MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Lappet - Kue Khas Batak yang Rasanya Nampol di Lidah

Lappet - Kue Khas Batak yang Rasanya Nampol di Lidah
Add Comments
Senin, 14 Oktober 2019
Sudah pernah makan ombus-ombus dan lappet nggak? kue dari tepung beras dengan campuran gula merah dan kelapa itu lho! selain penyajiannya yang berbentuk kerucut dan dilapis daun pisang, rasa dari makanan ini sangat lezat. Gak salah deh kalau masyarakat Batak sangat mengidolakan kue kering yang satu ini.

Tetapi tunggu dulu, tergolong susah sih mencari tempat penjual lappet di Medan. Berbeda dengan Balige dan Tarutung yang pusat pasarnya tak pernah sepi dari penjual ombus-ombus dan itak. Soal membuat Lappet beras atau ketan mereka memang ahlinya, sudah seperti menu wajib.
lappet
lappet
Namun, bukan travelingmedan.com namanya kalau nggak ngasi ide cemerlang.

Setuju nggak kalau membuat Lappet sendiri di rumah?selain bisa disayang keluarga, kegiatan masak-memasak makanan tradisional ini bisa sekaligus menambah keahlian kamu. Kali aja bisa jadi peserta MasterChef dari Medan, ya kan?

Bahan-bahan membuat Lappet juga mudah didapat, tinggal beli deh ke warung.

Lappet

Sebelum itu, perlu teman TM tahu bahwa Lappet dan Ombus-Ombus itu berbeda. Kalau Lapet ciri khasnya dibungkus dengan daun, sedangkan Ombus-ombus dibiarkan terbuka tanpa penutup. Pun, letak gulanya di lain tempat.

Langsung saja, begini cara bikin lappet dan ombus-ombus!

Bahan-Bahan

1. Tepung beras 1 kilogram
2. Gula putih/merah (gula jawa) secukupnya
3. Kelapa yang sudah diparut 1 butir
4. Daun pisang secukupnya

Alat Masak
1. Panci atau dandang

Cara pembuatan

  • Lebih bagus kalau berasnya ditumbuh sendiri, tetapi misal beli tepung halus atau yang sudah jadi, nggak apa-apa
  • Kemudian, masukkan gula merah yang sudah diiris-iris, bisa juga pakai gula putih ya
  • Selanjutnya campur semua adonan dengan kelapa parut
  • Terakhir, letakkan adonan itu ke atas daun pisang, usahakan bentuknya mengerucut dan tertutupi keseluruhan
  • Susun rapi di atas dandang. Bisa juga pakai periuk, nah alasnya dibuat dari daun pisang, masukkan air ke dalam periuk itu. Ingat ya, jangan sampai kuenya tenggelam.
  • Nyalakan api, tunggu hingga kukusan matang
lappet-kue-khas-batak
lappet identik dengan daun pisang
Terus, bagaimana kalau membuat ombus-ombus? 

Tepung yang telah dibaurkan dengan bahan-bahan 2 dan 3 tidak perlu ditutup dengan daun pisang. Cukup dikepal sampai berbentuk bulatan. Tahap selanjutnya, dikukus seperti biasa.

Nggak ribet banget kan? paling lama 1 jam sudah bisa disajikan di atas meja. For your information, Lappet dan Ombus-Ombus ini termasuk makanan adat, jadi kalau ada pesta, pasti ada di dalam tandok atau silua (oleh-oleh).