MASIGNASUKA101
7168738000188950837

12 Tempat Wisata di Bengkulu Tengah Terbaru dan Terkini

12 Tempat Wisata di Bengkulu Tengah Terbaru dan Terkini
Add Comments
2/27/2021
Simak info tempat wisata terkenal di Bengkulu Tengah. Beragam pesona objek destinasi yang wajib diketahui seperti pantai eksotik, air terjun alami hingga tempat liburan terbaru dan terkini yang populer dikunjungi oleh banyak wisatawan, turis maupun warga lokal.

wisata di bengkulu tengah
Terbentang dari kota Karang Tinggi hingga pesisir Taba Penanjung, Bengkulu Tengah merupakan salah satu kabupaten dengan populasi terendah di Provinsi Bengkulu. Tetapi jangan anggap remeh, pesona wisata Bengkulu Tengah bisa menjadi tempat berlibur yang prime.

Sesuai data dari Wikipedia, Bengkulu Tengah dan Karang Tinggi terletak di dataran rendah. Karena keduanya berada di daerah dataran rendah dan sedang, maka potensi laut dan alam adalah sektor pariwisata yang paling diandalkan. Cek ulasan daftar nama tempat wisata di Bengkulu Tengah yang menarik untuk dikunjungi.

1. Pantai Padang Betuah

tempat wisata di bengkulu tengah
image via: andri bayu nugraha/googlemap
Terletak di jalur Sumatera, wilayah Bengkulu Tengah memiliki bentang alam dan jejeran taman nasional yang spektakuler. Dari sekian banyak tempat, salah satu diantaranya yang lagi hangat dibicarakan wisatawan lokal adalah Pantai Padang Betuah.

Berjarak 43 km atau 1 jam perjalanan darat jika ditempuh dari arah kota Karang Tinggi, pantai cantik dengan pesona menyerupai taman di pinggir laut ini memang baru saja dibuka. Lokasinya tak begitu jauh, persis di desa Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa.

Bukan cuma indah seperti taman di tepi laut saja, pantai ini bahkan dijuluki Tanah Lot-nya Bengkulu Tengah. Dan benar saja, julukan itu bisa dibuktikan saat pengunjung berdiri di pinggir tebing yang jadi benteng pemisah. Sama dengan Pantai Sungai Suci, pesona yang disajikan akan membuat terlena.
Alamat: Desa Padang Betuah, Kecamatan Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah (Peta Lokasi)
Jam Operasional: 06.00 - 18.00
Tiket Masuk: Rp7.000

2. Air Terjun Pintu Langit

wisata bengkulu tengah
image via: yudho daruno/googlemap
Wisatawan tidak akan sulit untuk menemukan cara ke air terjun yang ada di Bengkulu Tengah, beberapa dari mereka tidak sulit untuk dicapai. Tetapi bagi penikmat alam yang sadar jika dirinya masih pemula, mungkin Air Terjun Pintu Langit adalah referensi wisata terbaik.

Disebut juga dengan Cughup (Curup) Kluntung, Air Terjun Pintu Langit bisa dijumpai di Desa Rena Indah, Kecamatan Pagar Jati. Objek wisata ini persis di lahan perkebunan yang dikelola Riau Agri Agung (RAA). Meski begitu, tak perlu mendapatkan izin untuk mengunjungi air terjun ini.

Setibanya di sana, cobalah mengadah ke langit biru. Semburan air yang memercik akan segera membasahi wajah. Ketinggian curup yang bersumber dari bukit ini hanya sekitar 15 meter, pun airnya tidak begitu kencang sehingga pengunjung cukup aman untuk melakukan sederet aktivitas wisata alam.
Alamat: Desa Rena Indah, Kecamatan Pagar Jati, Bengkulu Tengah (Peta Lokasi)
HTM: Gratis
Jam Buka: 09.00 - 17.00

3. Danau Gedang

image via: bengkuludaily.co - @ipulsoedibjoe
Di sebelah kanan tampak air tawar - sedangkan di bagian kiri, terlihat pantai berpasir putih yang posisinya menghadap samudera luas. Destinasi ini disebut Danau Gedang, sebuah cekungan tanah dengan luas 50 hektar yang menjadi danau alami di Bengkulu Tengah.

Begitu menjejakkan kaki di danau yang berair jernih tersebut, pandangan mata akan langsung terpesona. Apalagi ketika berjalan di atas onggokan tanah yang memisahkan air laut dan air tawar, sensasinya terasa sangat berbeda.

Ibarat destinasi terpendam, fasilitasnya masih sangat minim. Kecuali warga sekitar yang hendak memancing ikan, pengunjung yang datang masih bisa dihitung jari. Sebab itu, kamu tidak akan berdesak-desakan dengan pengunjung lain jika ingin menikmati keelokan danau tersebut.
Alamat: Desa Padang Betuah, Pondok Kelapa, Bengkulu Tengah (Lokasi)
Tiket Masuk: -
Jam Operasional: 24 Jam

4. Gunung Bungkuk

wisata bengkulu tengah
image via: instagram.com/simpha505
Mendaki gunung seolah menjadi hobi baru bagi sebagian orang, terlebih bagi mereka yang gemar berpetualang dan selalu merasa tertantan menghadapi medan yang berat. Jika demikian, Gunung Bungkuk di Merigi Sakti, cocok untuk dijelajahi.

Gunung ini adalah area hutan tropis yang didiami oleh suku Anak Dalam. Sedangkan di bagian puncaknya, sama sekali tidak berpenghuni. Untuk menaklukkan puncak tersebut tentu dibutuhkan usaha dan tenaga yang ekstra.

Dari melintasi hutan lebat hingga menuruni lereng curam, trekking menuju puncak akan memakan waktu cukup panjang. Pendaki juga harus menyiapkan logistik dan kebutuhan lainnya. Ketika tiba di puncak, perjuangan akan terbayar lunas oleh panorama yang menakjubkan.
Alamat: Kec. Merigi Sakti, Bengkulu Tengah (Peta Lokasi)
HTM: -
Jam Buka: 24 Jam

5. Air Terjun Sengak

image via: instagram/amulaufa99
Butuh spot berlibur keluarga yang tenang dan damai? Air Terjun Sengak adalah pilihan wisata alam selanjutnya. Tempat ini kabarnya sudah dibuka sejak lama. Namun karena terkendala oleh akses, keindahannya sempat terpendam.

Kini semenjak warga Desa Taba Heran, Kecamatan Taba Penanjung bahu-membahu dan bergotong-royong memperbaiki jalan ke lokasi, puluhan bahkan ratusan pengunjung setiap minggunya selalu meramaikan objek wisata yang dulu tersembunyi ini.

Pengelola Air Terjun Sengak menawarkan jasa antar-jemput bagi pengunjung yang tidak membawa kendaraan pribadi. Sementara itu, biaya tiket masuknya cukup bersahabat, cukup dengan membayar Rp5 ribuan sudah bisa menikmati air terjun tersebut.
Alamat: Desa Taba Heran, Kec. Taba Penanjung, Bengkulu Tengah (Lokasi)
Tiket: Rp5.000/kendaraan
Jam Buka: 09.00 - 19.00 WIB

6. Air Terjun Datar Lebar

image via: googlemap/sayopunyo
Berketinggian 20 meter dan mengalir melalui dua buah batu besar, Air Terjun Datar Lebar terletak di Desa Rena Lebar, Kec. Karang Tinggi. Tempat ini sangat sempurna untuk uji nyali, fisik dan ketangguhan, karena rute yang akan dilalui cukup sulit.

Begitu berhasil melewati rute yang ada, air terjun dengan pola bertingkat akan segera menyambut. Tetapi lagi-lagi, pengunjung harus konsentrasi ketika berjalan di atas bebatuan agar tidak tergelincir dan bisa sampai ke bawah.

Di air terjun ini, terdapat sebuah kolam yang jernih dan menyegarkan, kubangan air tersebut cocok untuk berendam - agar stamina yang menurun setelah 1 jam berjalan kaki terisi kembali. Jika cukup bernyali, wisatawan bisa mencoba menaiki susunan batu.
Alamat: Desa Rena Lebar, Kec. Karang Tinggi, Bengkulu Selatan (Lokasi)
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: Gratis

7. Air Terjun Embun

image via: myu pictures/googlemap
Benar saja, setelah berhasil mencapai air terjun ini, kaki akan dibasah oleh embun yang terendap di sela rumput dan dedaunan. Udara bersuhu dingin yang berpadu dengan suara percikan air terjun tentu membuat pikiran terasa rileks.

Wisata air terjun di Bengkulu Tengah ini terletak di kawasan Kecamatan Talang Empat. Lokasinya persis di Desa Lagan Bugin. Perlu dicatat, Curup Embun baru menjadi tempat populer beberapa waktu belakangan setelah sering diekspos oleh traveler lokal. 


8. Wisata Danau Biru

wisata bengkulu tengah
image via: @ramadhaneka/instagram
Siapa sangka jika daerah di Bengkulu Selatan ini mempunyai wisata danau biru. Berlokasi di Desa Surau, Kec. Taba Menanjung, Danau atau Telaga Biru menyajikan keunikan yang menawan. Tak hanya satu, ada 4 spot danau dengan air berwarna biru di tempat ini.

Menurut warga sekitar, ketika Danau Biru pertama kali ditemukan, keindahannya belum berubah dan masih tetap sama seperti sekarang. Coba bayangkan sejenak, bagaimana terjaganya destinasi unik yang satu ini. Bohong jika tidak tertarik mengunjunginya!

Tak hanya berfoto dengan latar danau biru, sejumlah wisatawan pun memutuskan untuk mendirikan tenda dan camping di sana. Lagi pula, untuk mengelilingi keempat danau dan mengabadikannya dengan kamera, pasti tidak cukup jika hanya sehari.
Alamat: Desa Surau, Kec. Taba Menanjung, Bengkulu Tengah
HTM: Rp10.000
Jam Buka: 09.00 - 21.00

9. Pantai Harapan

wisata bengkulu tengah
image via: cipto winarno/googlemap
Pantai ini masih berpusat di sekitar Pondok Kelapa, sayangnya belum dimaksimalkan. Padahal potensinya sangat besar untuk mendukung jaringan destinasi di kecamatan tersebut. Pun pengunjungnya masih sebatas masyarakat sekitar.

Karena belum begitu banyak dikunjungi, disini bisa sejenak melupakan hiruk pikuk perkotaan yang ruweh tanpa harus berdesak-desakan. Mulailah bermain pasir, mengambil foto, berenang atau menyaksikan ombak yang berkejar-kejaran ke sisi pantai.

Ingat untuk selalu waspada, ombak di Pantai Harapan sedikit sulit ditebak. Apalagi jika mengunjunginya pada musim penghujan atau ketika laut sedang pasang. Owh iya, sunset dan sunrise di pantai Bengkulu Tengah ini keren, lho!
Alamat: Desa Harapan, Kec. Pondok Kelapa (Peta Lokasi)
Tiket: -
Jam Buka: 07.30 - 18.30 WIB

10. Air Terjun Tabalagan

wisata bengkulu tengah
image via: instagram.com/harpisari
Berhubung tingginya cuma 1,5 meter ditambah debitnya tak terlalu deras, jadi kalau ke Air Terjun Tabalagan di akhir pekan sih, paling enak bermain air bareng keluarga dan anak-anak. Pasti seru karena bisa menyenangkan si kecil.

Kedalaman kolam di air terjun beraliran sedang ini berbeda-beda. Selain setinggi lutut orang dewasa, ada juga spot yang kedalamannya kurang lebih 2 meter. Spot tersebut adalah favoritnya kawula muda. Pasalnya, mereka bisa melompat dan terjun ke dalam kolam.
Alamat: Desa Langan Bungin, Talang Empat, Bengkulu Tengah ( Lokasi)
Tiket: Gratis
Jam Buka: 06.00 - 18.00

11. Bendungan Sukarami

tempat wisata bengkulu tengah
image: instagram.com/yedipro
Berada di daerah persawahan nan hijau, pada awalnya Bendungan Sukarami yang juga dinamai Bendungan Padang Segaro adalah waduk irigasi air. Paska ditata ulang oleh Dinas Pengerjaan Umum (PU), bendungan tersebut langsung dimanfaatkan warga untuk rekreasi.

Tempat ini sendiri bisa dimasukkan ke dalam wisata sejarah. Konon katanya, Bendungan Segaro dibangun oleh orang pendahulu agar sawah di wilayah tersebut tidak mengalami kekeringan. Mengingat fungsinya yang begitu vital, dinas PU kemudian memperbaiki arsitektur bangunannya.

Bagi yang ingin mencoba berenang, di lokasi bendungan sudah tersedia lapak penyewaan ban pelampung. Bila tak mau basah-basahan karena tidak membawa pakaian ganti, ngaso di sekitar bendungan sembari memandang sawah juga sudah cukup menyenangkan kok.
Alamat: Desa Sukarami, Kec. Taba Penanjung, Kab. Bengkulu Tengah
Tiket Masuk: Rp2.000
Jam Buka: 08.30 - 17.30 WIB

12. Pantai Pekik Nyaring

wisata bengkulu tengah
image via: @almashawol/instagram
Menjaga lingkungan laut adalah tradisi budaya pesisir di Bengkulu Tengah yang terus dipertahankan. Selain tidak mengotori laut, sebagian besar dari mereka juga memiliki sumbangasih dalam merawat ekosistem laut dan segala isinya.

Seperti Pantai Pekik Nyaring di Kec. Pondok Kelapa yang merupakan daerah perlindungan penyu ini. Di sini, ada pusat penangkaran 4 jenis penyu yaitu lengkang, penyu hijau dan penyu sisik yang tradisinya dapat dilihat serta dipelajari langsung oleh para wisatawan.

Di Pantai Pekik Nyaring, kapal para nelayan yang berlabuh setelah pulang mencari ikan dari laut juga dapat disaksikan. Hasil tangkapan mereka bisa dibeli sebagai oleh-oleh lho! Nah, jangan lupa swa-foto di depan perahu nelayan untuk dipamerkan ke sosial media ya.

Wah, banyak juga ya tempat wisata di Bengkulu Tengah. Bahkan destinasinya bisa dikatakan sangat lengkap. Tidak berkutat pada alam saja, pun pantai dan spot kekinian yang baru muncul. Masih ada tambahan objek lain? Yuk beritahukan kami di kolom komentar. (image cover credit: @darlismuhan/instagram - @noviarsa/googlemap)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -