MASIGNASUKA101
7168738000188950837

12 Tempat Wisata di Bangka Tengah Terbaru & Terkini

12 Tempat Wisata di Bangka Tengah Terbaru & Terkini
Add Comments
10/20/2020
Bangka Tengah adalah salah satu kabupaten di Kepulauan Bangka Belitung dengan atmosfer tropis serta bertemperatur udara campuran. Selain dikenal lewat jargon Negeri Selawang Segantang, Bangka Tengah memiliki banyak tempat wisata sebagai jujugan berlibur akhir tahun yang sering dikunjungi. 

Apa teman travelingmedan sebelumnya sudah pernah berkunjung ke tempat wisata di Bangka Tengah? Jika belum, yuk habiskan cuti panjangmu dengan berlibur di Bangka Tengah saja. Kabupaten dengan kota Koba ini recommended didatangi karena lokasi setiap destinasinya masih seperti permata tersembunyi.

Bukan cuma sebatas alternatif, sejumlah wisata Bangka Tengah bisa menjadi tujuan liburan utama kamu kok. Mulai dari keindahan alam menakjubkan hingga pulau dengan pantai nan indah dapat dipilih sesuai minat. Meski musim libur panjang seperti tahun baru atau jadwal biasa, harga tiket masuknya pun tak sampai bikin kantong jebol.

Jika demikian, simak saja 12 tempat wisata di Bangka Tengah ini dan ketahui juga deskripsi beserta daya tarik dari masing-masing lokasi yang kami cantumkan pada daftar berikut.

1. Area Pantai Sumur Tujuh Koba

Tempat Wisata di Bangka Tengah Terbaru & Terkini
pantai di bangka tengah koba - image via instagram/sulastri_tree
Pantai Sumur Tujuh Koba adalah area objek wisata di Bangka Tengah terpopuler. Berjarak 2,4 kilometer dari Kota Koba, pantai ini telah dipugar karena di dalam kawasan tersebut terdapat balong yang dahulunya merupakan bekas peninggalan Jepang.

Tempat wisata ini diketahui menjadi sangat ramai sejak mulai dibuka oleh Pemkab Bangka Tengah sekitar tahun 2019. Akses ke pantai dekat kota Koba ini sendiri memang sangatlah mudah, 5 menit saja berkendara melalui jalan raya dari arah pusat kota saja sudah tiba di lokasi.

Kenapa harus ke area pantai wisata Bangka Tengah ini? Sebab kamu selain bisa menengok laut hijau yang terkadang berwarna biru. Bisa pula melihat ketujuh sumur yang tertanam dalam pasir. Nah, konon sumur itu digunakan Jepang untuk membuat garam.
Alamat: Desa Padang Mulia, Kecamatan Koba, Bangka Belitung - lihat peta di sini
Tiket Masuk: Rp10.000 per orang
Jam Buka: 08.00 WIB - Tutup

2. Air Terjun Sadap

wisata air terjun bangka tengah
image via instagram/jakrisman
Jujur saja, untuk menuju air terjun yang di Bangka Tengah ini sedikit banyak agak sukar. Jalan ke Air Terjun Sadap memang cuma 75 kilo lewat Kota Pangkal Pinang. Tetapi tempatnya agak terpencil sehingga lebih direkomendasikan bagi anak muda.

Air Terjun Sadap sendiri merupakan wisata alam di lingkaran Bukit Pading yang sekelilingnya banyak bekas pertambangan. Jadi sewaktu pergi ke sana, pemandangan ceruk menyerupai danau kecil dan hutan lebat akan senantiasa menawarkan pemandangan serba menyejukkan kalbu.

Berada di wisata Bangka Belitung bagian tengah, kamu tentu dapat refreshing dengan berenang. Air terjun berketinggian maksimal 8 meter dan lebar 3 meter ini sangat sejuk lantaran berasal dari puncak Bukit Pading. Kalau kamu berminat mengekplor wisata tersembunyi, masukkan destinasi ini dalam bucket list ya.
Lokasi: Dusun Sadap, Desa Perlang, Kab. Bangka Tengah, - peta wisata di sini
HTM: Rp5.000/pengunjung
Jam Operasional: 24 jam

3. Pantai Tanjung Langka

image via risky pratama/googlemap
Pantai eksotis pertama yang akan kalian jumpai di Bangka Tengah yaitu Pantai Tanjung Langka. Di sini, bentuk pasir halusnya yang putih kekuningan seru untuk bermain pasir. Ada 2 pemandangan yang akan didapat di Tanjung Langka yaitu batu karang yang menyebul di pesisir pantainya serta keelokan matahari tenggelam.

Karena itulah, pantai yang berada di kawasan PT. Kobatin ini sering dimanfaatkan oleh fotografer yang memotret client untuk gambar prewedding. Langit dan air kebiruan yang ditampilkan oleh Pantai Tanjung Langka Koba tak ada duanya, sangat sesuai untuk foto romantis.
Alamat: Desa Padang Mulia, Kec. Koba, Bangka Tengah
Jam Buka: 24 jam penuh
Tiket Masuk: Gratis

4. Danau Kaolin

wisata bangka tengah
danau kaolin image via putra kasatria/googlemap
Dari sekian banyak destinasi di Bangka Tengah, satu tempat yang membuat traveler lokal daerah maupun turis asal mancanegara, sudi melancong dari jauh yaitu karena ingin menikmati wisata danau biru yang terletak di pedalaman Desa Nibung.

Danau yang oleh warga sering juga disebut dengan Kolong Biru Nibung ini menjadi destinasi favorit turis luar. Pesonanya hampir sama seperti danau lainnya di Bangka. Tetapi danau ini justru merupakan bekas galian pertambangan timah terbuka pada 1771 silam yang menyisakan ceruk lebar berisikan genangan air berkilau biru.

Siapa pun itu pasti familiar dengan objek wisata Bangka Tengah dan Selatan yang merupakan bekas galian tambang tersebut. Danau Kolong Biru yang sampai sekarang menjadi destinasi publik ini, juga menebarkan pesonanya lewat endapan mineral berwarna putih yang mengisi sekeliling tepian danau.
Lokasi: Desa Nibung, Kecamatan Bangte, Bangka Belitung - lihat map di sini
Tiket Masuk: Gratis - Parkir Rp2.000 s/d Rp5.000 per unit
Jam Buka: Satu hari penuh

5. Pulau Ketawai

wisata bangka tengah
image via atika pm/googlemap
Jalan-jalan di Bangka Tengah tentu tak lengkap kalau tak berlayar sebentar ke pulau sekitarnya. Ya, kabupaten ini memiliki sebuah pulau andalan yang indah dan menawarkan aktivitas wisata air di dalamnya. Di mana lagi kalau bukan Pulau Ketawai.

Pulau Ketawai memiliki fasilitas mumpuni yang dilengkapi dengan area snorkeling dan scuba diving. Sebab itu di sini, kamu akan sangat puas berlibur melakukan bermacam kegiatan seperti bermain air, merasakan hempasan ombak serta menikmati panorama bawah laut Bangka yang rupawan.

Pantai di Pulau Ketawai dipadati oleh beberapa homestay bergaya tropis. Wisatawan yang ingin bermalam dapat menyewa penginapan homestay tersebut. Seandainya kamu mau menghemat budgeting, di sini diizinkan juga mendirikan tenda.
Lokasi: Desa Kurau, Koba, Bangka Tengah, Kep. Bangka Belitung
Biaya: Mulai dari Rp450.000
Jam Operasional: Buka 24 jam

6. Hutan Pelawan Naman

tempat wisata di bangka tengah
hutan pelawan - image via @n.lastarika
Lokasi paling menawan selanjutnya adalah Ekowisata Hutan Pelawang Naman. Kebun raya dengan kawasan hutan wisata seluas 47 hektar ini menjadi sentral pengembangan pohon kayu merah, pusat pelestarian aneka ragam jenis hayati, gurun dan danau pelawan sekaligus peternakan lebah hutan alami.

Dalam tour singkat di Hutan Pelawang Naman, wisatawan selalu disajikan berbagai keunikan dari tumbuhan bernama latin Tristaniopsis merguensis tersebut. Wisatawan yang sedang beruntung dapat pula ikut memanen madu lebah yang ternyata mampu menjaga imunitas tubuh.

Hutan wisata yang mempunyai luas 330 hektar ini telah diperhatikan khusus oleh stake holder yaitu Pemkab Bangka Tengah dan pengelola. Guna memudahkan pengunjung menyusuri hutan lebat tersebut disediakan jalur trekking, gazebo dan menara pandang.
Alamat: Kecamatan Namang, Kabupaten Banteng, Babel
HTM: Rp45.000 per orang
Jam Buka: 09.00 - tutup

7. Kampung Pelangi Kurau

destinasi wisata di bangka tengah
image via negerilaskarpelangi.com
Khusus di daerah kecamatan Koba, tersimpan beberapa objek wisata instagenic. Paling baru adalah kampung warna-warni atau kampung pelangi Kurau. Letaknya bersebelahan dengan dermaga kapal sehingga sangat mencolok tatkala dilintasi.

Kampung Pelangi dikembangkan oleh sekumpulan mahasiswa dari Univ. Bangka Belitung yang sedang melaksanakan KKN di Desa Kurau. Kampung nelayan ini dapat disinggahi wisatawan baik sebelum maupun sesudah dari Pulau Ketawai.

Rumah para nelayan, jalan dan jembatan yang ada di Desa Kurau sengaja dicat mahasiswa dengan beragam warna sehingga terlihat semarak dan instagenik. Mantapnya lagi nih, semua keindahan itu dapat dinikmati tanpa sepeserpun biaya.

8. Pulau Gusung Asam

wisata di bangka tengah
image via gilang maulana
Jika kamu pernah ke Maldive atau melihatnya di video, pasti terpukau dengan pesona pulau yang kosong melompong dan hanya dipadati oleh pasir saja, kan? Di Bangka Tengah, terdapat Pulau Gusung Asam yang memiliki pemandangan serupa lho!

Letak pulau ini berada di sebelah barat pulau Ketawai. Jika kamu mengambil program trip ke pulau di Bangkat Tengah itu, biasanya sudah termasuk hoping island ke Gusung Asam.

Akses ke pulau Gusung Asam dapat dijangkau kurang lebih selama 40 menit dari dermaga Kurau Timur. Kami menyarankan kamu untuk liburan bersama teman-teman agar biaya sewa kapal dan perahunya bisa lebih murah.

9. Taman Hijau Kota Koba

tempat wisata di bangka tengah
taman hijau kota koba - image via insane zon
Demi menyediakan ruang terbuka hijau (RTH) bagi masyarakat dan wisatawan, hampir semua kabupaten dan kota di Provinsi Bangka Belitung membangun fasilitas taman bermain dan ruang interaksi. Koba juga memiliki 2 taman asri yaitu Taman Hijau dan Taman Bundaran Ikan.

Namun, Taman Hijau Koba adalah taman terbesar di Bangka Tengah. Warga sering memanfaatkan lokasinya untuk hang out dan nongkrong pada sore hari. Sewaktu pagi, banyak pula yang memanfaatkannya untuk jogging dan berjemur di bawah terik matahari.

Tempat ini juga menjadi pusat perayaan kabupaten seperti libur nasional atau perayaan hari-hari besar lainnya. Baik fasilitas maupun kapasitasnya memang sangat memadai. Dikutip dari babelreview.co.id taman Hijau Kota Koba menjadi titik pengamatan gerhana matahari.
Lokasi: Jalan By Pass, Kota Koba 
Jam Operasional: Dua puluh empat jam

10. Bukit Pading

tempat wisata di bangka tengah
image via eed greeng/googlemap
Masih ada destinasi wisata bukit dan air terjun Pading di Bangka Tengah yang seru untuk kamu jelajahi. Berada di Dusun c2 Lubuk Pabrik, pastikan untuk mengisi energi terlebih dahulu sebelum mendaki ke puncak bukitnya. Percaya deh, kamu nggak akan kapok ke sini karena sangat natural.

Setibanya di tujuan utama, kamu akan disuguhkan panorama dari ketinggian bukit Pading. Jangan langsung pulang, karena di lereng gunung kecil ini ada air terjun yang menyita banyak perhatian. Kejernihan dan kesegaran air terjunnya pas banget mengusir rasa capai.

Kolam alami di bagian bawah air terjun biasa digunakan berendam oleh pengunjung. Walaupun ukuran kolam yang dikelilingi bebatuan cadas tersebut tak begitu luas, tetapi kalian bisa bermain sembari menyegarkan badan sepuasnya.
Alamat: Kelurahan C2, Lubuk Lingkuk, Kecamatan Lubuk Besar
Tiket Masuk: Rp7.000

11. Mangrove Munjang

wisata bangka tengah
image via medi kurniawan
Mangrove Munjang adalah permata tersembunyi di Desa Kurau Barat Bangka Belitung yang layak kamu susuri. Sebagai destinasi hutan mangrove yang populer dikunjungi, pengelola tawarkan beberapa aktivitas eco-tourism seperti berkeliling sungai dengan perahu mesin dan mengikuti eduwisata.

Aktivitas di Mangrove Munjang tidak hanya identik dengan kegiatan wisata pendidikan lho! Kamu punya kesempatan menyaksikan sekelompok primata di sana. Sebagai gambar kenang-kenangan, pengelola membuatkan backdrop swafoto yang keren.
Lokasi: Desa Kurau Barat, Kecamatan Koba
Jam Buka: 08.00 s/d 17.00
Tiket: Rp10.000

12. Pulau Pelepas

wisata pulau bangka tengah
image via https:instagram.com/brynlph
Pulau paling selatan Bangka Tengah ini memiliki wilayah kecil. Namun, semua pesona alam bawah laut dan topografi daratannya menjadi primadona berlibur. Alhasil lokasinya sangat sering dikunjungi oleh mereka yang hobi berwisata bahari maupun sejarah.

Kunjungan ke Pulau di Bangka Tengah tak boleh kamu lewatkan. Sebab daratan kecil ini masuk dalam kategori destinasi paling sering dikunjungi. Dikatakan demikian karena ratusan wisatawan setiap bulan selalu menghabiskan waktu kemari.

Di wisata pulau Bangka ini kamu bisa naik ke sebuah mercusuar yang konon katanya dibangun pada masa Belanda. Mercusuar setinggi 70 meter dari atas permukaan laut tersebut menyajikan pemandangan laut menakjukan.

Itulah dia 12 tempat wisata di Bangka Tengah yang terkini dan terbaru. Kalian bisa menambahkan destinasi atau objek wisata menarik lain ke dalam daftar di atas seandainya ingin berlibur lebih lama di Bangka Belitung.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -