MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Sidikalang Kota Dingin dan Simbol Kenikmatan Kopi di Dairi

Sidikalang Kota Dingin dan Simbol Kenikmatan Kopi di Dairi
Add Comments
Sabtu, 21 Desember 2019
Membahas kota kecil di Sumatera Utara maka kita akan terpaku dengan Sibolga. Padahal, masih ada lho beberapa kota kecil lainnya yang memiliki ciri khas tersendiri. Salah satunya adalah Sidikalang. Tatkala berada di sana, udara dingin akan menyergap sekujur tubuh. Tapi tenang, ada kopi Dairi yang siap menghangatkan.

Sidikalang dan Dairi ibarat dua mata koin yang nggak bisa dipisahkan. Pasalnya, Sidikalang merupakan ibukota dari kabupaten Dairi. Selain anyar dengan buah durian. Terdapat banyak hal dan fakta menarik yang bisa dijumpai di Tanoh Pakpak tersebut.

Berikut travelingmedan.com ulas beberapa di antaranya untuk traveler!
garden of faith in sidikalang

Kopi Sidikalang

Sidikalang merupakan kota dingin yang lekat dengan simbol kopi. Bahkan, komoditas kopi dari tempat ini sudah melalang buana sampai ke luar negeri lho. Penikmat kopi pasti tahu betul bagaimana cita rasa dan aromanya. Sungguh amat menggoda!

Sangking populernya, produk pertanian Dairi itu bahkan terangkai dalam nada lagu Pakpak berjudul "O Kopi Sidikalang". Saat ini, sudah banyak toko dan industri rumahan yang memproduksi bubuk kopi. Tatkala singgah ke kota kecil itu, maka tidaklah sulit menemukannya.
sidikalang coffee

Durian Sidikalang

Bohong besar kalau sobat Traveling Medan mengaku pecinta durian tapi tidak tahu Durian Sidikalang!. Buah ini banyak diboyong ke kota besar, termasuk ke Medan. Sebab, kenikmatan durian dari daerah ini memang tiada duanya.

Ngulik lebih detail, durian Sidikalang sebenarnya berasal dari daerah kecamatan di Dairi yaitu Tigalingga dan Parongil. Tapi karena nama ibukota lebih populer, jadinya orang-orang lebih ngeh dengan sebutan Durian Sidikalang.

Yap, boleh dibilang kalau durian dan kopi adalah simbol dari Kabupaten Dairi.

Taman Iman, Ikon Pariwisata

Kalau ditanya soal ikon pariwisata, maka Taman Wisata Iman adalah destinasi terbaik selain Silalahi dan Paropo. Yap, Taman Wisata Iman memang sangat fenomenal dan kekinian. Sebagai destinasi religi yang merangkul 5 agama di Indonesia, taman ini sangat epik dan seisinya dipenuhi berbagai situs religi.

Intinya nih, objek wisata Taman Iman menjadi gambaran bagaimana rukunnya kehidupan masyarakat Dairi. Meski berbeda suku etnis dan kepercayaan, tapi mereka tetap akur sepanjang waktu. Keren banget kan? sangat melambangkan Bhinneka Tunggal Ika.
one of the most iconic building in sidikalang
Owh iya, belum lagi kalau jalan-jalan ke kecamatannya nih. Bakal banyak banget tempat yang oke punya untuk dieksplor. Danau Kempawa misalnya, salah satu danau di Dairi yang sedikit tersembunyi letaknya.

Perjalanan ke Sidikalang

Satu-satunya akses menuju Sidikalang dari Medan adalah jalur darat. Bisa menggunakan transportasi publik berupa bus seperti Damri atau Datra. Ke sana butuh waktu sekitar 4-5 jam. Kecuali macet di Lau Pondom atau titik lainnya ya dipastikan bakal lebih lama.

Nah, daerah pertama yang bakal dilewati yakni Sumbul. Kecamatan ini garda depannya Kabupaten Dairi. Kalau Sumbul paling dekat, maka Tigalingga dan Tanah Pinem paling jauh. Yap, kedua kecamatan itu bersebelahan dengan Kabupaten Karo dan Aceh.

Walau kota kecil, tapi jangan kaget kalau di Sidikalang terdapat penginapan hotel. Sebut saja Hotel Berristera dan Hotel Dairi yang mengakomodasi kebutuhan bermalam para traveller sekalian. Misal mau kulineran, ada kok tempat khususnya yakni Pujasera atau pusat jajanan sejuta rasa yang terletak di Jalan Sisingamangaraja.

Biar lebih afdol, tonton video rangkuman destinasi wisata berikut yuk!