MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Air Terjun Turbo, Ketika Alam Asahan Pamer Keindahan

Air Terjun Turbo, Ketika Alam Asahan Pamer Keindahan
Add Comments
12/14/2019
Membahas alam Asahan traveler pastinya sudah tak asing dengan Bendungan Sigura-Gura atau Jembatan Bedeng. Tapi selain pantai, masih ada lho destinasi keren terdekat di sekitaran kabupaten dan kota Tanjung Balai yang juga wajib dikunjungi yakni air terjun Turbo.

Air terjun Turbo atau Turunan Bolon adalah salah satu wisata alam dan air yang terletak di Lembah Asahan. Berlokasi di Desa Tomuan Holbung, Pasir Mandoge, objek ini menyimpan keindahan tersembunyi khas Sumatera Utara yang tak perlu diragukan pesonanya.

Perjalanan ke Lokasi 

air terjun turbo turunan bolon
turunan bolon is a waterfall located in mandoge asahan
Trekking ke air terjun Turbo bakal menjadi perjalanan yang tidak santai alias cukup melelahkan. Soalnya rute ke sana masih baru dan belum banyak diketahui traveler. Maka dari itu perlu tenaga ekstra dan persiapan matang baik dari segi stamina maupun perbekalan.

Jika ditempuh dari Kota Kisaran maka perlu melintasi jalan sepanjang 74 kilometer menggunakan transportasi roda dua atau empat selama 2 jam. Setibanya di desa Tomuan Holbung, traveler perlu berjalan kaki sekitar 15 menit untuk bisa sampai di lokasi.

Medan yang menanjak dan turunan merupakan daya tarik unik yang bakal dirasakan ketika bepergian ke air terjun Turunan Bolon. Lantaran aksesnya sendiri yang belum bisa disebut memadai maka pengunjung wajib berhati-hati agar tidak tergelincir.
Baca Juga: Air Terjun di Danau Toba
Untungnya, sama sekali tidak ada biaya yang perlu dikeluarkan oleh pengunjung. Tiket masuk bagi pelancong yang datang ke Air Terjun Turbo gratis hingga tulisan ini dipublikasikan oleh Traveling Medan.

Pesona Alam di Asahan yang Belum Terjamah

air terjun turbo mandoge asahan
air terjun turbo
Lantaran masih minus fasilitas, tempat ini tentu lebih terjaga keasriannya dibandingkan destinasi serupa lainnya. Yang menarik, objek tersebut sedikit bersebelahan dengan Air Terjun Jambuara Indah sehingga traveler dapat mengunjungi beberapa spot sekaligus.

Air terjun Turbo mencatatkan namanya sebagai salah satu air terjun dengan volume terbesar. Sedangkan ketinggian air yang debit jatuhnya dari punggung bebatuan mencapai 30 meter. Dibandingkan air terjun lain yang ada di Asahan yakni Ponot. Objek wisata alam ini memang kalah tinggi.

Diapit oleh tebing yang menjulang, undakan bebatuan cadas tampak mengisi sebagian besar kawasan air terjun Turunan Bolon. Dilihat dari bawah, tampak ratusan formasi pepohonan di atas tebing-tebing tersebut. Yap, pemandangan yang bisa traveler nikmati akan serba alami.

Kegiatan paling menarik di air terjun Turbo adalah berenang di tepi aliran sungai. Hanya saja traveler harus tetap waspada agar tidak terseret arusnya yang lumayan deras. Seraya melepas penat usai trekking cukup lama, berfoto atau selfie dengan background Turunan Bolon pasti sangat keren untuk dipamerkan di media sosial.

Hampir seluruh sudut sampuren ini menawarkan panorama memikat. Duduk di atas batu dan merasakan oksigen segar yang berhembus dari balik pepohonan tentu akan menstimulasi traveler untuk lebih rileks.

Alam Asahan memang selalu menyajikan pemandangan unik, keindahan yang terpancar dari setiap pesonanya akan memberikan ruang bagi penikmat alam sejati. Begitu juga dengan air terjun Turunan Bolon yang sangat layak dipamerkan.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -