MASIGNASUKA101
7168738000188950837

11 Tempat Wisata di Muara Enim Terkini dan Terbaru

11 Tempat Wisata di Muara Enim Terkini dan Terbaru
Add Comments
5/31/2021
Memiliki luas total 7.483 km persegi, menghabiskan liburan dengan mengelilingi wisata Muara Enim di Sumatera Selatan akan menjadi liburan menyenangkan. Dikarenakan wilayahnya yang termasuk luas membuat pesona wisata Muara Enim sangat layak dijelajahi.

tempat wisata di muara enim
Setidaknya, terdapat sederet destinasi wisata cantik nan menawan bisa dijelajah di kabupaten Muara Enim. Seperti jejeguran ke air terjun yang eksotis nan populer, menyambangi objek wisata alam yang masih natural hingga berjalan-jalan ke spot-spot rekreasi terbaru.

Karenanya, bisa disimpulkan bahwa kabupaten di sebelah selatan kota Palembang ini menyimpan beragam pesona alam nan indah yang wajib dikunjungi. Seperti berikut ini ada 11 tempat wisata di Muara Enim yang akan membuat kamu terpukau.

1. Air Terjun Bedegung

wisata muara enim
image via: yosafat dhimas/instagram
Sebagai wilayah yang didominasi kontur perbukitan dan dataran tinggi, muara Enim mempunyai sejumlah air terjun yang sudah cukup terkenal. Salah satu yang ramai disambangi para penikmat alam terutama wisatawan penggemar wisata petualangan adalah Air Terjun Bedegung.

Sesuai namanya, lokasi wisata air terjun ini berada di Desa Bedegung, Kecamatan Tanjung Agung, Kab. Muara Enim. Untuk sampai kesana, dari desa terdekat para petualang akan dihadapkan rute yang menantang. Jika ditambah perjalanan dari Palembang atau ibukota kabupaten. Maka estimasi waktu yang dibutuhkan mencapai 3-4 jam.

Apa yang bisa dilihat saat mengunjungi air terjun di Muara Enim? Tidak hanya air terjun dengan ketinggian mencapai 100 meter, kolam-kolam air yang terbentuk secara alami di tepi aliran air terjun yang juga sering dinamai dengan Curup Tenang Bedegung bisa digunakan untuk berenang sembari menyegarkan badan.
Lokasi: Desa Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim, Sumsel (Peta Koordinat)
Tiket Masuk: Rp10.000/orang
Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB

2. Taman Bunga JB Park

image: sep uyee/instagram
Paska taman bunga celosia di Muara Enim ditutup pengelola bagi wisatawan, kini hadir sebuah tempat wisata yang mengusung konsep serupa yakni Taman Bunga JB Park. Dilansir dari Sumselupdate.com destinasi hits ini baru dibuka pada pertengahan tahun 2020. 

JB Park merupakan taman yang berlokasi di Sebau, Kab. Muara Enim. Selain taman bunga, tersedia berbagai wahana rekreasi dan instalasi swa-foto. Tentunya objek wisata buatan ini sangat tepat untuk kamu menikmati akhir pekan, baik dengan family maupun rekan terdekat.

Tiket masuk ke JB Park tidak begitu mahal, cukup dengan mengeluarkan biaya HTM sebesar 15 ribuan per orang, para pengunjung sudah diizinkan menikmati aneka tanaman hias, merasakan suasana ala pedesaan serta berfoto selfie di sekitar area.
Lokasi: Desa Sebau, Kec. Gelumbang, Kab. Muara Enim (Peta Koordinat)
Tiket Masuk: Rp10.000/orang
Jam Buka: 08.30 - 18.00 WIB

3. Bukit Kendi

wisata muara enim
image via: instagram.com/ayupuspitasarih
Wisata alam di Muara Enim selanjutnya yang pas bagi para penikmat ketinggian dan pendaki gunung adalah Bukit Kendi. Terletak di kecamatan Lawang Kidul, bukit dengan eksotika khas dataran tinggi ini semakin ramai dikunjungi para petualang setelah tersingkap keelokannya.

Berkemah dan bermalam di puncak bukit mungkin sudah biasa. Tetapi di tempat ini, ada keindahan lain yang akan tersingkap pada pagi dan sore hari. Ya! Suguhan sunrise dan sunset dengan bias cahaya langit yang berpendar akan membuatmu enggan mengalihkan pandangan.

Kendati jalur ke bagian puncak tidak terlalu sulit. Namun, pengunjung akan berhadapan dengan rute yang lumayan lama. Tetapi perjalann ke puncak bukit tidak akan membosankan. Sebab, langit biru dan hamparan hijau perbukitan akan setia menemani.
Lokasi: Tanjung Enim Selatan, Desa Darmo, Kecamatan Lawang Kidul, Kab. Muara Enim 
Tiket Masuk:  - 
Jam Buka: Tutup

4. Taman Love Tanjung Enim

tempat wisata di muara enim
image credit: ragid p saab
Dilansir dari Muaraenimkab.go.id - di kabupaten ini memang sudah ada beberapa taman hijau buatan. Akan tetapi, Taman Love Tanjung Enim memiliki daya tarik tersendiri. Dimana taman hijau ini sangat identik dengan wahana swa-foto.

Karena mempunyai instalasi-instalasi foto yang unik, taman seluas 1/4 hektar yang terletak di pusat kota Muara Enim, menjadi buruan bagi warga dan kawula muda yang hobi dunia fotografi. Selain itu warga juga menggunakan areal taman untuk liburan singkat.

Apalagi terdapat aneka tanaman hias dan beragam jenis bunga di Taman Love Tanjum Enim. Alhasil, nuansa romantis akan terasa begitu dekat. Namun, bukan berarti tempat ini hanya diperuntukkan bagi anak muda saja lho! Cocok juga kok dijadikan sebgai spot piknik keluarga.
Alamat: Kota Tanjung Enim, Kab. Muara Enim, Sumsel -Peta Lokasi)
Jam Buka: 08.00 - 17.00 WIB
HTM: Gratis

5. Danau Cinta

tempat wisata di muara enim
image via: instagram.com/avedkucing
Selain danau Shuji, terdapat wisata danau di Muara Enim yang masih agak tersembunyi. Ya, Danau Cinta yang terletak di Desa Lawang Kidul, Darmo, Sumatera Selatan ini belum begitu familiar, hanya pendaki gunung dan pecinta alam saja yang mengetahuinya.

Danau Cinta berada di kawasan PT. Bukit Asam, Tbk. Sehingga wisatawan harus mendapatkan izin jika ingin ke sana. Selain melihat pesona danau biru yang terlihat seperti bentuk hati, pengunjung dapat memancing ikan dan berenang.

Pengunjung juga bisa melihat lansekap danau di Muara Enim ini dari Bukit Kendi. Keindahannya yang memukau dan warna airnya yang hijau kebiruan niscaya membuat wisatawan tak jemu memandangnya saat berdiri di bukit setinggi 342 meter ini.
Alamat: Tanjung Enim Selatan, Lawang Kidul, Darmo, Muara Enim, 31355 (Peta Lokasi)
Tiket Masuk: -

6. Air Terjun Curup Bali

wisata muara enim
image credit: are 4108.googlemap
Berjarak kurang lebih 44 kilometer dari kota Muara Enim, Air Terjun Curup Bali menyajikan keunikan berupa air terjun setinggi 21 meter dengan debit air yang cukup besar dan deras. Keunikan lainnya dapat ditemukan di area dasar air terjun berupa batu-batu granit berukuran besar.

Untuk mengunjungi aCurup Bali, wisatawan harus siap menghadapi medan yang cukup berat. Sebab, perjalanannya tidak hanya mengggunakan transportasi umum, tetapi perlu melewati perbukitan, tebing curam dan area hutan lindung.

Objek wisata di Kec Tanjung Agung, Muara Enim ini belum dikelola oleh pihak pemerintah maupun pihak swasta. Tak heran jika fasilitas dan sarana penunjang lainnya belum maksimal. Di satu sisi, hal tersebut memberi tantangan tersendiri bagi wisatawan.
Alamat: Desa Lebak Budi, Kecamatan Tanjung Agung, Muara Enim (Peta Lokasi)
Jam Buka: 24 Jam
HTM: Gratis

7. Air Terjun Bemban

wisata muara enim
image: maticsupermotovlog/googlemap
Air Terjun Bemban adalah wisata air terjun yang lokasinya masih berada di daerah Tanjung Agung, persisnya di Desa Bedegung. Berbeda dengan air terjun sebelumnya, di sini justru terdapat 3 buah air terjun yang terhampar indah bagaikan tirai.


Kendati ketinggiannya hanya berkisar antara 8 sampai 10 meter saja, nuansa eksotik yang akan wisatawan jumpai di air terjun ini akan membuat wisatawan merasakan kealamian yang sesungguhnya. Apalagi di kawasan ini ada kolam-kolam alami untuk berenang.
Alamat: Desa Bedegung, Kec. Tanjung Agung, Kab. Muara Enim (Peta Lokasi)
HTM: Rp5.000/wisatawan
Jam Operasional: 09.00 - 18.00

8. Air Panas Gemuhak

tempat wisata di muara enim
image: baturajaupdate
Air Panas Gemuhak menjadi destinasi baru untuk berwisata seru. Serupa dengan pemandian air panas lainnya, Gemuhak memiliki sejumlah mata air dengan kandungan belerang yang keluar dari perut bumi. Air tersebut diyakini bagus untuk kesehatan kulit.

Rasakan sensasi berendam di dalam kolam pemandian air panas yang terbentuk secara alami. Sambil berendam dan menghangatkan tubuh, wisatawan akan disodori dengan pemandangan uap air berwarna putih yang terbang ke langit di lubuk ini.

Pesona lainnya yang ada di Air Panas gemukhak tak kalah memesona untuk ditelusuri. Seperti menengok kolam bersuhu 100 derajat celcius, menyaksikan fenomena glester hingga menerabas hutan demi menemukan bunga anggrek kalajengking. 
Alamat: Desa Gunung Tiga, Kec. Semendo, Kabupaten Muara Enim (Peta Lokasi)
Tiket: Rp5.000
Jam Buka: 09.20 - 18.20

9. Danau Deduhuk

wisata muara enim
image via: @ikral.s
Berada di wilayah kecamatan Semendo Darat Ulu, Danau Deduhuk merupakan perairan air tawar seluas 11 hektar yang cocok dipilih sebagai lokasi liburan panjang. Selain karena letaknya yang terpaut 5 jam dari pusat kabupaten, banyak aktivitas seru bisa dilakukan di sana.

Nama danau ini sendiri diambil dari vegetasi tumbuhan deduhuk yang banyak dijumpai di kawasan ini. Dilansir dari Sumeks.co - danau berwarna hijau di kawasan Lubuk Nipis ini tengah dikembangkan untuk menjadi tempat rekreasi terbaru di wilayah Kab. Muara Enim.

Pepohonan rindang, air danau nan jernih dan tumbuhan deduhuk akan menemani wisatawan yang berlibur ke tempat ini. Ke depannya, di area danau akan dibangun sederet fasilitas mumpuni. Meliputi area pedestrian, akses jalan, home stay (penginapan), wahana permainan, gazebo dan lainnya.
Alamat: Desa Segamit, Kec. Semendo Darat Ulu, Kabupaten Muara Enim (Peta Lokasi)
Jam Buka: Buka 24 Jam
Tiket Masuk: Rp0

10. Taman Adipura

tempat wisata di muara enim
image: revio anggoro/googlemap
Objek wisata di Muara Enim selalu menempati hati warga lokal maupun pengunjung dari luar. Salah satu yang paling sering direkomendasikan bagi para pejalan adalah Taman Adipura. Sebuah tempat rekreasi buatan yang menawarkan nuansa kekinian.


Taman ini dibangun demi memperingati bahwa kabupaten Muara Enim pernah mendapatkan penghargaan piala Adipura dari pemerintah pusat. Penghargaan tersebut dinilai dari sapta pesona, kebersihan dan kerapihan kabupaten yang berdiri sejak tahun 1946 ini.
Alamat: Muara Enim, Kec. Muaraenim, Kab. Muara Enim (Peta Lokasi)
Tiket Masuk: Gratis
Jam Buka: 24 Jam

11. Candi Bumiayu

wisata muara enim
image: @candibumiayuexplore
Candi Bumiayu merupakan tujuan wisata sejarah dan religi di Muara Enim. Komplek candi ini dibangun sekitar 897 masehi silam di bagian selatan Sungai Lematang. Konon, komplek seluas 76 hektar tersebut adalah peninggalan dari kerajaan Gedebong Undang.

Sebagai komplek sejarah, Candi Bumiayu yang terdiri dari 11 buah candi ini sudah dipugar oleh pemkab setempat, meliputi candi unit 8,  1, 2 dan 3. Di dalamnya, terdapat patung-patung dewa, fragmen arca, kuil dan peninggalan sejarah berwujud benda lainnya.

Itulah daftar dari tempat wisata di muara enim yang sangat rekomended. Tak hanya destinasi terbaru, beberapa diantaranya juga mempunyai daya tarik yang berbeda-beda. Jika punya banyak waktu, kamu harus mengunjungi objek tersebut satu per satu. (image cover: instagram/azuarsakbar/andikapratama)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -