjelajah dan mengamati populasi kelelawar.

Highlight Goa Kampret

Nama Goa Kampret atau Bat Cave berhubungan erat dengan banyaknya populasi kampret (kelelawar) yang hidup dan menetap di dalam goa itu sendiri. Berdasarkan penuturan warga, dahulu tempat wisata Langkat ini sebenarnya digunakan sebagai pemukiman warga. Terbukti dari setiap ruangan yang tertata dan terpisah.

bat cave langkat
Seiring zaman, evolusi dan pola hidup manusia yang berubah membuat Goa Kampret ini ditinggal, para penghuninya kemudian membentuk perkampungan baru yang lebih modern. Hingga perlahan, goa yang terdiri dari 4 ruangan ini menjadi tempat tinggal bagi ratusan kelelawar.

Goa Kampret memiliki panjang lorong kurang lebih 500-600 meter. Keindahannya terletak pada batuan stalagmit/stalagnit yang dapat ditemui di berbagai sudut. Ada juga pemandangan eksotis lainnya berupa cahaya yang masuk dari langit-langit Bat Cave. Area goa yang begitu gelap ditambah terpaan sinar matahari menciptakan perpaduan warna yang kontras dan epik.

goa kampret bukit lawang
Goa Kampret di Langkat ini dapat disusur dalam kurun waktu 3-4 jam. Bagi para penikmat wisata speologi, penjelajah dan pecinta alam, kegiatan ini pasti sangat kamu incar. Namun, usahakan tubuh kamu dalam kondisi fit kalau hendak berkunjung.


Lokasi Goa Kampret memang alami, wajar jika obyek wisata Langkat ini sangat digemari oleh turis mancanegara. Rute ke Goa Kampret juga cukup menantang, sebelum tiba di ruangan masuk, untuk pertama kalinya para pengunjung harus melewati perkebunan karet. Setelah itu, kamu bakal ditantang lagi berjalan menyusuri tangga kecil dan bebatuan.

Memang, hampir keseluruhan Goa Kampret berzona gelap sehingga dibutuhkan lampu penerangan (head lamp) atau senter dan sejenisnya.

Tonton juga video Goa Kampret Berikut



Permadani hijau Kabupaten Langkat selalu memberi kejutan wisata yang mengagumkan. Salah satunya Goa Kampret yang wajib kamu masukkan ke dalam bucketlist! (AN/TM).