MASIGNASUKA101
7168738000188950837

12 Tempat Wisata di Way Kanan Paling Top & Terbaru

12 Tempat Wisata di Way Kanan Paling Top & Terbaru
Add Comments
12/30/2020
Ketika jalan-jalan ke kabupaten dengan ibukota Blambangan Upu di Lampung yakni kabupaten Way Kanan. Kita mungkin sudah familiar dengan Taman Nasional Way Kambas atau Air Terjun Curup Kereta. Padahal, terdapat banyak rekomendasi wisata di Way Kanan.

Way Kanan merupakan kabupaten yang terletak di provinsi di Lampung. Kabupaten ini berada pada wilayah paling jauh dari kota Bandar Lampung. Namun kabupaten ini adalah wilayah yang strategis karena dilalui jalur kereta api dan transportasi bus. Jelas saja hal itu berdampak pada banyak tempat wisata.

Setelah mengetahui deskripsi ringkas mengenai kabupaten ini, langsung saja ke pokok bahasan yaitu destinasi dan objek yang bagus serta diminati pengunjung. Berikut 11 tempat wisata di Way Kanan. Yuk, pantau ulasan selengkapnya.
tempat wisata di way kanan

1. Air Terjun Curup Gangsa

wisata air terjun di way kanan
curup gangsa menjadi wisata air terjun di way kanan - via @mahessapratama/instagram
Way Kanan adalah daerah kabupaten yang luas dengan potensi alam luar biasa. Goresan alamnya melahirkan banyak air terjun. Seperti Curup Gangsa, sebuah destinasi air terjun di Lampung dengan ketinggian kurang lebih lima puluh meter yang satu ini.

Untuk menuju lokasi wisata dari seputaran Blambangan Umpu, air terjun yang cantik ini hanya berjarak 31,8 kilometer melalui rute ke arah Kota Way di Kasui. Rute tersebut tak begitu panjang, berkendara dalam waktu 1 jam saja maka sudah tepat di lokasi.

Selain ukurannya cukup tinggi, pun objek wisata ini memiliki 4 air terjun dengan posisi berderet. Sehingga tak heran apabila lokasinya menjadi sangat digemari oleh wisatawan dan penikmat alam. Sebab pemandangan di Curup Gangsa bagus untuk tempat berfoto, lho!
Lokasi: Jalan Curup Gangsa, Kota Way, Kasui, Kab. Way Kanan, Lampung (Map)
Tiket: Mulai dari Rp5.000 
Jam Buka: 08.00 - 18.00 WIB (Setiap hari)
Telepon: 0853-7997-6595

2. Taman Karet Umpu Kencana

wisata way kanan
image via pun ali/googlemap
Siapa bilang kalau nongkrong harus ke kafe, nyatanya di Way Kanan terdapat sederet tempat kuliner yang dilengkapi dengan taman air tematik dan taman tropis. Namun paling hits dikunjungi adalah Taman Karet Embung Umpu Kencana.

Taman tropis ini cocok untuk refreshing sekaligus spot nongkrong, tempatnya sejuk dan menyegarkan rongga pernapasan. Sesuai namanya, taman yang berada di kawasan kebun karet ini menawarkan sederet keseruan sebagai alternatif penghilang penat.


Taman yang terletak di Jalan Umpu Kecana, Kec. Blambangan Umpu ini memiliki spot-spot keren. Area rekreasinya pun tak terhenti di kebun bunganya saja. Seperti danau kecil, spot instagramable, kolam renang dan area rekreasi yang ikut memperindah taman bergaya kekinian ini.

3. Air Terjun Putri Malu

air terjun di way kanan
image via: instagram/obertarahendra
Air Terjun Putri Malu merupakan satu dari sekian puluh air terjun tersembunyi di Way Kanan. Akan tetapi, air terjun ini sangat berbeda dengan curup gangsa. Baik dari segi bentuk maupun ketinggiannya. Berdasarkan kutipan dari Lampung.gov.id Putri Malu memiliki tinggi 85 meter sehingga 

Tak hanya sulit diakses, objek wisata ini pun masih jarang dieksplor karena sulitnya trekking yang harus dilalui. Jangan nekad menjelajah alam Way Kanan jika tanpa ditangani guide atau penduduk lokal. Trekking ke air terjun akan melewati perbukitan dengan pesona hutan register jadi harus benar-benar siap berpetualang.
Alamat: Hutan Register 24, Banjit, Kabupaten Way Kanan (Peta Lokasi)
Tiket Masuk: - 
Jam Buka: 24 Jam

4. Bukit Punggur

wisata way kanan
bukit punggur, way kanan - image via: @sofyanfahry24
Bukit Punggur adalah puncak gunung kecil di Lampung. Puncak gunung ini terletak di dataran tinggi kabupaten Way Kanan. Topografinya yang bergelombang membuat tempat wisata ini jadi spot camping baru bagi para kawula muda yang mengagumi alam.

Meski tujuan wisata ini baru populer beberapa bulan terakhir. Namun ternyata sudah berhasil menggaet pengunjung. Ya, Bukit Punggur sendiri mempunyai pemandangan yang begitu menakjubkan. Hampir setiap hari ada pendaki berlibur ke sana.

Nah, kegiatan berlibur yang berhubungan dengan alam adalah aktivitas andalan di bukit tersebut. Rute pendakiannya tak terlalu panjang. Hanya saja pengunjung perlu berhati-hati lantaran lokasi dimana bukit ini berada masih masuk kawasan Hutan Register 24.
Lokasi: Hutan Register 24, Kasui, Kabupaten Way Kanan
HTM: Rp7.000 (perkiraan)
Jam Buka: -

5. Wisata Waterpark Baradatu

wisata baradatu way kanan
waterpark rizky - image via: @ongkiblank
Objek wisata di Baradatu yakni Waterpark Rizky pasti cocok untuk rekreasi keluarga di akhir pekan. Taman rekreasi air ini merupakan waterpark mini dengan kolam renang bermain. Lokasinya mudah dicari tepatnya di jalan Banjar Negara, Kec. Baradatu.

Sama seperti Waterboom Way Bumi, tiket masuk ke waterpark ini juga murah meriah. Pengunjung anak-anak dan dewasa cukup membayar biaya sebesar 10 ribu. Setelahnya, pengunjung sudah bebas berenang dan bermain dengan riang di wahananya.

Fasilitas bermain di waterboom yang satu ini masih mini dibanding slanik waterpark lampung. Akan tetapi, bagi mereka yang tinggal di Baradatu tak lagi harus pergi ke luar kota jika hanya ingin bermain air. Jika berminat, tempat wisata ini sudah bisa didatangi mulai pukul sembilan pagi.
Alamat: Banjar Negara, Baradatu, Kabupaten Way Kanan
Harga Tiket: Rp10.000 (weekend/weekday)
Jam Operasional: 09.00 - 17.00 WIB

6. Curup Semarang

image via @travelbydeddy
Masih di dekat Baradatu, ada Curup Semarang yang suasana alamnya bikin ketagihan. Daya tarik Curup Semarang terdapat pada kondisi alaminya. Bahkan saat liburan ke sini, rumput dan alang-alang hijau terlihat tumbuh subur di sepanjang aliran air.

Letak dari Baradatu yang berada di kawasan perbukitan membuat Curup Semarang tak pernah kering walau sedang musim kemarau. Selalu mengucur deras dari balik bebatuan. Terlebih lagi di musim penghujan, airnya akan bertambah deras dan jernih.

Saat liburan di Baradatu, Way Kanan, obyek wisata alam tersebut dapat dijadikan tujuan terbaik. Memang namanya tak terlalu populer, tetapi keindahan dan daya tarik yang ditawarkan merupakan alasan kuat pengunjung untuk mengeksplor pesona itu.
Alamat: Bhakti Negara, Baradatu, Kabupaten Way Kanan
Telepon: 085279332000
Tiket Masuk: -

7. Curup Kereta

image credit: instagram/sigit_a_nugroho
Melihat Way Kanan yang dianugerahi begitu banyak air terjun tentu memunculkan pertanyaan spontan. Destinasi mana kira-kira yang populer dan paling dekat dari ibukota. Nah, cobalah menyambangi Curup Kereta di Blambangan Umpu.

Secara ringkas, Curup Kereta merupakan destinasi yang memadukan objek alam dengan unsur kreativitas. Pengelola tak sekedar menata kebersihannya saja, mereka turut menghadirkan atraksi-atraksi seru yang menarik bagi pengunjung.

Di air terjun tersebut, pengunjung boleh mencoba lompat dari tebing alias jumping ke dalam kolam. Jika sungkan melompat seperti pengunjung lain. Tersedia bermacam spot berfoto yang didirikan di pinggir air terjun. Seperti berfoto di spot "Love" yang manis dan romantis.
Lokasi: Kotabumi, Waykanan Blambangan, Tangkas
Jam Buka: 24 Jam
Tiket: Rp5.000

8. Curup Pematang Rindu (Kenangan)

wisata way kanan
image via: @senja_safana24
Curup Pematang Rindu adalah kawasan wisata alam yang diapit oleh dua desa di Kecamatan Banjit, yaitu Desa Talang Asoy dan Kampung Pematang Rindu. Jauh sebelumnya, tempat ini hanyalah sumber mata air yang dipakai airnya oleh warga untuk memenuhi kebutuhan air.

Tapi lihatlah sekarang, curup ini tak lagi hanya dipakai untuk mandi dan memasak saja. Kini banyak wisatawan dari luar kecamatan yang datang dari jauh untuk menengoknya semenjak resmi disahkan menjadi tujuan wisata alam di seputar daerah Banjit.

Jika ditanyai, para pengunjung mengaku bahwa objek wisata yang ada di Way Kanan ini punya pesona tersendiri. Ritme air yang mengucur diselang-selingi gemericik air seolah melantunkan nyanyian alam. Pesonanya memberi efek damai dan terdengar nyaman di telinga.

9. Kampung Wisata Gedung Batin

image via: @zaqueerazak/instagram
Kampung Gedung Batin menawarkan destinasi sejarah di Way Kanan. Seperti dikutip dari Lampungprov.go.id, kampung ini sudah berumur 400 tahun lebih dan menjadi desa tertua di Kecamatan Blambangan Umpu. Desa tersebut masih mempertahankan budaya dan tradisi tradisional sehingga dikembangkan sebagai kawasan eco-tourism.

Di kampung tua ini sama sekali tidak akan dijumpai gedung yang mewah. Justru corak bangunan bergaya tradisional yang begitu kokoh dan tak lekang dimakan usia. Sejak 2017, kampung ini tak hanya fokus dengan objek sejarah. Atraksi lain pun ikut ditambah.

Saat mengulik pesona Way Kanan dan memilik berlibur ke objek wisata ini, pengunjung sudah dapat menikmati perjalanan berlibur berkonsep eco-tourism. Mulai dari melihat rumah tua hingga mengikuti kegiatan arung jeram di sungai yang ada di tepian desa.
Alamat: Brata Yuda, Blambangan Umpu, Way Kanan
Tiket Masuk: Rp7.000
Jam Buka: 24 Jam Penuh

10. Air Panas Juku Batu

pemandian air panas juku batu - image credit: e.sekawana
Pemandian air panas selain berkhasiat merilekskan tubuh juga mampu meningkatkan kesehatan. Bila tak percaya dan tertarik membuktikannya, Air Panas Juku Batu atau sumber air panas bumi Serasan bisa dikunjungi untuk mencari pembuktian.

Perlu untuk diketahui, wisata air panas yang bertempat di Desa Juku Batu, Kec Banjit ini menjadi salah satu sumber air belerang alami di Provinsi Lampung.

Di wisata tersebut, warga lokal yang menyebutnya dengan nama "Serasan" bisa mendapatkan khasiatnya dengan cara berendam. Agar pengunjung nyaman ketika berendam, tempat ini menyediakan beberapa bak penampungan air panas yang sudah dicampur air dingin.
Lokasi: Juku Batu, Banjit, Way Kanan Regency.
Tiket: Mulai dari rp5.000
Jam Buka: 08.30 - 23.00

11. Curup Jepun Negeri Baru

image via: instagram/dedywjayaa
Beralih ke wilayah Umpu Semenguk, daerah kecamatan ini tak mau ketinggalan di bidang pariwisata. Pada pertengahan tahun 2020 lalu, masyarakat mulai membuka Curup Jepun di Kampung Negeri Baru untuk kunjungan wisatawan.

Curup Jepun sebagai badan usaha milik desa berada di kawasan strategis. Dekat dari ibukota dan berbatasan dengan beberapa kecamatan di Way Kanan. Karenanya, keunggulan itu diharapkan bisa mendongkrak objek wisata hasil swadaya masyarakat ini.
Lokasi: Desa Negeri Baru, Kec Umpu Semenguk, Way Kanan.
Tiket: rp10.000/orang
Jam Operasional: 09.26 - 17.26 WIB

12. Tugu Perahu

wisata way kanan
gambar kredit: hendra baradatu/googlemap
Taman Tugu Perahu adalah sebuah persimpangan jalan yang didirikan menjadi taman atau ruang publik. Taman ini dinamai Tugu Perahu bukanlah tanpa alasan. Ketika sudah menapakkan kaki di sana, dua buah patung berwarna emas di atas perahu yang merupakan asal mula penamaan tersebut.

Letaknya yang persis di kawasan sibuk membuat Tugu Perahu kerap kali disinggahi para pelintas. Tak kaget bila ruang publik itu selalu ramai. Selain beristirahat, pelintas jalan dapat memesan makanan dan minuman dari pedagang yang berjualan di sekitaran tugu.
Alamat: Jalan Lintas Sumatera, Tiuh Balak, Baradatu
Jam Operasional: 24 jam

Menuntaskan tempat wisata di Way Kanan perlu waktu panjang. Sebaiknya pilih destinasi top yang sudah kami seleksikan di atas. Kalau masih kurang atau hendak menambahkan objek lainnya, jangan lupa tinggalkan komentar di situs ini. (Gambar Sampul Kredit: @__mr.kelvin__ dan @ardika_yudhistira melalui Instagram)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -