MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Tuing Indah: Akses Lokasi, Tiket Masuk & Aktivitas

Pantai Tuing Indah: Akses Lokasi, Tiket Masuk & Aktivitas
Add Comments
11/18/2021
Pantai Tuing Indah - Alamat: Mapur, Riau Silip, Kep. Bangka Belitung (Peta Lokasi) - Harga Tiket; Rp5.000 - Tarif Akomodasi: mulai dari Rp500k - Jam Buka: 06.30 s/d 18.00 WIB - Telepon: - Daya Tarik: Laut, Alam dan Hotel Akomodasi
Pantai Tuing merupakan objek wisata di Dusun Tuing, Desa Mapur, Bangka Belitung yang menawarkan suasana desa pesisir nan indah. Pantai ini mulai jaya sekaligus terkenal karena hanya memiliki kedalaman sekitar 1 meter dihitung dari bibir pantai hingga 15 meter ke arah laut lepas.

pantai tuing indah
Pantai yang berdekatan dengan Pulau Punggur ini dikelola penuh oleh Kelompok Tani Hutan Mapur Jaya Bersama (KTHMJ) sehingga lebih terawat dan hijau. Atas kontribusi mereka pula, Pantai Tuing Indah menjadi tujuan wisata favorit warga sejak awal tahun 2020.

Objek wisata ini cocok dikunjungi untuk melepas penat. Karena selain menikmati udara segar yang berhembus dari sela-sela pohon kelapa hijau, wisatawan bisa pula melihat pemandangan menarik berupa hamparan laut biru yang eksotik dan pas untuk latar foto.

Tiket Masuk

Sekiranya ingin merasakan sensasi liburan di Pantai Tuing Riau Silip, maka pengunjung perlu menyiapkan biaya retribusi. Namun, wisatawan tidak akan dipungut tarif yang terbilang mahal. Karena setiap orang dibebankan harga tiket masuk yang terjangkau.
Harga Tiket Masuk
Tiket NormalRp5.000
Biaya Tambahan
Biaya Pondok
Tarif Penginapan

Rp15.000
Mulai Rp500.000 - 900.000
Harga tiket tersebut dibebankan ke setiap pengunjung. Jadi jika datang ke tempat ini untuk menghabiskan waktu liburan keluarga, sebaiknya siapkan juga bajet untuk membeli tiket bagi anak-anak yang harganya sama seperti wisatawan dewasa.


Akses Lokasi Pantai Tuing

Tak perlu habiskan waktu perjalanan yang cukup panjang dari Pangkalpinang yaitu 72 kilometer atau 1,5 jam. Sementara bagi pengunjung yang mengaksesnya via Sungailiat akan jauh lebih dekat. Dalam 48 menit saja melalui rute Jl. Belinyu - Sungailiat, maka wisatawan sudah sampai di objek wisata yang bernama pantai Tuing.

Nah, alamat pantai ini berada persis di Dusun Tuing, Desa Mapur, Kecamatan Riau Silip, Kabupaten Bangka, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung. Aksesibilitas ke lokasi sudah mudah dicapai dengan kendaraan roda dua maupun empat. Mengenai rutenya, bisa lihat pada peta yang tercantum.


Aktivitas Wisata di Pantai Tuing

Pengelola di bawah naungan Kelompok Tani Hutan Mapur Jaya Bersama (THMJB) memang terus menata tempat ini sesuai konsep yang dikembangkan. Selain rutin mengadakan penanaman pohon kelapa, mereka juga menjaga seluruh areal pantai agar tetap bersih dan terawat.

Pantai Tuing Indah merupakan sebuah pantai yang ditata modern dengan berbagai fasilitas wisata yang siap menunjang kebutuhan pengunjung. Masih ada berbagai faktor lainnya yang membuat objek wisata di Belinyu ini terkenal sebagai destinasi pilihan.

Sebut saja aktivitas wisata yang sedari dulu sudah sangat diperhatikan pengelola. Hal itu juga berdampak pada popularitas pantai ini yang nyaris tak pernah sepi pengunjung. Karena setelah sampai di sini, akan ada banyak kegiatan seru yang wajib sekali untuk dicoba. Berikut diantaranya:

1. Berenang Bebas di Laut Dangkal

pantai tuing
salah satu aktivitas wisata favorit ialah berenang - image via: feni_ardiani/instagram
Tidak semua daerah pesisir memiliki ketinggian laut yang dangkal. Bahkan lebih banyak yang kedalamannya tidak terukur karena terus-menerus mengalami abrasi. Seperti kedalaman laut di  pantai tuing yang diketahui hanya setinggi 60 cm saja.

Dengan kedalaman air laut yang cukup dangkal dan rata, setiap pengunjung tentu aman untuk berenang tanpa rasa khawatir. Terutama ketika air laut sedang surut, wisatawan bahkan bisa bebas berenang sejauh 17 meter dari arah bibir pantai.

Terlebih lagi, beach guard yang menjaga seluruh areal pantai selalu berkeliling untuk mengawasi keamanan pantai. Jadi jika terjadi sesuatu, mereka akan langsung sigap bertindak. Sehingga anak-anak tidak perlu dibatasi jika meminta berenang.

2. Menikmati Pantai Eksotik

pantai tuing
keindahan pantai sajikan alam yang indah memesona - image via: instagram/fksxl__
Pantai Tuing Indah di Riau Silip tak hanya lekat dengan laut biru, tetapi keindahannya juga terpancar dari tempatnya yang indah dan tertata begitu asri. Mulai dari taman yang cantik hingga pohon-pohon kelapa yang berbaris rapi memancarkan pesona alam eksotik yang memanjakan mata.

Jika wisatawan berjalan ke arah penginapan, terdapat kursi-kursi panjang yang diselang-selingi hamparan bunga dan tumbuhan hijau yang menyegarkan mata. Sementara di arah utara, tersedia puluhan gazebo atau pondok yang atapnya dicat warna-warni.

Di gazebo tersebut, pengunjung bisa beristirahat sekaligus bersantai dengan nyaman. Tentu sangat menyenangkan bisa menikmati semilir angin yang berhembus dari arah laut ditemani pula pemandangan alam nan eksotik, sungguh tak terlupakan!

3. Bermalam di Penginapan

Demi menunjang kenyamanan, sudah ada hotel di Pantai Tuing Indah yang menyediakan akomodasi penginapan bagi para pelancong domestik maupun turis asal luar negeri. Karenanya, wisatawan bisa merasakan sensasi bermalam di daerah pesisir.

Dengan demikian, pengunjung tak lagi harus terburu-buru jika hendak berlibur ke objek wisata ini. Pun bagi wisatawan yang sedari dulu ingin merasakan suasana pantai di malam hari, bisa menemukan sensasi tersebut di objek wisata ini.

Tarif bermalam di penginapan pun tidaklah mahal karena bajet yang diperlukan hanya Rp500 ribuan per malam untuk weekdays, sedangkan saat weekend berlaku tarif Rp600 ribuan. Namun, ada juga kamar yang lebih mahal jika pengunjung membutuhkan akomodasi dengan fasilitas terbaik.

Jam Buka dan Fasilitas

Demi menggarap wisatawan domestik dan internasional, fasilitas di kawasan objek wisata ini turut jadi perhatian pengelola. Oleh karena itu, pengunjung akan mendapatkan liburan yang berkualitas sekaligus mengesankan. Fasilitas di Pantai Tuing Indah meliputi:

- Tempat parkir
- Mushola
- Toilet
- Gazebo
- Area kuliner
- Penginapan
- Spot foto

Bagi wisatawan umum, jam buka dimulai dari pukul 06.30 dan tutup menjelang malam pada pukul 18.00 WIB. Sedangkan areal penginapan dan hotel beroperasi selama 24 jam seperti akomodasi pada umumnya. Jam buka tersebut berlaku setiap hari. (image cover credit: uragapati via googlemaps)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -