MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Gawu Sifakiki: Pantai Pasir Berbisik di Nias

Gawu Sifakiki: Pantai Pasir Berbisik di Nias
Add Comments
5/17/2021
Gawu Sifakiki - Lokasi: Sifahando, Sawo, Nias Utara, Sumatera Utara, Indonesia (Titik Koordinat) - HTM: Rp0 - Jam Buka: 08.00 s/d 18.00 - Atraksi Wisata: Bahari dan Alam
Terletak tepat di desa Sifahandro, Kec. Sawo, Gawu Sifakiki merupakan salah satu pesona bahari yang memukau untuk kamu kunjungi. Kendati tak sepopuler Gawu Soyo, tetapi objek wisata yang juga sering disebut dengan nama Pantai Pasir Berbisik ini memiliki daya tarik tersendiri.

Pantai Pasir Berbisik menjadi tujuan wisata yang wajib traveler kunjungi ketika sedang berada di Kepulauan Nias. Pantai yang memiliki panjang -/+ 200 meter ini dikelilingi oleh pohon cemara laut, panorama samudera biru luas membentang dan gugusan batu-batu karang.
pantai pasir berbisik

Tiket Pantai Gawu Sifakiki

Pantai Pasir Berbisik merupakan area rekreasi alam yang selalu ramai setiap akhir pekan, terutama pada hari minggu dan musim libur nasional. Tingginya animo masyarakat Nias berkunjung ke Gawu Sifakiki bukan tanpa alasan. Pasalnya, pengunjung tak perlu membayar tiket masuk.
Harga Tiket Masuk Pantai Pasir Berbisik
Tiket NormalRp0

Karena semua pesona bahari yang terdapat di area pantai dapat dinikmati secara cuma-cuma alias gratis, maka wisatawan bisa mengalihkan pengeluaran untuk tiket masuk ke berbagai biaya lain yang diperlukan, seperti untuk kebutuhan konsumsi, makan ataupun minum.

Pesona & Aktivitas Menarik

Awal mula disebut Pantai Pasir Berbisik berasal dari fenomena alam yang selalu dirasakan pengunjung ketika mendatangi objek wisata ini. Dimana, ketika kaki traveler bersinggungan dengan hamparan pasir putihnya, akan terdengar bunyi yang seolah sedang berbisik syahdu.

Sementara itu, kata 'Gawu Sifakiki' yang diambil dari bahasa Nias lokal, secara harfiah mempunyai arti 'pantai dengan pasir yang berbisik'.

Tidak sebatas membuktikan fenomena yang unik itu saja, setiap kalangan pengunjung akan disajikan sederet pesona memukau yang tentunya dapat dinikmati dengan beragam aktivitas-aktivitas seru layaknya wisata pantai pada umumnya.

1. Menyusuri Baris Pohon Cemara

gawu sifakiki
image credit: fb/gerhard folaizaro hulu
Selama berlibur di pantai ini, pengunjung tak akan pernah merasa kepanasan. Sebab di pinggir pantainya, terdapat pohon-pohon cemara yang memang sengaja ditanam untuk meneduhkan lokasi. Tak jarang pula, wisatawan nampak asik duduk sembari berjalan-jalan di antara tanaman hias tersebut.

Bahkan jika rela sedikit lelah, traveler bisa sekalian langsung menyambangi Pantai Luzamano di sebelah utara. Tetapi, dengan kerindangan pepohonan yang tersaji begitu indah di Pantai Pasir Berbisik, sepertinya traveler tak harus melakukan itu.

Bagi yang membawa bekal, bisa memanfaatkan area pohon cemara ini untuk lesehan. Sembari mencicipi makanan dan minuman yang dibawa serta dari rumah, traveler akan dimanjakan pemandangan ombak yang berkejar-kejaran di lepas pantai.

2. Menikmati Laut dan Bermain Air

image credit: bayu saptohadi
Sejak dahulu, pantai di Desa Sifahandro ini memang bukanlah favoritnya turis mancanegara. Tak heran jika pada masanya, pengunjung yang datang didominasi oleh warga lokal saja. Selain menghabiskan akhir pekan, tak sedikit dari mereka berenang dan merasakan segarnya air laut di Gawu Sifakiki.

Bermain air laut tak melulu soal berenang atau berendam, lebih lagi di pantai dengan tinggi ombak yang bisa mencapai 1 meter ini. Masih ada beberapa opsi lain, seperti menunggu sunset ataupun bermain pasir. Nah, ketika ombak laut sedang bagus, tentu saja traveler tetap bisa berenang.

Umumnya, para wisatawan yang libur bersama keluarga memilih waktu kunjungan pada siang hari, bertepatan ketika laut sedang tidak berombak kencang. Lantaran sinar matahari cukup terik, sebaiknya gunakan topi pelindung agar kulit tidak tersengat sinar UV.

Fasilitas

Objek wisata ini sudah tidak seramai dulu lagi. Padahal ketika sedang hits-hitsnya, pengunjung perharinya mencapai puluhan orang. Hal itu ditenggarai oleh beberapa hal, termasuk fasilitasnya yang sekerang ini sudah tidak memadai lagi.

Warung makan dan gazebo yang sempat dibangun tak lagi dihuni. Begitupun fasilitas toilet dan bilik bilas sama sekali tidak ada. Tak heran jika kebanyakan wisatawan yang datang ke sana ialah kawula muda yang tidak suka dengan destinasi hits. Meski begitu, Pantai Pasir Berbisik masih bisa dipilih untuk opsi liburan.

Lokasi

Gawu Sifakiki atau Pantai Pasir Berbisik terdapat di Desa Sifahandro, Kecamatan Sawo, Kabupaten Nias Utara, Sumatera Utara, Indonesia.


Meski kondisinya kini sudah kurang terawat dan sangat membutuhkan perhatian dari Pemkab Nias Utara, Namun, eksotika alam yang indah dan pesona bahari nan memikat tentu saja membuat traveler tidak perlu ragu lagi mengunjungi destinasi elok ini.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -