MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Wisata Punti Kayu Palembang 2021 - Rute Lokasi, Tiket Masuk dan Pesonanya

Wisata Punti Kayu Palembang 2021 - Rute Lokasi, Tiket Masuk dan Pesonanya
Add Comments
11/16/2020
Info Punti Kayu - Jam Buka: 08:00 - 17.00 - Alamat: Jalan Kol. Burlian Km. 6,5, Karya Baru, Alang Alang Lebar, Karya Baru, Kec. Alang-Alang Lebar, Kota Palembang 30961 ( Peta ) Harga Tiket Masuk: Mulai Rp10.000> - Pesona Wisata: Panorama dan Wahana

Tak terasa 1.337 tahun sudah Palembang berdiri. Selama itu pula kota ini terus membuka lahan produktif. Sehingga mengurangi lahan hijau natural yang merupakan sumber utama oksigen. Untuk mengurangi dampaknya di kemudian hari, pemerintah berinisiatif membangun Taman Wisata Alam Punti Kayu.

punti kayu palembang

Punti Kayu yang berlokasi di jalan Kol. Burlian, Palembang adalah sebuah hutan wisata kota terluas ke-dua di dunia. Selain menjadi pemasok oksigen terbesar bagi warga Sumsel. Taman Wisata Alam atau TWA yang dibuka untuk publik tersebut jadi alternatif liburan akhir pekan yang rekomended.

Objek di Taman Wisata Punti Kayu Palembang terdiri dari beberapa pilihan. Namun sekarang, yang masih menjadi kesukaan warga adalah waterpark, koleksi tanaman hijau, kolam dan pra-sarana rekreasi yang pesonanya terus diupate mengikuti tren setiap tahun.

Jam Buka Punti Kayu 2021

Kunjungan ke Punti Kayu Palembang dapat dilakukan setiap hari. Soalnya, jam buka taman wisata alam ini berlangsung selama sepekan penuh. Pengunjung dapat menikmati kawasan seluas 50 HA ini mulai hari senin sampai minggu. Lihat jam buka tutup selengkapnya pada tabel berikut.
Jam Buka Punti Kayu Palembang
Weekday (Senin-Jumat)08.00 - 16.00
Weekend (Sabtu-Minggu)08.00 - 17.00

Selain jam buka/tutup di atas, masih ada beberapa hal yang wajib diperhatikan agar bisa masuk ke dalam Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini. Paling utama adalah wajib patuh terhadap standar protokoler pariwisata. Seperti memakai masker, lolos cek suhu tubuh dan selalu membawa hand sanitiser.

Syarat di atas berlaku bagi semua pendatang tanpa terkecuali. Baik dari segi umur, status dan spot yang akan disambangi. Entah itu area Ruang Terbuka Hijau, Taman Bermain maupun Waterpark. Sebagai informasi tambahan, waktu operasional dan beberapa aturan tersebut akan disesuaikan dengan situasi dan kondisi terkini.

Tiket Punti Kayu Palembang

Untuk harga tiket masuknya sebesar Rp20k anak-anak. Sedangkan bagi orang dewasa dikenakan Rp25k saja. Namun, harga akan berubah jika datang sewaktu libur nasional dan weekend. Dapatkan info lengkap mengenai tiket masuk pada uraian di bawah.

Harga Tiket Masuk Punti Kayu Palembang 2020
Jenis TiketWeekdayWeekend
Tiket Anak-anakRp20.000Rp25.000
Tiket DewasaRp25.000Rp30.000
Biaya Masuk MobilRp10.000Rp10.000
Biaya Masuk MotorRp5.000Rp5.000

Bagi pengunjung yang sudah mendapatkan tiket akan diberikan akses masuk ke semua atraksi wisata yang ada di sini yaitu Taman Kupu-kupu, Zona Kebun, Waterboom, Kids Park, Kebun Binatang, Taman Air dan spot Miniatur Keajaiban Dunia.

Fasilitas Wisata Punti Kayu

Berhubung admin sukanya membahas objek wisata, jadi paham banget kalau atraksi dan fasilitas yang identik dengan Punti Kayu, menjadi pertimbangan pertama sebelum memutuskan untuk liburan kemari. Untungnya, sarana rekreasi yang dimiliki sangat mendukung kegiatan berliburmu. Di sini sudah ada:

- Taman Rekreasi
- Ruang Terbuka Hijau
- Waterboom/Waterpark
- Pacuan Kuda
- Kuliner
- Mini Zoo
- Sarana Ibadah
- Jalur Sepedaan
- Replika & Landmark Dunia Populer
- Danau & Hutan Wisata

Objek Wisata di Punti Kayu

Kalau akhir tahun ini nggak tau mau kemana tapi ingin mendapatkan pengalaman berwisata baru, mending menyambangi salah satu destinasi hits di dalam kota Palembang saja. Seperti dikatakan di awal, objek rekreasi yang kami maksud yakni Punti Kayu. 

Pada mulanya, taman wisata alam yang pertama kali dibuka tahun 2010-an ini menawarkan hutan wisata yang alami dan bagus untuk berlibur. Mengelilingi tempat ini tak cukup dalam satu hari saja. Jadi kamu rekomendasikan untuk memilih beberapa objek rekreasi berikut.

1. Mengelilingi Hutan Wisata

wisata punti kayu palembang
image via kristin luga/instagram
Pesona hutan yang ada di taman wisata inilah yang membuat Punti Kayu seperti penyejuk di tengah padatnya pertumbuhan kota palembang. Ketika memasuki jalan ke lokasi, panorama alam menyejukkan langsung menghampiri. Kamu akan melewati deretan pohon pinus dari titik start hingga batas area.

Taman Wisata Alam (TWA) ini tidak sepenuhi terisi oleh vegetasi hutan. Sebab di beberapa titik sudah dirombak untuk spot rekreasi. Buat yang berkeliling pakai mobil atau motor, kalian bisa berhenti sejenak di pondok peristirahatan yang mudah ditemukan di tepi jalan. Kebayang dong bagaimana nikmatnya bersantai sambil menyesap udara segar? Pasti paru-paru terasa plong banget!

Di sini udaranya segar banget, aromanya juga harum karena pohon yang tumbuh didominasi oleh eukaliptus alias pohon pinus. Nggak main-main, kawasan dengan luas 50 hektar ini ternyata menjadi Taman Wisata Alam (TWA) Hutan Pinus terbesar se-Indonesia.

2. Punti Kayu Waterpark

waterpark punti kayu palembang
area waterpark
Setelah 30 menit menyusuri hutan, seluruh badan pasti mulai berkeringat dan gerah. Ada bagusnya membersihkan diri sambil bermain air ke wahana air yang baru dibangun tahun 2019 ini. Dan tujuan berikutnya yang asik untuk merilekskan diri adalah Waterpark Punti Kayu.

Tak bisa dipungkiri kalau waterpark di TWA ini sangat digemari oleh anak. Di mana lagi coba ada waterboom beserta fasilitas perosotan dan waterslide yang sekelilingnya dipagari oleh hutan wisata? Dinas Kehutanan Palembang pintar banget bikin kamu untuk tetap betah berada di sini, kan?

3. Landmark Keajaiban Dunia

taman replikasi landmark dunia di punti kayu
replika objek wisata di punti kayu - image via kristin luga dan nelly marheni/googlemap
Replika Landmark Keajaiban Dunia adalah satu spot berfoto yang sangat dijagokan oleh tempay wisata di Punti Kayu.

Sesuai namanya, objek destinasi buatan ini menawarkan ruang terbuka untuk para pemburu spot foto kekinian. Selain serangkaian landmark negara yang berasal dari berbagai belahan dunia. Misalnya landmark Perancis, Eropa, Cina dan Afrika. Seru banget kan? Sekarang gak harus keliling dunia lagi, kalau sekedar berfoto, mending main ke sini aja.

Harap dicatat ya, semua ukuran replika landmark keajaiban dunia yang didirikan itu tidak sebesar aslinya. Jadi, teman Travelingmedan nggak perlu bikin acara kaget segala setelah melihat wujudnya. Liburan nggak harus pakai drama-dramaan.

4. Kebun Binatang Mini & Outbond

punti kayu palembang
wahana berfoto - image travelingmedan.com
Kebun Binatang di Punti Kayu merupakan taman margasatwa mini. Sebagian besar hewan yang dirawat di sini ialah burung, rusa dan kelinci. Pengunjung dapat mendekati kandang dan memberi mereka makan. Meski tak begitu lengkap, lumayan menarik untuk sarana wisata edukasi.

Tak begitu jauh dari Kebun Binatang itu, ada tanah lapang hijau yang dikelola sebagai wisata olahraga yakni pacuan kuda. Tapi atraksi ini hanya dipamerkan 1 kali dalam seminggu. Kalau kebelet banget ingin naik kuda seperti kesatria sungguhan, upayakan datang pada hari minggu. 

Tak salah juga datang pada hari biasa, pasalnya masih ada wahana olahraga yang siap menceriakan harimu. Apalagi kalau bukan sarana outbond-nya. Nah, coba saja bermain flying fox, trampolin atau kegiatan lain yang lumayan menguras energi.

Lokasi Punti Kayu

Adapun lokasi kawasan Taman Wisata Alam dan Ruang Terbuka Hijau (RTH) Punti Kayu ini terletak di Kec. Alang-alang Lebar, Palembang, Sumatera Selatan. Tepatnya di Jalan Kol. Burlian Kilometer 6,5, Karya Baru. Biar nggak bingung, nih kami sisipkan alamatnya di Google Map.
Tips sebelum berkunjung, mending rental mobil atau gunakan kenderaan pribadi karena letak dari masing-masing objek wisata tidak bisa dibilang dekat. Tambah pula, Punti Kayu belum menyediakan transportasi lokal.

Nah, itu dia ulasan tentang Taman Wisata Alam Punti Kayu. Semoga bisa ngebantu kamu kalau mau menikmati alam di hutan pinus ini ya teman Travelingmedan!

TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -