MASIGNASUKA101
7168738000188950837

5 Museum di Medan Terbaru & Paling Populer Wajib Dikunjungi

5 Museum di Medan Terbaru & Paling Populer Wajib Dikunjungi
Add Comments
4/29/2023
Seperti kota lain pada umumnya, terdapat beberapa museum di Medan yang menyimpan berbagai hal sekaligus kegiatan wisata menarik. Secara fungsional, museum merupakan tempat atau gedung yang menyimpan beragam peninggalan visual dari perjalanan sejarah dan koleksi budaya.

Kota Medan sendiri sebagai ibukota dari Provinsi Sumatera Utara tentunya menjadi pusat peradaban di segala aspek, termasuk sejarah dan budaya. Oleh sebab itu pula, museum di Medan memiliki keunikan dan ciri khas dengan daya tarik berbeda.

Tidak hanya cocok bagi para pelajar, berkunjung ke museum yang ada di Medan juga menjadi rekomendasi wisata alternatif untuk keluarga. Sembari berkeliling kota, kita dapat mengenal dan melihat langsung berbagai benda bersejarah, berikut daftarnya.

1. Rumah Tjong A Fie

museum di medan
museum rumah tjong a fie medan
Museum unik ini akan membuat kita seperti melancong ke Tiongkok. Desain arsitekturnya yang khas bak rumah di tirai bambu membuat pengunjung tak akan bosan mengunjungi destinasi sejarah Medan, Tjong A Fie Mansion namanya.

Rumah Tjong A Fie adalah tempat tinggal saudagar sekaligus tokoh populer Medan asal Guangdong yakni Tjong A Fie. Lantaran terletak di pusat kota daerah Kesawan, gerbang masuknya sudah sangat menonjol karena berbeda dengan gedung sekitar.

Rumah ini dijadikan museum sejak lama oleh keluarga dan ahli waris. Kendati gaya bangunan condong ala Tiongkok, tapi kita bisa melihat desain Eropa dan Melayu. Secara garis besar, setiap lantai dipadati oleh benda-benda yang dipakai oleh Tjong A Fie semasa hidup.
Tjong A Fie Mansion
Jam Buka: Senin-Minggu: 09.00 - 17.00 WIB.
Tiket Masuk: Rp35.000 per orang.
Alamat: jalan jendral Ahmad Yani nomor.105, kesawan, medan barat.

2. Museum Perjuangan TNI

museum perjuangan tni
Museum di Petisah ini lebih memprioritaskan nilai dari perjuangan pasukan TNI tatala mempertahankan kedaulatan NKRI dari rongrongan sederet penjajah seperti Jepang, Sekutu, Inggris dan lainnya. Itulah kenapa koleksinya tak jauh dari masa pra kemerdekaan.

Museum Perjuangan TNI merupakan tempat edu wisata yang didirikan oleh E.W.P Tambunan pada tahun 1971 silam. Dalam artian, gedung cagar budaya yang terletak di komplek Kodam Bukit Barisan tersebut ialah salah satu museum tertua di provinsi Sumut.
Museum Perjuangan TNI
Harga Tiket: Rp5k per orang.
Jam Buka: Senin - Minggu jam 08.00 - 15.30 sedangkan setiap hari Sabtu tutup.
Alamat: jalan KH Zainul Arifin No 08 petisah tengah (titik koordinat).

3. Museum Perkebunan Indonesia (Musperin)

museum di medan
museum perkebunan di medan - image via 
Sesuai namanya, Museum Perkebunan Indonesia atau Musperin yang terletak di depan gedung Penelitian Kelapa Sawit, memamerkan hal-hal yang berkaitan dengan historis perkebunan di Tanah Air. Sejak masa pra kolonial Belanda hingga sekarang.

Tempat wisata edukasi di Medan tersebut belum lama dibuka, baru sekitar tahun 2017. Bangunan yang digunakan juga termasuk gedung heritage (warisan) sehingga pelancong dapat pula menikmati sisi sejarah Belanda. Di halamannya, terdapat pula helikopter dan kereta api uap tua.
Museum Perkebunan
Biaya retribusi: Rp8k (tamu lokal) Rp25 (wisman).
Jam kunjungan: Minggu 10.00 - 02.30 WIB sedangkan Senin s/d Sabtu: 08.30 - 04.00 WIB
Alamat: Jalan brigjend katamso, kampung baru (peta google).

4. Museum Negeri Sumatera Utara

museum provinsi sumut medan
Museum Negeri Sumatera Utara lebih sering disebut Museum Provinsi Sumut. Terletak di seputaran Stadion Teladan, museum di Medan ini merupakan tempat terbaik untuk melihat peninggalan leluhur, diorama, manuskrip, benda kuno, lukisan dan artefak purba.

Destinasi eduwisata (edutour) ini cukup lengkap, koleksinya mencapai ribuan buah dan tersebar di tiga lantai berbeda. Bahkan, banyak diantara koleksi museum tersebut didatangkan dari daerah asal meliputi Kepulauan Nias, Pesisir, Pakpak Bharat dan Tapanuli.
Museum Negeri Sumatera Utara
Tiket Masuk: Rp3.000 per orang
Jam Buka: 08.00 - 17.00 (senin s/d minggu)
Alamat: Jalan HM. Joni No 51, Teladan Barat, Medan (google maps)

5. Museum Rahmat Gallery

rahmat museum medan
Tak harus ke Afrika atau menjelajah hutan untuk bisa menyaksikan hewan liar dari harimau, singa atau binatang lainnya. Pasalnya, terdapat museum yang mengoleksi itu semua di Kota Medan, Museum Rahmat namanya.

Museum modern ini telah mendapatkan banyak penghargaan. Tentu karena fungsi dan kualitas museumnya sendiri yang patut diancungi jempol. Pengunjung pun bisa nongkrong di sini karena terdapat toko oleh-oleh Medan dan sebuah cafe di sudut ruangan.
Rahmat Museum & Gallery
Tiket Masuk: Rp50k (dewasa) Rp40k (usia 3 s/d 12 tahun) Rp150k (turis asing).
Jam buka: Setiap hari pukul 09:00-17:00
Alamat: Jl. S Parman, No: 309, Medan Kota, Sumatera Utara.
Berkunjung di museum tidak melulu ketika sedang jadi pelajar, kan? selain bisa menambah wawasan, beragam tipe museum di Medan yang sekarang sudah semakin hits dapat menjadi tujuan berlibur yang menyenangkan sekaligus edukatif.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -