MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Tertawan 1 Hari di Air Terjun Lae Mbilulu, Destinasi Alam Sempurna Khas Pakpak Bharat

Tertawan 1 Hari di Air Terjun Lae Mbilulu, Destinasi Alam Sempurna Khas Pakpak Bharat
Add Comments
Rabu, 11 Desember 2019
Formasi bebatuan dengan sungai berwarna coca-cola adalah sedikit gambaran sekaligus atraksi dari air terjun Lae Mbilulu. Objek wisata di kecamatan Tinada yang anyar ini memang unik. Menyajikan potret hutan alami yang epik sehingga sempurna untuk kegiatan petualangan sederhana.

Air terjun Lae Mbilulu merupakan destinasi wisata air dan pemandian alam andalan kab. Pakpak Bharat. Destinasi itu terletak di pedalaman Desa Buluh Tellang dan Prongil, berjarak 32 kilometer dari pusat Kota Salak.

Air Terjun Lae Mbilulu

Sebagai salah satu air terjun kembar yang berlokasi di Sumatera Utara, sampuren Simbilulu seperti terkepung di sebuah lembah kecil dan dikelilingi oleh rerimbunan pohon khas hutan tropis. Lantaran demikian, maka deburan airnya akan terpantul oleh tebing sehingga terdengar meskipun dari kejauhan.
air terjun lae mbilulu
Untuk sampai ke Mbilulu, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 15 menit dari pemukiman penduduk. Tidak perlu jasa guide, sahabat travelingmedan.com cukup bertanya dan meminta petunjuk arah kepada warga.

Air terjun kembar ini adalah spot wisata alam paling sempurna yang dimiliki oleh Pakpak Bharat. Sebab kondisi lingkungan di seluruh kawasaan tersebut masih sangat terawat. Bahkan ketika menyusuri jalan setapak, pemandangan hutan dengan pepohonan besar menjadi daya tarik lain yang tentunya diidamkan oleh penikmat wisata alam.

Air Terjun Tertinggi di Pakpak Bharat

Jika ditarik dengan perhitungan garis lurus, maka tinggi air terjun Mbilulu mencapai 40 meter. Perlu dicatat bahwa selain bertipe kembar, air terjun ini juga unik karena bentuknya yang bertingkat-tingkat atau menyerupai undakan.

Hanya saja pemandangan air terjun bertingkat itu tak bisa terlihat dari bawah karena tertutupi oleh pepohonan.
mbilulu waterfall is a nature destination in pakpak bharat regency
Dengan kata lain, Simbilulu boleh dibilang sebagai air terjun tertinggi yang dimiliki oleh Pakpak Bharat.

Sebenarnya cukup banyak air terjun di daerah Pakpak Bharat yang belum diketahui publik. Beberapa diantaranya yaitu air terjun Kuta Tinggi, sampuren 7 Tingkat dan Lae Une. Tetapi debitnya masih kalah dibandingkan tempat wisata di Tinada ini.

Destinasi Alam yang Sempurna

Walau tetap mempertahankan keindahan alamnya, tapi bukan berarti dinas pariwisata Pakpak Bharat abai akan fasilitas. Saat berkunjung, traveler dapat melihat beberapa amenitas pendukung yang sudah disediakan.

Fasilitas di air terjun ini cukup memadai, seperti tersedianya toilet, rumah pohon untuk sarana foto selfie dan pengaman pembatas tebing. Hanya saja, akses ke sana belum terlalu bagus sehingga perlu ditingkatkan lagi mengingat potensi yang dimiliki.
Baca Juga: Air Terjun di Danau Toba
Pengunjung biasanya ramai pada Sabtu dan Minggu sedangkan di hari biasa tempat ini lumayan sepi. Nah, mengenai waktu kunjungan spot destinasi alam yang sempurna untuk aktivitas wisata air tersebut dibuka setiap hari dan tidak dipungut tiket atau biaya masuk.

Sebelum menengok Lae Mbilulu, ada baiknya mempersiapkan bekal baik makanan maupun minuman. Sebab di sana tidak ada warung sama sekali.

Menghabiskan 1 hari penuh di sini rasanya tidak akan bikin bosan, bahkan akan tertawan sangking indahnya pesona yang ditawarkan.