MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Danau Nibung - Lokasi, Tiket Masuk, Pesona Alam & Sejarah

Danau Nibung - Lokasi, Tiket Masuk, Pesona Alam & Sejarah
Add Comments
11/10/2021
Danau Nibung Mukomuko - Alamat: Bandar Ratu, Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Bengkulu (Peta Lokasi) - Harga Tiket Masuk: Rp5.000/orang - Jam Buka: 08.00 s/d 18.00 WIB - Telepon: - Atraksi: Alam, Kuliner & Swa-foto.
Danau Nibung adalah sebuah danau yang terletak di pulau Sumatera, Bengkulu, Indonesia. Sesuai data administratif, danau dengan luas kurang lebih 1.615 hektar ini berada di Desa Ujung Pandang, Kec. Kota Mukomuko, Kab. Muko Muko, Provinsi Bengkulu.

Selain menarik jika ditelisik dari sisi legenda dan sejarah, Danau Nibung memiliki panorama yang alami dan terawat. Karenanya, potensi tersebut sudah dilirik oleh Pemkab Mukomuko dengan mengucurkan anggaran biaya pengembangan yang cukup besar.

Posisi wisata Danau Nibung yang membentang di daerah dataran tinggi memang sangat layak dituju untuk rekreasi wisata alam. Terdapatnya pemukiman warga desa di tepian danau serta atraksi alam yang memesona, membuat daerah bertipe hutan rawa ini recommended untuk dikunjungi.

Harga Tiket Masuk

Seiring dengan penambahan fasilitas, penyediaan sarana/prasana serta mendukung pendapatan asli daerah (PAD), maka pihak pemerintah daerah menetapkan biaya masuk bagi setiap wisatawan yang berkunjung ke Danau Nibung sebesar Rp5.000/orang.
Harga Tiket Masuk Danau Nibung
Tiket UmumRp5.000
Sebelum direvitalisasi pemkab daerah, memang objek wisata ini terbuka untuk umum dan dapat dikunjungi secara gratis. Perubahan tersebut dicanangkan sejalan dengan rencana untuk menjadikan danau ini menjadi wisata alam prioritas.


Legenda Danau Nibung

Menurut cerita rakyat, asal-usul nama danau Nibung berasal dari sebuah legenda. Kisah singkatnya, tersebutlah seorang ibu yang tinggal bersama putranya yang diberi nama Nibung. Sang ibu meminta anak semata wayangnya untuk mencari tambatan hati.

Hingga pada akhirnya, nibung menemukan seorang gadis bernama Wulan Putri. Meski pada awalnya huhungan mereka tak direstui bapak Wulan Putri. Tapi berkat bantuan makhluk astral dari payau, hati sang ayah akhirnya luluh dan mengizinkan keduanya untuk menikah.

Malangnya, kehidupan mereka yang sempat bahagia setelah menikah justru berujung kesedihan. Wulan Putri dengan 5 orang putrinya malah menghembuskan napas terakhir. Merasa terpukul, nibung dengan berurai air mata, meminta kepada Sang Pencipta agar payau tersebut menjadi saksi cintanya terhadap istri beserta anak-anaknya. Tak lama kemudian, nibung pun menghilang.

Sejarah Danau Nibung

Jauh sebelum menjadi objek wisata, danau nibung adalah hutan rimba yang sempat terisolir. Pada masa itu, tak satu pun warga berani membuka pemukiman di sana. Rata-rata alasannya karena dianggap angker dan belum ada akses menuju lokasi danau.

Namun setelah terjadi gempa tsunami yang melanda pulau Sumatera pada 2007 silam, lambat-laun warga mulai berpikir ulang. Demi keselamatan, akhirnya mereka pindah ke kawasan danau tersebut. Apalagi setelah pemerintah membuka jalan raya untuk mendukung mobilitas warga.

Masyarakat Mukomuko yang semula bermukim di pesisir pantai kemudian pindah satu per satu ke area danau. Tak heran jika saat ini, sebagian wilayah pantai di danau telah berdiri bangunan permanen yang merupakan rumah warga mukomuko bagian pesisir.


Daya Tarik Danau Nibung

Danau Nibung bisa menjadi tujuan rekreasi yang menyenangkan untuk dikunjungi setiap akhir pekan. Karena selain menawarkan suasana tenang, nyaman dan suasana alam sekitar yang memesona, masih terdapat berbagai daya tarik lainnya yang dimiliki oleh destinasi alam ini.

1. Danau yang Memukau

image via: instagram/hardifeliex
Pesona alam yang terdapat di Danau  Nibung tentu menjadi daya tarik pertama. Pada dasarnya, danau bersuhu dingin yang jernih ini memang punya pemandangan cukup indah. Hal itu pula yang membuat danau berkedalaman hingga 12 meter ini sempat dijuluki destinasi wisata tersembunyi.

Danau yang juga menjadi kawasan hutan lindung ini memang berwarna hitam. Tetapi fenomena itu justru membuatnya terlihat unik dan memukau. Warna air tersebut sekaligus menghadirkan potret alam yang sangat memanjakan mata.

Uniknya lagi, warna air yang hitam di danau sama sekali tidak mengeluarkan bau. Karena demikian pula, namun perairan ini aman untuk direnangi. Hanya saja, ketika sedang berenang harus tetap siaga, sebab aspek keselamatan harus diprioritaskan.

2. Lingkungan Asri dan Tenang

danau nibung
danau dengan sajian alam yang menenangkan - image via: google.maps/makhfal nasirudin
Daya tarik berikutnya yang tersaji di danau ini tentu tak lepas dari keadaan lingkungan alamnya yang sangat tenang, bersih dan nyaman. Bagi wisatawan yang mendambakan ketenangan dan ingin menyepi dari hiruk-pikuk, tempat ini sangatlah direkomendasikan.

Seluruh warga desa yang bermukim di kawasan danau selalu menjaga kebersihan seluruh areal lokasi. Alhasil kawasan ini sangat lestari dan terhindar dari timbunan sampah. Pun para pengunjung selalu diharapkan untuk melakukan hal serupa. Kalau membawa kamera, setiap sudut danau layak dipilih untuk mengisi frame foto dan dijadikan layar background selfie maupun wefie.

Menenangkan diri di danau ini memang paling mengasikkan. Ditambah lagi dengan keberadaan fasilitas untuk bersantai seperti gazebo dan kursi-kursi yang menghadap ke danau. Duduk sembari menikmati alam di hadapan mata tentu sangat menenangkan, bukan?

3. Berwisata Kuliner

image via: googlemaps/bang pasisia
Tidaklah lengkap jika berlibur tetapi tidak berkesempatan mencicipi panganan lokal. Oleh sebab itu, salah satu aktivitas wisata yang tak boleh dilupakan adalah berburu kuliner Danau Nibung.

Lantaran letak danau yang secara geografis tak begitu jauh dari daerah pesisir Mukomuko, maka hasil tangkapan laut seperti ikan, kepiting dan udang banyak diolah serta dijual oleh para pedagang. Aa banyak pilihan warung yang menyediakan sajian seafood.

Setiap warung punya resep masakan tersendiri dan hampir semuanya lezat untuk bersantap siang maupun malam. Pemandangan ciamik dengan suasana yang sejuk dijamin akan membuat wisatawan tambah lapar. Rasanya tak cukup satu piring nasi untuk memenuhi perut yang kerocongan.

Fasilitas

Tak sedikit wisatawan menaruh kekhawatiran terhadap fasilitas wisata yang ada di danau nibung. Keraguan tersebut harus ditepiskan karena Pemkab sebagai pengelola sudah membenahi seluruh kawasan wisata di danau ini. Beberapa fasilitas yang sudah dibangun diantaranya:

- Gazebo
- Menara pandang
- Area kuliner
- Tempat parkir
- Pergola
- Kamar mandi/toilet

Kebutuhan dasar yang selalu diperluka pengunjung sudah benar-benar diperhatikan pengelola. Terlihat dari besarnya dana khusus yang dianggaran untuk penyediaan fasilitas wisata. Terpenuhinya sarana dan prasarana juga semakin melengkapi kenyamanan berlibur para pengunjung.

Lokasi Danau Nibung

Secara administratif, danau ini terletak di Desa Bandar Ratu, Kecamatan Kota Mukomuko, Kabupaten Mukomuko, Provinsi Bengkulu, Indonesia, 38714. Akses ke alamat tersebut tidak memakan waktu lama, hanya dalam kurun waktu 23 menit atau 14 km perjalanan maka sudah tiba di tempat tujuan.

Sayangnya, belum ada transportasi publik seperti angkutan umum maupun ojek yang menyediakan layanan transportasi ke sini. Sehingga para pengunjung harus membawa kendaraan mobil maupun motor pribadi. Tetapi tenang saja, perjalanan tidak akan bikin bosan karena setiap rute yang dilewati punya pemandangan epik.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -