MASIGNASUKA101
7168738000188950837

12 tempat wisata di Padang Lawas yang hits dan menarik

12 tempat wisata di Padang Lawas yang hits dan menarik
Add Comments
Selasa, 06 Agustus 2019
Padang Lawas merupakan salah satu wilayah kabupaten terluas di bagian selatan Sumatra Utara yang berbatasan dengan Provinsi Riau dan Mandailing Natal dimana Kota Sibuhuan dijadikan sebagai pusat pemerintahan dan ibukota kabupaten.

Potensi wisata Padang Lawas (Palas) yang begitu besar menjadikan daerah ini menarik untuk dijadikan tempat berlibur. Mulai dari menjelajah destinasi alam, mengunjungi spot agrowisata, traveling bijak melalui program ekowisata hingga mempelajari ragam peninggalan situs budaya.

Tempat Wisata di Padang Lawas

Keberadaan obyek dan daya tarik wisata di Padang Lawas yang mengagumkan tentu sayang untuk diabaikan. Jika sahabat travelingmedan.com sedang berada di Sibuhuan. Pastikan mengunjungi tempat-tempat berikut:

1. OBJEK WISATA SIRAISAN
siraisan
Berada di jalan lintas Sibuhuan - Sosopan, Objek wisata Siraisan merupakan spot pemandian alam populer di Padang Lawas yang tak pernah sepi dikunjungi wisatawan lokal terutama di musim libur. Pesona Aek Siraisan ada pada sungainya yang jernih. Setelah mandi-mandi, traveler dapat bermain di tepi sungai yang dipadati bebatuan kecil.

Tak kalah menarik, di sekitar sini juga ditemukan Air Terjun Siraisan yang memiliki tinggi sekitar 20 meter. Namun, untuk mengunjungi Air Terjun Siraisan perlu tenaga ekstra karena harus menjelajah ke dalam hutan lagi.

Nah, jika kamu ingin berlibur di 2 tempat sekaligus maka datanglah ke obyek pemandian alam ini karena jaraknya hanya terpaut sekitar 16,5 kilometer dari Sibuhuan tepatnya di Desa Siraisan, Kecamatan Ulu Barumun.

2. DANAU SOSOPAN
danau sosopan
Wilayah Tapanuli Selatan dianugerahi beberapa wisata danau yang memesona sehingga destinasi di kawasan Tabagsel ini termasuk lengkap dibandingkan daerah lainnya. Salah satu danau tersembunyi di Padang Lawas yang wajib dikunjungi adalah Danau Sosopan.

Danau Sosopan masih sepi lantaran lokasinya yang terletak di perbukitan. Jalan ke lokasi juga cukup menantang di mana sisi kiri dan kanan banyak ditemukan jurang. Namun, keindahan Sosopan yang berada di Huta Baru, Kecamatan Sosopan ini akan membuat Anda terpukau.

3. AIR TERJUN KATOBUNG
air terjun katobung
Eloknya Air Terjun Katobung semakin bertambah lantaran dikelilingi banyak pohon dan tumbuhan hijau sehingga memberikan kesan asri dan menyegarkan. Letaknya yang di apit oleh perbatasan Kecamatan Rohul (Riau) dan Palas membuat Katobung tidak hanya dikunjungi warga di Tapanuli Bagian Selatan saja.

Berada di Desa Papaso dan masuk wilayah administratif Kecamatan Batang Lubu Sutam, Katobung sangat cocok sebagai tempat berlibur keluarga. Di sini tidak hanya untuk mandi-mandi saja, sebagian pengunjung menjadikan Katobung untuk berfoto hits. Banyak pula memancing ikan khas di bantaran sungainya.

4. GOA LIANG NAMUAP
liang namuap
Jalan-jalan ke Sosa jangan lupa menjelajahi Goa Liang Namuap. Tujuan wisata speologi di Padang Sidempuan yang kental dengan sisi magis tetapi bukan horor. Menurut warga, Goa Liang Namuap merupakan tempat tinggal Andialus, seorang putri dari Raja Hasibuan dengan seorang pangeran gaib.

Konon, ayah dari Andialus tidak mengetahui jika putrinya dinikahi oleh makhluk dari dunia lain. Setelah mendengar tentang asal usul menantunya, Raja Hasibuan pun meminta agar mereka berdua untuk tak bertemu dengannya yang akhirnya membuat pangeran tersebut murka.

Goa Liang Namuap yang berada di puncak bukit Desa Parapat, Kecamatan Sosa ini mulai dikunjungi penikmat wisata petualang. Lantaran belum mempunyai kaitan dengan legenda daerah, tempat wisata ini sama sekali belum terjamah dan mendapatkan penjagaan.

5. CANDI SANGKILON
sangkilon
Jika Padang Lawas Utara punya Candi Biaro Bahal, maka Palas terkenal dengan Candi Sangkilon. Komplek candi ini memang masih terus diteliti, namun telah resmi ditetapkan sebagai warisan cagar budaya yang memiliki tipologi unik.

Candi Sangkilon identik dengan perkembangan Hindu di Sumatera pada masa lampau. Terbukti dari susunan dan bentuk candi yang lumrah ditemukan di Pulau Jawa. Terletak di Desa Sangkilon, destinasi cagar budaya yang secara geografis masuk daerah kecamatan  Lubuk Barumun ini tentu menarik untuk dikunjungi kalau kamu hobi wisata sejarah.

Tak perlu bingung kenapa di Padang Lawas banyak ditemukan situs cagar budaya berupa candi atau biaro sebab menurut penelitian, beberapa kabupaten di Selatan Sumut merupakan bagian dari sebuah kerajaan Bandar Panai.

7. AEK MILAS PARINGGONAN
aek milas paringgonan
Jangan menolak kalau kamu lagi berkunjung ke Padang Lawas dan diajak menikmati sensasi pemandian air panas belerang di Aek Milas Paringgonan yang sudah ditata secara modern dan tentunya serba kekinian.

Di Aek Milas Paringgonan, kamu akan melihat kolam renang yang unik sebab posisi bangunannya berada di perbukitan. Pemandangan alam eksotik yang tersaji di depan mata dan air belerang yang menghangatkan tubuh adalah menu utama yang akan didapatkan pengunjung.

Walau tidak termasuk obyek wisata baru, Aek Milas Paringgonan jadi destinasi favorit masyarakat maupun traveler yang datang dari luar daerah. Wajar sih, sekali datang ke sana pasti akan ketagihan untuk datang di lain waktu.

8. WATER BOOM DOFA
waterboom dofa
Wahana wisata air di Sibuhuan sangat beragam. Dari waterpark sampai kolam renang di Padang Lawas pun cukup mudah dijumpai seperti Water Boom Dofa yang seru dan asik untuk bermain air. Saat memasuki musim libur panjang, Water Boom Dofa sering juga menghibur para pengunjung dengan menghadirkan live music dan penampilan penyanyi dari Jakarta. Mantap betul, kan?

Berada di seputaran Ipuh, Desa Tanjung, Kecamatan Ulu Barumun, Water Boom Dofa dikelola secara modern. Di sini disediakan juga fasilitas karoke dan beragam permainan wisata dari seluncuran, tong air sampai balon air. Tiket masuknya tidak terlalu mahal, hanya Rp15.000,- per pengunjung.

9. CANDI TANDIHAT
candi tandihat
Mencakup candi Tandihat I, II dan III, komplek percandian yang lokasinya saling berdekatan di Desa Tandihat ini kondisinya masih lebih utuh dan sudah mendapatkan pemugaran dari dinas terkait dan badan arkeologi Medan.

Dibangun pada abad ke-12, keunikan wisata peninggalan sejarah tersebut terdapat pada ciri khas arsitektur bangunan sejarah yang diketahui tak sama dengan candi-candi lain di Indonesia. Kabar baiknya, semua situs candi di Tandihat yang berlokasi di Desa Tandihat, Kecamatan Barumun Tengah dibuka untuk wisatawan tanpa dikenai biaya masuk.

10. BAGAS GODANG HURISTAK
bagas godang
Ketika Nusantara masih dalam bentuk kerajaan, di Padang Lawas, Huristak merupakan salah satu kerajaan tua yang sampai sekarang masih ada peninggalannya. Selain benda berupa perhiasan dan aksara Batak kuno, terdapat juga istana yang dinamai Bagas Godang Huristak.

Kerajaan Huristak (Hoeristak) yang beralamat di Desa Huristak, Kecamatan Huristak ini diketahui telah berdiri semenjak 2 Masehi - 1650 Masehi. Sekarang, bekas Istana Huristak pun dibuka bagi wisatawan untuk mempelajari tentang sejarah atau silsilah dari Kerajaan Huristak.

Selain Huristak, Bagas Godang yang sekaligus populer sebagai rumah adat dari Padang Lawas juga bisa dijumpai di beberapa daerah lain yaitu Bagas Godang Hasahatan di Hasahata Julu, Kecamatan Barumun, Bagas Godang Hutaraja Lama di Sosa dan Bagas Godang Janjilobi di Desa Janji Lobi.

11. DANAU GAYAMBANG
danau gayambang
Danau Gayamang merupakan obyek wisata Sosa yang termasuk hits. Sering juga disebut Cekdam, Danau seluas 34 hektar itu sebenarnya potensial untuk dikembangkan, pasalnya Gayambang sendiri adalah danau yang terbentuk secara alami. Penduduk desa biasanya menjadikan Gayambang untuk tempat mancing ikan.

Walau tidak memiliki sarana dan prasarana lengkap, kunjungan wisatawan ke Danau Gayambang yang terletak di Desa Ujung Batu cukup tinggi dan sering digunakan untuk tempat camping. Kalau dilihat dari atas, bentuknya menyerupai huruf 'U' dan dikelilingi oleh perkebunan sawit.

12. HUTAN LINDUNG SOSOPAN
sosopan
Terdapat beberapa hutan yang berstatus dilindungi di Padang Lawas. Satu di antaranya adalah Hutan Lindung Sosopan yang menjadi tempat tinggal aneka flora dan fauna. Hutan tersebut dinilai potensial untuk dikembangkan sebagai destinasi minat khusus lantaran masih terjaga dan alami.

Nama Hutan Sosopan bukanlah asing lagi, di sini habitat Harimau Sumatera, Kijang dan Rusa yang dilindungi hidup liar. Namun, jika dikembangkan sebagai destinasi wisata, tentu Hutan Lindung Sosopan membutuhkan perhatian khusus.

Wisata Padang Lawas dan Sibuhuan yang lebih banyak menawarkan destinasi alam dan situs purbakala yang sudah diulas travelingmedan.com di atas sangat direkomendasikan. Apalagi kini di Padanglawas tidak lagi sulit untuk mendapatkan penginapan dan hotel sebagai sarana akomodasi.