MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pesona Air Terjun Lae Mbilulu: Lokasi, Tiket Masuk & Fasilitas

Pesona Air Terjun Lae Mbilulu: Lokasi, Tiket Masuk & Fasilitas
Add Comments
2/06/2024
Formasi bebatuan dengan sungai berwarna coca-cola adalah sedikit gambaran sekaligus atraksi dari air terjun Lae Mbilulu. Objek wisata di kecamatan Tinada yang anyar ini memang unik. Menyajikan potret hutan alami yang epik sehingga sempurna untuk kegiatan petualangan sederhana.

Air terjun Lae Mbilulu merupakan destinasi wisata air dan pemandian alam andalan kab. Pakpak Bharat. Destinasi itu terletak di pedalaman Desa Buluh Tellang dan Prongil, berjarak 32 kilometer dari pusat Kota Salak.

Pesona Air Terjun Lae Mbilulu

air terjun lae mbilulu
Sebagai salah satu air terjun kembar yang berlokasi di Sumatera Utara, sampuren Simbilulu seperti terkepung di sebuah lembah kecil dan dikelilingi oleh rerimbunan pohon khas hutan tropis. Lantaran demikian, maka deburan airnya akan terpantul oleh tebing sehingga terdengar meskipun dari kejauhan.

Untuk sampai ke Simbilulu, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 15 menit dari pemukiman penduduk. Tidak perlu menggunakan jasa guide, sahabat travelingmedan cukup bertanya dan meminta petunjuk arah kepada warga lokal yang akan siap menjelaskan dengan sangat ramah.

Air terjun kembar ini adalah spot wisata alam paling sempurna yang dimiliki oleh Pakpak Bharat. Sebab kondisi lingkungan di seluruh kawasaan tersebut masih sangat terawat. Bahkan ketika menyusuri jalan setapak, pemandangan hutan dengan pepohonan besar menjadi daya tarik lain yang tentunya diidamkan oleh penikmat wisata alam.

1. Air Terjun Tertinggi di Pakpak Bharat

mbilulu waterfall is a nature destination in pakpak bharat regency
Jika ditarik dengan perhitungan garis lurus, maka tinggi air terjun Mbilulu mencapai 40 meter. Perlu dicatat bahwa selain bertipe kembar, air terjun ini juga unik karena bentuknya yang bertingkat-tingkat atau menyerupai undakan.

Hanya saja pemandangan air terjun bertingkat itu tak bisa terlihat dari bawah karena tertutupi oleh vegetasi pepohonan yang cukup padat.

Dengan kata lain, Simbilulu boleh dibilang sebagai air terjun tertinggi yang dimiliki oleh Pakpak Bharat.

2. Destinasi Alam yang Sempurna

air terjun lae mbilulu
image: gmaps/thecutewild
Sebenarnya cukup banyak air terjun di daerah Pakpak Bharat yang belum diketahui publik. Beberapa diantaranya yaitu air terjun Kuta Tinggi, sampuren 7 Tingkat dan Lae Une. Tetapi debitnya masih kalah dibandingkan tempat wisata di Tinada ini.

Oleh keindahan serta sarana dan prasarana yang tersedia, air terjun ini termasuk destinasi primadona yang paling ramai dikunjungi wisatawan. Selain dikabarkan oleh sederet media, pesonanya juga tersebar luas berkat promosi dari mulut ke mulut.

Fasilitas Lae Mbilulu

Walau tetap mempertahankan keindahan alamnya, tapi bukan berarti dinas pariwisata Pakpak Bharat abai akan fasilitas. Saat berkunjung, traveler dapat melihat beberapa amenitas pendukung yang sudah disediakan.

Fasilitas di air terjun ini cukup memadai, seperti tersedianya toilet, rumah pohon untuk sarana foto selfie dan pengaman pembatas tebing. Hanya saja, akses ke sana belum terlalu bagus sehingga perlu ditingkatkan lagi mengingat potensi yang dimiliki.

Pengunjung biasanya ramai pada Sabtu dan Minggu sedangkan di hari biasa tempat ini lumayan sepi. Nah, mengenai waktu kunjungan spot destinasi alam yang sempurna untuk aktivitas wisata air tersebut dibuka setiap hari dan tidak dipungut tiket atau biaya masuk.

Sebelum menengok Lae Mbilulu, ada baiknya mempersiapkan bekal baik makanan maupun minuman. Sebab di sana tidak ada warung sama sekali.

Lokasi

Air Terjun Lae Mbilulu terletak persis di Desa Buluh Tellang, Kecamatan Tinada, Kabupaten Pakpak Bharat, Sumatera Utara, Indonesia. Atau bisa dipantau lebih lengkap pada peta tersemat berikut:

.

Rute tercepat menuju lokasi tersebut jika diakses dari pusat kota Salak dapat melalui Jl. Karajoan kemudian lanjut lewat Jl. Lae Bincilin. Waktu perjalanan sekitar 24 jam dengan jarak tempuh kurang lebih 10,2 km

Jam buka Air Terjun Lae Mbilulu mengikuti jadwal operasional wisata di Pakpak Bharat lainnya. Dimana, secara garis besar dibuka pagi hari dari pukul 08.00 WIB dan kemudian akan ditutup pada pukul 17.00 WIB.

Menghabiskan 1 hari penuh di sini rasanya tidak akan bikin bosan, bahkan akan tertawan sangking indahnya pesona yang ditawarkan.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -