MASIGNASUKA101
7168738000188950837

5 Tempat Wisata di Desa Tomok Samosir, Hits 2019

5 Tempat Wisata di Desa Tomok Samosir, Hits 2019
Add Comments
Minggu, 03 November 2019
Tempat Wisata di Desa Tomok Samosir - Weekend, sudah pada bikin jadwal liburan kemana nih? bagaimana misalnya memilih Desa Tomok di Samosir saja untuk habiskan akhir pekan. Selain dekat dari Danau Toba, desa wisata Tomok Parsaoran juga dilengkapi berbagai obyek wisata keren lho!.

Perlu dicatat, Tomok Samosir merupakan desa wisata yang berlokasi di Kecamatan Simanindo yang populer sejak era Belanda. Keindahannya semakin memesona karena menjadi salah satu tujuan wisata belanja, alam dan budaya di Kabupaten Samosir.

Emang sih, butuh 8 jam lebih untuk sampai di Tomok Samosir, tetapi siapa tak terpikat dengan atraksi wisata yang dimilikinya?. Turis asing saja suka, apalagi kita yang seharusnya lebih aktif mengeksplor pariwisata Indonesia ya kan?

Wisata di Tomok Samosir

Ini dia sederet spot wisata yang indah di Tomok Samosir!

1. Taman Hutan Raya (Botanical) Samosir

taman hutan raya samosir
Taman Hutan Raya Samosir merupakan kawasan wisata alam yang dilindungi di pulau Samosir. Kebun raya tersebut terletak di punggung perbukitan dan berbatasan dengan Kecamatan Ronggur Ni Huta. Taman Hutan Bumi ini diinisiasi oleh LIPI, kondisinya tentu masih sangat asri dan asik buat penjelajah alam.

Lokasi: Tomok Simanindo, Samosir, Sumatera Utara.

2. Pasar Wisata Tomok

pasar wisata
Di pasar wisata ini teman TM akan menemukan berbagai pernak-pernik khas Batak. Dari baju, gelang, kalung hingga tiruan peninggalan budaya Batak seperti Tongkat Tukkot Tunggal Panaluan. Eits! jangan lupa untuk tawar-menawar barang ya.

Info tambahan nih bagi yang berlibur ke Parapat, Desa Tomok juga jadi agenda wajib. Soalnya untuk ke sini, hanya perlu naik kapal penyeberangan selama 3 jam. Ibarat pepatah, sekali liburan 3-4 destinasi terlampaui.

2. Atraksi Sigale-gale

atraksi sigale-gale
The dancing puppet, it's Sigale-Gale. Hampir di seluruh daerah Samosir memiliki spot khusus untuk memamerkan patung Sigale-Gale seperti di Simanindo, Tuktuk dan Pangururan. Tapi nggak perlu jauh deh ke sana, di Tomok juga ada kok.

Seru banget lah pokoknya menari dengan Sigale-gale sambil diiringi musik tradisional Batak. Bisa-bisa sampai lupa waktu. Tiket masuk untuk penonton gak mahal banget, hanya Rp10.000/orang. Di dalam, traveler dapat juga melihat rumah adat Batak yaitu Jabu Bolon.

4. Museum dan Makam Raja Sidabutar

makam raja sidabutar
Kekayaan budaya Batak di Tomok memang luar biasa. Tak hanya museum, di sana juga terdapat komplek Raja Sidabutar, traveler akan bisa melihat makam berbentuk sarkofagus. Sedangkan di area museum, berisikan tentang peninggalan-peninggalan bersejarah dari Raja Sidabutar.

5. Pelabuhan Tomok

pelabuhan tomok
Lho, kan pelabuhan ngapain coba jadi tempat wisata di Tomok? tenang deh sobat traveller. Pelabuhan Tomok ini memang merupakan sarana penyeberangand dari Parapat. Sekaligus, tempat bersandar bagi kapal-kalap penumpang yang hendak ke Tuktuk atau Simanindo.

Namun, di Pelabuhan ini ada sebuah bangunan unik yang menggambarkan tentang himpunan Suku Batak. Di dinding tugu berwarna putih tersebut, terlukis etnis Toba, Karo, Simalungun, Pakpak dan Angkola.

Selain 5 tempat di Tomok yang seru untuk berwisata di atas, masih ada lho Batu Marhosa atau batu bernafas di Dusun Parmonangan. Jika punya cukup waktu, cobalah ke Air Terjun di Tomok yang dekat dari Huta Ginjang.