MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Lima Destinasi Air Terjun di Danau Toba dengan View Indah dan Menyegarkan

Lima Destinasi Air Terjun di Danau Toba dengan View Indah dan Menyegarkan
Add Comments
Jumat, 06 Desember 2019
Sobat Traveling Medan pasti sedang ingin menghabiskan jatah liburan. Kalau pergi ke Danau Toba, rasanya tak harus menikmati wisata perairan tawar itu saja lho! Soalnya eksotika alam berupa air terjun di Danau Toba, pun menjadi destinasi yang menyenangkan.

Berpetualang ke objek wisata anti mainstream, yakni air terjun di seputaran Danau Toba adalah pengalaman luar biasa yang memberikan momen tak terlupakan. Apalagi masing-masing sampuren (air terjun) punya keunikan tersendiri. Seperti Situmurun, Lumban Rang, Simanimbo, Efrata, Sampuran Janji, Naisogop, Sigarattung hingga Sipiso-Piso.

Jumlah air terjun di kawasan geopark Danau Toba memang banyak, agar tidak bingung memilih lebih baik baca ulasan dari travelingmedan.com berikut yuk!

1. Air Terjun Situmurun

situmurun is a waterfall around lake toba located in tobasa regency
Untuk sampai di air terjun Situmurun atau Binangalom, pelancong wajib naik kapal nih. walaupun ada akses darat tapi lumayan jauh. Nah, perjalanan itu nggak bakal sia-sia kok lantaran Binangalom asli bikin segar. Plus pemandangan ciamik yang bikin betah. Yap, air terjun ini langsung jatuh ke permukaan danau toba sehingga paling populer baik turis luar negeri.

Sebenarnya bisa lho berenang di bawah air terjun Situmurun, hanya saja perlu ditemani oleh guide supaya lebih aman. Selain jeprat-jepret, di sini kamu juga bisa menyaksikan atraksi burung bangau yang sedang mencari ikan. Lucu dan menggemaskan tentunya.
Lokasi: Desa Jonggi Nihuta, Lumban Julu, Hatinggian, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara.

2. Air Terjun Lumban Rang

this is lumban rang waterfall, located in taman eden 100
Pernah ngupingin Taman Eden 100? itu lho kawasan eco-tourism terluas dan terbesar di Danau Toba. Jadi, di sana itu tidak hanya ada hutan tapi juga air terjun bernama Lumban Rang. Pasti asik banget kan untuk tempat melarikan diri dari hiruk pikuk perkotaan?

Lumban Rang merupakan air terjun yang memang debitnya nggak terlalu deras dan tinggi. Kendati demikian, Pesonanya itu selalu bikin terpana karena setelah lelah berkeliling mengelilingi ekowisata ini, tamu dapat jejeguran dan merilekskan tubuh di pemandian alam yang sejuk dan menyenangkan.
Lokasi: Sionggang Utara, Lumban Julu, Ps. Lumban Julu, Kabupaten Toba Samosir, Sumatera Utara 22386.

3. Sampuran Janji

air terjun janji tipang mas bakkara
Beralih ke seputaran wisata Humbang Hasundutan yang daratannya juga berbatasan dengan danau toba. Kita akan menemukan spot teranyar di sana yaitu Sampuran Janji yang merupakan tujuan wisata favorit bagi penikmat alam sekaligus sejarah budaya.

Air terjun janji merupakan objek wisata di kawasan Tipang Mas, kecamatan Bakkara yang dikenal sebagai sentra perjuangan Raja Sisingamangaraja. Yap, dahulu di tempat air terjun berada inilah sang Raja Batak membuat perjanjian dengan para panglima.

Lantaran sangat dianggap sebagai situs bersejarah, maka lokasinya sangatlah terawat. Jalan untuk ke area jatuhnya air ditata menawan dan modern. Nah, air sungai ini langsung mengalir juga ke danau toba lho. Jadi teman travelingmedan.com bisa menikmati 2 view sekaligus.
Lokasi: Tipang, Bakti Raja, Humbang Hasundutan, Sumatera Utara 22457

4. Air Terjun Efrata

efrata waterfall such an amazing destination in samosir regency
Beralih ke seputaran Penatapan Tele di Samosir, saat melanjutkan perjalanan ke Pangururan, kita bisa singgah sebentar di Sampuran Efrata. Tidak banyak yang tahu soal objek tersebut karena kemungkinan besar lebih fokus dengan Bukit Holbung kali ya? padahal view di sana tak kalah indah dan menawan.

Air Terjun Efrata merupakan destinasi alam yang menawarkan air terjun setinggi 15 meter. Keunikan Efrata ada pada warna airnya yang kerap berubah warna dan lebih sering seperti coca-cola. Pun, destinasi di Harian Boho tersebut sangat terawat dan salah satu andalan wisata samosir.
Lokasi: Sosor Dolok, Harian, Kabupaten Samosir, Sumatera Utara 22396.

5. Air Terjun Hadabuan Naisogop

hadabuan naisogop waterfall
Tiket masuk ke air terjun Hadabuan Nasiogop ini cuma Rp7.000 nih. Habis itu, kamu bisa sepuasnya menikmati desiran air jernih mengalir dari balik bebatuan. Sayangnya, perjalanan ke sana butuh stamina ekstra karena belum cukup memadai dan wajib menyusuri perbukitan di desa Sianjur.

Air terjun naisogop adalah pesona menawan di bawah kaki gunung pusuk buhit. Biasanya, para pendaki yang turun dari gunung di Samosir tersebut merehatkan diri di Naisogop. Selain percikan air yang layak untuk tempat jejeguran, keindahan alam sekitarnya tak boleh diabaikan. Nuansa hijau sangat terasa memanjakan penglihatan.
Lokasi: Sarimarrihit, Sianjur Mula Mula, Samosir, Sumatera Utara, 22396.
Selain 5 destinasi tersebut, masih ada beberapa spot yang sudah anyar terlebih dahulu yaitu Sipiso-Piso yang selama ini menjadi tujuan pertama turis mancanegara dan wisatawan domestik. Nah, kamu kapan nih mengelilingi keindahan itu dan menyaksikan panorama epiknya?

Memesonanya air terjun di danau toba yang sudah disebutkan di atas tentu akan menambah kesan manis ketika berlibur ke toba caldera. Misalnya kamu butuh guide atau pemandu wisata untuk berkeliling, yuk segera kontak traveling medan.