MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Museum Negeri Bengkulu - Tiket, Ragam Koleksi dan Lokasi

Museum Negeri Bengkulu - Tiket, Ragam Koleksi dan Lokasi
Add Comments
4/17/2021
Museum Negeri Bengkulu - Alamat: Jl. Pembangunan No. 08, Gading Cempaka, Jemb. Kecil, Kec. Singaran Pati, Padang Harapan, Bengkulu 38223 (Peta Lokasi) | Telp: (0736) 22098 | Jam Buka: Senin - Jumat 08.00 / 15.00 | HTM: Rp3.000 |
Museum Negeri Bengkulu atau biasa disingkat dengan sebutan Museum Bengkulu terletak di kawasan Singaran Pati, tepatnya di jalan Pembangunan 08. Museum bergaya klasik dan tradisional ini hanya berjarak 6 km dari Benteng Marlborough.

Museum Negeri Provinsi Bengkulu yang didirikan pada 1978 ini merupakan gedung yang dikhususkan untuk menyimpan, sekaligus memamerkan ragam koleksi budaya daerah serta pelbagai hal terkait benda-benda bersejarah yang ditemukan di Bengkulu.
museum negeri bengkulu

Dengan luas 9.975 meter persegi, wisata di Museum Bengkulu melibatkan koleksi yang terdapat di dalam gedung. Secara garis besar, koleksi tersebut mencakup keramologika, arkeologi, filologika, etnografika dan heraldika yang jika ditotal jumlahnya mencapai 3.666 koleksi.

Bagi para penikmat wisata sejarah, tentunya mengunjungi Museum Negeri Bengkulu menjadi aktivitas menarik ketika traveler sedang berada di ibukota provinsi. Sebab tempat ini seolah merangkum semua rekam jejak Bengkulu dari masa ke masa.

Tiket Museum Bengkulu

Meski diklaim sebagai museum terbesar di Bengkulu, akan tetapi harga tiket masuk yang ditetapkan relatif murah. Selain dikarenakan pengelolaannya langsung di bawah pemerintah provinsi, ketetapan itu sengaja dibuat agar pengunjung tidak terlalu terbebani.
Harga Tiket Masuk Museum Negeri Bengkulu
Pengunjung dewasaRp5.000
Pengunjung anak-anakRp3.000

Jam Buka

Waktu kunjungan di Museum Negeri Bengkulu dapat dilakukan sesuai jam buka mulai pukul 08.00 hingga pukul 15.00. Namun perlu dicatat bahwa hari operasionalnya hanya berlangsung dari senin hingga jumat. Setiap sabtu dan minggu tutup.
Jam Buka
Senin - Jumat08.00 - 15.00 WIB
Sabtu - Minggu Tutup

Tahun Sejarah Museum Bengkulu

Insiasi untuk membangun Museum Negeri Bengkulu sudah tercetus sejak 1978 silam. Tiga tahun kemudian persisnya di tahun 1980, barulah museum ini diresmikan oleh Dinas Kebudayaan yang kala itu disahkan oleh Drs. GBPH Goeper.
Tahun Bersejarah
1978Tahap awal pembangunan
3 Mei 1980Museum resmi dibuka
3 Jan 1983Museum direlokasi
Dahulu museum ini memang menempati sebagian kawasan Benteng Marlborough. Tetapi seiring dengan berjalannya waktu, Museum Bengkulu kemudian direlokasi supaya kapasitas, fasilitas dan ruangannya dapat lebih memadai lagi.

Aktivitas dan Koleksi Museum Bengkulu

Pertama kali memasuki halaman depan museum, pengunjung akan melewati dua buah gerbang yang bentuknya sangat unik. Gerbang tersebut diangkat dari kesenian pahat Bengkulu yang terlihat menarik untuk dijadikan sebagai latar foto.

Setelah melewati gerbang, pengunjung akan melewati beberapa buah tangga. Secara arsitektur, gedung museum ini meniru konsep rumah adat tradisional. Namun, dipadankan dengan arsitektur modern. Dipandang dari arah luar, nampak megah dengan warna putih mencolok.

Lantas, apa saja kah yang ada di Museum Negeri Bengkulu?

1. Ratusan Benda dan Naskah Kuno

museum negeri bengkulu
koleksi museum - image via: travel.kompas.com
Naskah kuno merupakan salah satu koleksi terbanyak di museum Bengkulu. Dilansir dari berbagai sumber, jumlahnya sekitar 126 buah. Seluruh teks di dalam naskah kuno tersebut belum semua bisa dialih-bahasakan ke bahasa Indonesia, hanya segelintir diantaranya.

Benda zaman dulu lainnya yang menghias museum ini ialah mesin cetak uang Golden Press. Taukah kamu? Pemerintah Indonesia sempat menggunakan mesin tersebut untuk memenuni kebutuhan percetakan ORI atau Oeang Republik Indonesia.

Sementara jika kamu ingin melihat beragam kain tradisional, museum yang terdiri dari dua ruangan ini juga memamerkan beberapa kain tenun lokal. Seperti Kain Besurek yang cukup populer bagi masyarakat Bengkulu sehingga sering dipilih wisatawan untuk oleh-oleh khas Bengkulu.

2. Koleksi dari Dalam dan Luar Bengkulu

museum bengkulu
image via: adriansyah putera
Berbicara tentang koleksi museum yang berasal dari Provinsi Bengkulu sendiri, maka kita tak bisa mengabaikan koleksi etnografi-nya yang sangat banyak. Sebut saja bemacam benda budaya yang terpajang rapi di etalase museum.

Benda budaya yang dipamerkan diambil dari berbagai kabupaten serta kota yang berada di kawasan Bengkulu, seperti dari daerah kabupaten Kaur, Rejang Lebong dan kabupaten Lebong. Namun, bukan berarti jika koleksinya hanya dari ketiga daerah itu saja.

Koleksi terkait historis, teknologi, arkeologi, numismastika dan biologi juga ada di dalam gedung museum di mana sebagian besar didatangkan dari luar Bengkulu. Sehingga pengunjung bisa menengok beebagai peninggalan purbakala, batuan dan mineral, keramik dan lukisan.

3. Koleksi Budaya Bengkulu

museum bengkulu
image via: common channel official
Seperti miniatur-nya Bengkulu, terdapat juga sederet benda budaya yang menggambarkan masing-masing kabupaten. Sebut saja rumah adat, pakaian tradisional, senjata tempo dulu, huruf Ka Ga Nga, perhiasan adat, pakaian pengantin pria wanita dan segala pernak-perniknya.

Seluruh koleksi yang dipamerkan pastinya bisa menambah pengetahuan wisatawan. Sehingga pengunjung tak lagi harus berkeliling ke seantero wilayah jika hanya ingin mempelajari atau mengenal lebih dekat terkait provinsi di bagian ujung selatan pulau Sumatera ini.

Fasilitas

Kira-kira apa saja ya fasilitas yang disediakan oleh Museum Negeri Bengkulu kepada para pengunjungnya? Kamu bisa langsung lihat pada uraian di bawah ini.

- Ruang Pameran Permanen
- Ruang Pameran Tetap
- Tempat Parkir
- Pos Keamanan
- Toilet
- Anjungan
- Aula Terbuka
- dll

Dengan adanya fasilitas di atas, kunjunganmu ke museum ini akan jauh lebih menyenangkan.

Lokasi Museum Negeri Bengkulu

Museum ini beralamat di Jl. Pembangunan No. 8, Padang Harapan, Kecamatanan Gading Cempaka, Bengkulu. Nah, agar lebih gampang mengakses lokasinya, sebaiknya pergunakan Waze atau Google Map yang sudah Travelingmedan sisipkan berikut.


Nah Teman TM, itulah dia ulasan Museum Bengkulu yang sudah kami himpun. Tidak hanya karena tiket masuk dan lokasinya saja yang terjangkau. Memilih berkunjung ke tempat ini juga bisa bikin pengetahuan dan wawasanmu semakin bertambah.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -