MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Lubuak Paraku: Wisata Pemandian Alam di Lubuk Kilangan

Lubuak Paraku: Wisata Pemandian Alam di Lubuk Kilangan
Add Comments
9/05/2020
Tanpa dipoles pun, Lubuk Kilangan jelas dikenal sebagai daerah sejuk dan bersih di seantero Kota Padang. Selain hutan, salah satu sungai di lingkungan kecamatan ini sering juga disambangi warga luar untuk berwisata, nama objek pemandian alamnya yakni Lubuak Paraku.

Lubuak Paraku adalah objek wisata pemandian alam terletak di jalan Selayo, tepatnya di Desa Indarung, Lubuk Kilangan, Sumatera Barat. Desa ini hanya terpaut 12 kilometer dari arah Padang yang dapat dicapai dengan lama perjalanan tak lebih dari 23 menit. Letaknya yang dekat dari Semen Padang ikut memudahkan

Pemandian sungai Lubuak Paraku sudah menjadi tempat rekreasi alam sejak 1890-an. Bagi pelancong, air tanpa polusi yang jernih kebiruan merupakan sensasi tersendiri. Pada dasarnya, objek wisata yang ada di Lubuk Kilangan ini menawarkan tiga atraksi utama yaitu pemandian alam dengan air sungai jernih, spot memancing ikan dan pemandangan habitat capung dan kupu-kupu.
lubuak paraku
Lokasi: Lubuak Paraku - Gambar: @beyubaystory
Agar perjalananmu lebih menyenangkan, Travelingmedan.com telah merangkum hal menarik yang akan ditemukan di Lubuak Paraku. Yuk simak saja ulasan lengkapnya di bawah ini.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati wisata alam yang sering digunakan untuk mandi balimau oleh orang Padang ini, kita perlu membayar tiket masuk Rp5.000. Selain itu, tidak ada pengeluaran lain karena biaya parkir kendaraan digratiskan pengelola.

Lokasinya mudah dijangkau karena Kelurahan Indrarung di mana Lubuak Paraku berada sudah terdaftar di Google Map. Ada beberapa angkutan umum yang rutenya langsung melayani trayek ke alamat tersebut. Sebagai alternatif ambil saja bus lintas Kota Solok - Padang. Jadi tak perlu ambil pusing soal transportasi.

Apa Saja yang ada di Lubuak Paraku?


1. Wisata Pemandian Alam Lubuk Kilangan
Saat kamu berwisata ke wisata alam di Lubuk Kilangan bersamaan dengan terbitnya matahari. Kamu akan mendapati pemandangan alami yang menunjukkan keasrian tempatnya, yaitu kabut putih yang mengepul dari sungai dan menutupi permukaan air.

Pagi hari, suasana pemandian alam Lubuk Kilangan ini masih sepi, hanya ada beberapa warga Kelurahan Indrarung yang sibuk mengambil air dan mencuci pakaian. Sungai ini memang digunakan warga untuk keperluan sehari-hari. Selain itu, dimanfaatkan Semen Padang juga sebagai pembangkit listrik.

Kolam birunya berada di sisi sungai, letaknya sedikit tertutupi batu-batu berukuran besar. Konon, bebatuan tersebut dahulu mengisi seluruh bantaran sungai. Namun jumlahnya berkurang dratis sejak diambil oleh Pemko Padang. Dampaknya justru bagus, jadi kolam biru yang ada di sana semakin meluas.

2. Habitat Capung dan Kupu-kupu
Kawasan wisata Lubuak Paraku yang sangat alami ini merupakan tempat tinggal bagi ratusan kupu-kupu dan capung. Keberadaan habitat seolah membuktikan bahwa sungai yang mengalir di Desa Indrarung ini terjaga baik dari polusi lingkungan dan udara.
Baca Juga: Mifan Waterpark Padang Panjang
Jika sedang beruntung, pengunjung bisa memotret kedua hewan lucu yang selalu dijadikan standar untuk mengidentifikasi tingkat keasrian di suatu lingkungan tersebut. Tak sedikit juga yang mendatangi tempat ini karena tertarik melihat pemandangan capung dan kupu-kupu yang bebas berkeliaran.
lubuk paraku
Lokasi: wisata di Lubuk Kilangan - Image: @wiky_imay23
3. Memancing Ikan di Sungai Lubuak Paraku
Sungai Lubuak Paraku sendiri merupakan lubuk yang banyak ikannya. Mulai dari hulu hingga hilir sungai, terdapat beberapa area khusus bagi wisatawan yang ingin memancing ikan. Penduduk setempat sering juga menangkap ikan air tawar seperti ikan mungkuih (tor tambroides) dan gariang (Gobiidae).

Seluruh kawasan ini, termasuk sumber daya alam yang ada di dalamnya masih bagian dari Taman Hutan Raya Bung Hatta. Karenanya, lingkungannya benar-benar terjaga. Kendati demikian, ikan-ikan tersebut bisa dipancing oleh pengunjung.

Fasilitas di kawasan wisata Sungai Lubuak Paraku tidak terlalu lengkap, tetapi sudah ada ruang ganti pakaian, spot bersantai. Letaknya yang dekat dari pemukiman warga akan memudahkan pengunjung mencari cemilan atau makanan.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -