MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Linau - Tempat Menikmati Gurita Laut di Pelabuhan Bintuhan

Pantai Linau - Tempat Menikmati Gurita Laut di Pelabuhan Bintuhan
Add Comments
9/13/2020
Pantai Linau merupakan pantai pertama yang akan ditemukan di Kabupaten Kaur saat melintas dari Pelabuhan Bintuhan - jalan Lintas Barat Sumatera. Terletak tepat di Desa Maje yang menjadi lajur antar provinsi, objek wisata ini sangat mudah dijangkau karena dekat dari jalan raya.

Nama Pantai Linau, tidaklah asing lagi bagi warga Kaur. Tempat ini selain dikenal akan pasir pantai hitam dengan air jernihnya, didapati juga atraksi wisata kuliner unik, yaitu menangkap gurita menggunakan alat tradisional untuk kemudian diolah jadi sate.

Saat berkunjung ke Pantai Linau, liukan pasir putih dan hitamnya adalah tempat bermain yang asyik. Kita seolah berada di salah satu pantai terindah Indonesia dengan kombinasi atraksi unik yang selama ini luput dari perhatian wisatawan nusantara.

Harga Tiket Masuk Pantai Linau

Tentu akan ada tiket masuk bagi wisatawan yang hendak mendatangi pantai ini. Namun, nominalnya tidak akan bikin rugi. Dengan lima ribu rupiah saja, kamu sudah bisa menyusuri pantai, berjalan-jalan ke Pelabuhan Laut Linai Bintuhan, bermain air dan berenang di sesuka hati.
Tiket Masuk Pantai Linau 2020
Tiket normal Rp5.000/pengunjung
Kaget kan dengan harga tiket masuknya yang murah tersebut? Bila hendak mengisi perut dengan kuliner khas Kabupaten Kaur, sate guritanya per porsi dibanderol harga sekitar Rp20.000-an. Umumnya pengunjung asal kota Bengkulu tak akan melewatkan sate gurita ini. Kamu wajib coba juga ya.

Lokasi

Perjalanan menuju Pantai Linau Bengkulu memang agak melelahkan. Lokasinya ada di Desa Linau, Kecamatan Maje, Kabupaten Kaur, Provinsi Bengkulu. Dari ibukota bisa sampai 5 jam dengan rute tercepat sepanjang 221 kilometer saat lalu lintas sedang normal.



Agak lama juga ya? Mungkin itu juga sih yang jadi alasan wisatawan agak enggan ke sini. Tetapi bagi muda-mudi Kab. Kaur sekitarnya, pantai di dekat Pelabuhan Bintuhan ini menjadi spot nongkrong nan Instagramable yang ramai setiap harinya.

Aktivitas dan Daya Tarik

Lantas, apa saja yang menarik dan kegiatan wisata bagaimana bisa dilakukan di sana? Check this out!

1. Menikmati pantai bersih tanpa sampah

pantai linau bengkulu
pantai linau adalah objek wisata andalan kabupaten kaur - image @adi.tenardi/instagram
Teluk di Desa Linau yang menjadi Pantai Linau ini memang natural bersihnya. Sama sekali tak akan dijumpai sampah yang mengganggu pemandangan. Bahkan dari pintu masuk hingga ke bibir pantai, dataran landainya hanya ditutupi oleh pasir.

Penampakan pantai yang bersih di Kaur ini tentu saja membuat setiap pengunjung rileks dan meninggalkan kesan mendalam. Secercah keindahan yang ditampilkan seolah menambah daya magis pantai dengan lingkungan bersih tersebut. Semua terasa adem dan menyejukkan.

Sebidang pasir lapang di pantai dekat Pelabuhan Bintuhan yang menjadi halaman dapat dipakai untuk membiarkan pikiran beristirahat sejenak. Terdapat juga batu balok persegi empat untuk tempat duduk. Hanya saja, sering kali hewan ternak milik warga berkeliaran di beberapa sudut pantai.

2. Menangkap dan menyantap sate gurita

pantai linau
sate gurita kaur
Hal lain yang membuat berbeda dari Pantai Linau adalah ikan guritanya.

Gubug-gubung warung makan sederhana di sini, menyediakan makanan spesial Kabupaten Kaur, sate gurita namanya. Saat teman Travelingmedan berkunjung, kalian bisa mengikuti aksi nelayan yang menangkap ikan gurita. Ketika sudah puas dengan hasil tangkapan, pemilik warung lah yang akan memasakkannya.

Kuliner gurita juga turut memperkuat destinasi wisata pantai Linau Kaur. Tempat ini menjadi spot berburu makanan bagi warga maupun wisatawan pendatang. Sembari mengunyah lezatnya sate, kita bisa melihat kesibukan sekelompok nelayan. ada yang mengangkut ikan, membersihkan perahu hingga mengayuh kapal ke pelabuhan Bintuhan.

3. Berenang di tepian pantai

pantai linau
image @vobipranata
Letaknya yang berada di teluk membuat pantai ini memiliki sedikit ombak sehingga aktivitas berenang aman untuk dilakukan. Bila tertarik untuk melihat betapa indahnya pemandangan bawah laut, sepertinya kamu harus menyewa perahu motor.

Perahu motor yang ditumpangi akan membawamu ke titik snorkeling. Tetapi pesona bawah lautnya tak sama seperti Pulau Bunta karena sebagian kawasan ini sudah digunakan sebagai area Pelabuhan Bintuhan yang sedikit banyak memengaruhi kondisi terumbu karang.

Mengunjungi Pantai Linau ibarat melakukan perjalanan di markah kecil dari Kabupaten Kaur. Semua dapat disaksikan sekaligus, seperti pelabuhan yang difungsikan untuk transportasi, pantai bersih dan biru hingga mencicipi gurita yang maknyus di lidah.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -