MASIGNASUKA101
7168738000188950837

14 Tempat Wisata di Pagar Alam Terkini dan Paling Hits

14 Tempat Wisata di Pagar Alam Terkini dan Paling Hits
Add Comments
1/15/2021
Info Wisata Kota Pagar Alam - Lokasi: Provinsi Sumatra Selatan (Peta)- Letak Koordinat: 03º59'08” - 04º15'45” LS dan 103º07'00” - 103º27'26” BT - Luas: 633,7 kmº - Jenis Wisata: Buatan, Atraksi Alam, Destinasi Sejarah, Air Terjun, Agrotourism
Pagar Alam adalah kota kedua terbesar berlokasi di Sumatera Selatan. Pagar Alam dapat dikenali dengan sangat mudah karena memiliki wilayah berbukit. Kondisi ini membuat tempat wisata di Pagar Alam menghadirkan banyak ragam objek menarik untuk dijadikan tujuan berlibur.

Destinasi wisata Pagar Alam menyimpan banyak pesona. Pengunjung dapat berlibur ke berbagai danau, air terjun, perkebunan atau daerah puncak gunung di kota Pagar Alam yang begitu dingin. Kota ini memang menyimpan sejumlah destinasi menarik, dari yang populer hingga yang tersembunyi.

Perjalanan menuju Pagar Alam yang berbatasan dengan Kabupaten Lahat dan Kab. Empat Lawang melalui Kota Palembang hanya terpaut jarak 283 kilometer. Sesampainya di kota dingin seluas 633,7 km persegi ini, kamu bisa segera explore tempat wisata di Pagar Alam berikut!

1. Kawasan Wisata Gunung Dempo

tempat wisata di pagar alam
image credit: instagram/@iqbalabimanyu__
Karena seru untuk diexplore, bepergian ke Pagar Alam merupakan rencana liburan yang tepat. Kamu tak perlu khawatir karena panorama cantik serta destinasi yang indah sudah tersedia disana. Dan tentu saja, destinasi unggulan pertama adalah kawasan Gunung Dempo.

Berfoto dengan latar Gunung Dempo menjadi kebanggaan tersendiri bagi banyak wisatawan. Pasalnya, gunung yang berada di kawasan dengan tinggi 3100 meter ini diklaim sebagai gunung tertinggi di Sumatera Selatan. Nah, kamu dapat mengambil gambar dari kejauhan atau mencoba mendaki gunung tersebut.

Gunung yang terletak di Desa Dempio Makmur ini memiliki danau biru sehingga menjadi objek wisata di Pagar Alam paling legendaris. Untuk bisa melihat danau di puncak gunung dan merasakan eksotika negeri atas awan, wisatawan dapat memesan paket liburan yang disediakan oleh trip planner lokal.
Lokasi: Dempio Makmur, Pagar Alam Utara, Sumatera Selatan ( map )
Tiket Masuk: -
Jam Buka: 24 Jam

2. Taman Bunga Pagaralam

wisata di pagaralam
image credit: jayanti sa/googlemap
Sejak buka pada tahun 2020 lalu, taman bunga yang terhias cantik dengan bermacam varian bunga celosia, pohon-pohon rindang dan kebun bunga matahari yang luas ini, sudah menjadi tempat piknik favorit warga Pagar Alam sekitarnya yakni Oziel Amazing Garden.

Nggak cuma menawarkan taman bunga dengan fasilitas menarik. Di taman cantik ini terdapat pula kebun strawberry. Jadi kamu tak cuma bisa berfoto sepuasnya di tengah kebun. Tetapi juga piknik sembari memetik buah dari tanaman yang ada di Pagaralam tersebut.

Merencanakan piknik ke Oziel Amazing Garden ini tak perlu persiapan matang. Lokasi taman dari seputaran pusat kota Pagaralam cuma 3,3 kilometer jadi nggak perlu memakan banyak biaya deh. Nah tiketnya sendiri murah meriah, siapkan saja HTM sebesar Rp12 ribuan.
Alamat: Jl. Pratu A. Rohi, Desa Reba Tinggi, Kota Pagar Alam ( map )
HTM: Mulai dari Rp12.000
Jam Buka: 09.00 - 20.00 WIB

3. Taman Agro Mr. D

taman wisata pagar alam
image credit: instagram.com/ariani.rizki
Taman Agro Mr. D merupakan wisata terbaru di Pagar Alam yang sedang hits. Taman keren ini tampil berbeda dengan menyuguhkan konsep ala Jepang. Kamu nggak harus terbang jauh ke Negeri Matahari Terbit karena disini sudah ada pohon bunga sakura yang bermekaran.


Dengan ikon bunga Sakura Jepang, Taman tematik ini sangat instagramble. Banyak yang menggunakan dekorasi di taman untuk kegiatan fotografi dan pemotretan pre-wedding. Selain itu, ada juga pemandangan danau kecil serta rumah segitiga yang menambah daya tarik tempat wisata di Pagar Alam ini.
Alamat: Pelangi Kenidai, Dempo Tengah, Kota Pagaralam
Jam Buka: 24 Jam
Telepon: 081273719149

4. Air Terjun Mangkok

image credit: instagram.com/haidir_alwaly
Ketika jiwa petualang sedang menggebu, menikmati Pagar Alam yang mempunyai stok destinasi air terjun pun layak menjadi rekomendasi liburan. Ada beberapa lokasi yang pantas disambangi, di antaranya Air Terjun Mangkok yang namanya sudah nggak asing lagi.

Di Chugup (Curup) Mangkok yang terdengar adalah suara air terjun yang tercurah deras, melewati bebatuan sebelum akhirnya jatuh dari ketinggian 100 meter ke kolam alami. Airnya yang segar dan bersih membuat kolam tersebut jadi tempat pemandian para petualang.

Semenjak namanya naik daun, lokasi air terjun tidaklah begitu tersembunyi lagi. Untuk mencapai curup tersebut, datangi saja Dusun Pematangbabo, Kecamatan Demo Makmur di Kecamatan Pagar Alam Utara. Untuk diketahui, tempat wisata ini hanya buka mulai jam 08.00 hingga jam 17.00.
Alamat: Dusun Pematangbango, Dempo Makmur, Kota Pagaralam, Sumsel (Peta Lokasi)
Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB
Tiket Masuk: Rp5.000

5. Air Terjun Tujuh Kenangan

wisata pagaralam
image credit: @lian_satriana
Air Terjun Tujuh Kenangan merupakan destinasi yang tak boleh terlewatkan ketika kamu ingin menikmati sebuah simfoni alam dan hutan belantara. Dijamin, keindahan yang ditampilkan akan langsung membuat kita merasakan damai.

Berbeda dengan air terjun lain di Pagar Alam. Keindahan Air Terjun Tujuh Kenangan hanya bisa dilihat etelah trekking selama 30 menit. Kendati harus berjalan kaki, tetapi pengalaman berwisata ke cughup ini nggak terasa membosankan.

Sebab, disini terdapat pemandangan ratusan kupu-kupu. Hal itu menandakan bahwa air terjun ini mempunyai kondisi lingkungan yang masih sangat terjaga. Butuh refreshing? kamu boleh menyambangi objek wisata di Pagar Alam ini.
Lokasi: Kel. Dempo Makmur, Kecamatan Pagar Alam Utara, Kota Pagaralam.
Tiket: Seikhlasnya
Jam Buka: 24 Jam

6. Air Terjun Lematang Indah

image credit: @peewee.03
Kecamatan Dempo baik di bagian utara, selatan maupun tengah dianugerahi alam menakjubkan yang harus kamu lihat langsung. Jauh dari keramaian, terdapat Air Terjun Lematang yang menumpahkan air secara vertikal di daerah Gunung Dempo.

Air Terjun Lematang Indah sudah menjadi air terjun ke 2 terpopuler yang mengisi daftar objek wisata di Pagar Alam sebelum air terjun lainnya ditemukan. Sudah barang tentu, objek wisata ini terpelihara dengan sangat baik. Tak cuma dari infrastruktur, fasilitas di lokasi pun bisa memanjakan wisatawan.

Derasnya sungai yang tercipta dari Air Terjun Lematang Indah pun dikelola oleh warga sebagai spot arung jeram. Disini, pengunjung tak sekadar bisa menikmati aliran air terjun tetapi juga dapat mengikuti wisata olahraga arung jeram yang menantang.
Lokasi: Prahu Dipo, Kota Pagar Alam, Sumatera Selatan
Tiket Masuk: Rp10.000
Jam Operasional: 09.00 - 18.00 WIB

7. Kebun Teh Pagar Alam

image credit: @irvansaputra07
Kebun teh ini merupakan destinasi agro yang berada di atas lahan seluas 1500 hektar dan dikelola langsung oleh PTPN V. Lantaran dari Pagar Alam kesana hanya memakan waktu ringkas, kamu tak harus memesan paket wisata agar dapat menyaksikan pemandangannya.

Namun siapa sangka jika perkebunan teh ini sudah ada sejak tahun 1929 dan membuat nama Pagaralam populer sebagai salah satu penghasil daun teh terbaik di Indonesia. Meski sudah cukup tua, tetapi lahan tersebut masih mampu memproduksi daun teh berkualitas.

Selain berswafoto di depan hamparan kebun teh, atraksi terjun payung di Tugu Rimau yang seru pun patut dicoba. Disini, kamu akan diajak terbang ditemani guide paralayang profesional sembari menengok pemandangan dari ketinggian 1.800 mdpl hingga mendarat di Tangga Seribu.
Lokasi: Jalan Lintas Pagaralam - Kab. Lahat, Km 60 (peta)
Tiket Masuk: Rp-
Jam Buka: 24 Jam

8. Situs Megalith Tegur Wangi

image credit: kawi boedisetio/googlemap
Destinasi sejarah juga turut menambah daftar wisata Pagaralam yang sudah ada. Misalnya Situs Megalitikum Tegurwangi yang merupakan artefak kuno di jalan lintas Tanjungsakti. Diperkirakan Situs Megalitikum ini dibangun sekitar tahun 1500 SM.

Di komplek Situs Megalitikum tersebut ada 5 artefak yakni Arca Manusia, Batu Tegak, Batu Datar dan Batu Monolit berukuran besar. Seluruh peninggalan pada masa pra-sejarah itu sudah dipugar oleh pemerintah dan ditetapkan sebagai cagar budaya.

Sebenarnya masih ada situs megalitikum Talang Kecepol di jalur serupa. Tapi sangat disayangkan, kondisinya tak lagi terawat. Sementara Komplek Tegurwangi sedang diajukan ke UNESCO sebagai peninggalan heritage Sumatera Selatan.

9. Danau Merah Rimba Candi

ilustrasi: travelingmedan.com
Wisata tersembunyi di Pagaralam ini termasuk unik. Tidak hanya dikelilingi oleh candi, danau yang berada di perbatasan kota dan kabupaten Kaur tersebut juga memiliki air berwarna merah. Sehingga dapat dikatakan, jika Danau Rimba Candi merupakan destinasi terunik.

Hewan primata yang tinggal di Danau Rimba Candi seperti kelabang dan kaki seribu mempunyai ukuran lebih besar dari biasanya. Akan tetapi, hewan tersebut tidak bersifat mengganggu. Bahkan mereka akan menjauh ketika didatangi wisatawan.

Meskipun begitu, kamu wajib berhati-hati saat menyusuri danau ini. Sangat jarang ditemukan wisatawan bermain atau berenang disana. Untuk bisa menikmati objek wisata di Pagar Alam ini, wisatawan perlu berjalan kaki hingga 2 hari melintasi Hutan Raje Mandere. Kabar terakhir, danau ini sudah menyusut dan hanya sebesar kubangan saja.
Alamat: Desa Rimba Candi, Kec. Dempo Selatan, Sumsel
Tiket Masuk: -

10. Alun Alun Pagar Alam

image via: r yuli kristyanto/googlemap
Setiap kota dimana pun itu pasti memiliki taman komunitas, sebuah lapangan luas tempat berkumpulnya warga maupun kawula muda. Pun di kota dengan tagline "Besemah Kota Perjuangan" juga bisa ditemukan taman serupa yaitu Alun Alun Pagar Alam.

Berada di pusat keramaian, Alun Alun ini tak hanya tempat nongkrong gratis, setiap kali ada kegiatan atau event budaya biasanya dipentaskan di tempat tersebut. Menjelang sore, warga akan berkumpul disini, sebagian orang sibuk berolahraga dan lainnya asik bercengkrama.

Wisata malam di Alun Alun Pagar Alam sama asyiknya. Seluruh pedestrian akan diisi oleh pedagang yang menjajakan makanan dan minuman. Tentu, kamu harus mencipipi kuliner lokal saat berlibur di suatu daerah, kan? Nah tempat ini paling rekomended 

11. Curup Embun

image credit: instagram.com/pinky.evander
Pernah membayangkan betapa asyiknya berlibur di air terjun yang sekelilingnya selalu diselang-selingi oleh embun basah? Jika mau mewujudkan itu, alangkah baiknya kalau memilih Curup Embun saja. Sebab harapanmu bisa diwujudkan disana.

Curup Embun adalah air terjun yang terletak di lembah gunung berkedalaman 90 meter. Tepatnya Kel. Curup Jare, Pagaralam bagian utara. Destinasi wisata ini khas dengan deburan air terjunnya yang berubah menjadi embun sesaat setelah terjun dari atas bebatuan.
Alamat: Kelurahan Curup Jare, Kecamatan Pagar Alam Utara, Sumsel
Tiket: Rp8.000
Jam Operasional: 08.30 - 17.30 (Sabtu-Minggu)

12. Danau Tebat Gheban

image via: southsumatratourism.com
Diapit oleh Bukit Barisan dan Gunung Demo, Tebat Gheban adalah danau cantik seluas 3 hektar serta memiliki kedalaman kurang lebih 13 meter. Danau yang dikelilingi pohon cemara dan kopi robusta ini berjarak 7 kilometer dari arah pusat kota Pagaralam.

Namun, lebih banyak orang datang ke objek wisata tersebut untuk memancing. Terlebih lagi terdapat tambak-tambak ikan udang yang dibudidayakan secara tradisional oleh masyarakat Kel. Alun Dua. Jika malas memancing, tinggal beli saja dari para petambak.

Pengunjung tak harus mengeluarkan biaya selama disana karena belum ada pungutan tiket dan sejenisnya. Jadi, kamu boleh liburan gratis bersama keluarga atau teman terdekat. Jangan lupa untuk menghirup udara segar sambil meneguk kopi hangat sepuasnya di tempat wisata ini.
Lokasi: Kel. Alun Dua, Kec. Pagar Alam Utara, Sumatera Selatan (Map)
Tiket Masuk: Gratis

13. Kampung Adat Rumah Baghi

image credit: @pesonasriwijaya
Ghumah Baghi atau orang luar menyebutnya Rumah Baghi ialah sebuah sebuah warisan adat berwujud benda di Kampung Tegurwangi. Bangunan yang menjadi tempat tinggal suku etnis Besemah ini berdiri sejak ratusan tahun silam.

Kampung adat yang terletak di tengah persawahan ini acap kali disambangi oleh kalangan pelajar dan penikmat wisata sejarah. Selain melihat wujud rumah adat langka tersebut, kita dapat menambah wawasan terkait budaya lokal yang bertahan di tengah kepungan modernisasi.
Lokasi: Desa Tegurwangi, Pagaralam, Sumatera Selatan
HTM: Gratis

14. Air Terjun Maung

gambar: instagram/nadiaoctaa
Spot terakhir yang masih memamerkan keelokan wisata di Pagar Alam yaitu Air Terjun Maung. Destinasi ini berlokasi di Kelurahan Atung Bungsu, Kecamatan Dempo Selatan. Sebelum kemari, persiapkan kamera underwater dan pelengkapan fotografi terbaik ya!

Kamu mungkin tertarik untuk mengambil gambar bawah air. Jika demikian, di Air Terjun Maung inilah tempat yang pas. Dikarenakan airnya yang selalu jernih meski musim penghujan, maka hal tersebut sangat mendukung untuk memotret ala underwater.

Tertarik dengan tempat Wisata di Pagar Alam yang telah kami rangkum? Jadi kamu tunggu apa lagi, mulai sekarang susun deh agenda traveling ke kota penuh pesona ini.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -