MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Mandiri - Akses Lokasi, Tiket Masuk & Pesona Atraksi

Pantai Mandiri - Akses Lokasi, Tiket Masuk & Pesona Atraksi
Add Comments
1/26/2023
Pantai Mandiri - Alamat: Desa Pekon Mandiri, Krui, Pesisir Barat, Provinsi Lampung (Map Lokasi) - HTM: Mulai Rp2.000 - Jam Buka: 08.00 s/d 19.00 (Senin s/d Minggu) Atraksi: Laut, Kuliner & Akomodasi Penginapan
Tidak semua wilayah laut di Kab. Pesisir Barat disisipi oleh ombak menantang dan hamparan pasir hitam yang mempesona. Salah satu tempat dimana terselip pesona tersebut adalah Pantai Mandiri yang lokasinya berada di Desa Pekon Mandiri Sejati, Kec. Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Lampung.

pantai mandiri krui lampung
Secara popularitas, Pantai Mandiri merupakan kawasan pesisir di seputaran Teluk Lampung yang terkenal sebagai tujuan wisata olahraga selancar. Bukan hanya para surfer, wisatawan umum juga sering kali bepergian ke tempat ini untuk melihat indahnya atraksi ombak laut.

Selain daya tarik wisatanya yang memukau, pantai favorit para peselancar ini juga memiliki fasilitas yang termasuk mumpuni. Dari tersedianya penginapan dengan tarif bervariasi, kemudahan aksesibilitas hingga sarana prasarana lengkap yang nmembuat tempat tersebut pantas dikunjungi.

Tiket Masuk

Seperti kebanyakan objek wisata di Pesisir Barat lainnya yang rata-rata digratiskan Pemkab, begitu pun pantai andalan Pekon Mandiri Sejati ini dapat dinikmati secara cuma-cuma. Wisatawan lokal maupun domestik hanya dipungut biaya parkir kendaraan saja.
Biaya Masuk
Tiket Parkir MotorRp2.000
Tiket Mobil/BusRp10.000
Karena tiket masuknya dihargai secara gratis, pengunjung diharapkan menjaga kebersihan dan keindahan di seluruh areal pantai agar tempat wisata ini terus terjaga sehingga selalu mampu memberikan pengalaman berlibur menyenangkan bagi setiap pengunjung.


Jam Buka

Tidak semua area di kawasan pantai dibuka sepanjang waktu. Untuk jam buka destinasi wisata pantainya mengikuti aturan dari pemerintah. Sedangkan jam operasional penginapan dan hotel sudah pasti dibuka selama 24 jam setiap hari.
Jam Buka/Operasional
Area Pantai08.00 - 19.00
Area Hotel/Penginapan24 Jam
Jam operasional tetap sama saat libur nasional, misalnya hari raya Idul Fitri, Natal, Imlek maupun tahun baru. Pada saat libur, sangat direkomendasikan untuk datang lebih awal mengingat persentase pengunjung yang padat. Pastikan juga booking hotel untuk memastikan ketersediaan kamar.

Ragam Pesona Pantai Mandiri Krui

Pantai Mandiri adalah pantai berpasir hitam di Lampung dengan suguhan laut bernuansa alami. Panorama hijau yang membentang luas di sepanjang garis pesisir kian menawan berkat pemandangan gradasi laut biru dilapisi air berwarna toshca.

Memiliki luas area mencapai 2 hektar, sangat wajar jika di pantai ini terdapat berbagai fasilitas yang memanjakan pengunjung. Misalnya spot surfing bagi peselancar, sarana akomodasi berupa penginapan untuk tamu hingga tempat bersantai yang nyaman.

Pesona alamnya yang mengagumkan beserta luasnya seluruh area pantai membuat para pengunjung dapat melakukan sederet aktivitas yang menarik. Terlebih lagi jam operasional wisata yang berlaku cukup panjang sehingga pengunjung tak dibatasi dalam menikmati waktu liburan.

1. The Mandiri Beach Club

image via: lachlen frederic/gmaps
Daya tarik pertama di tempat ini ialah Mandiri Beach Club, sebuah hotel resort berkonsep villa di kawasan wisata Pesisir Barat yang terkenal berkat kamp selancarnya. Tidak hanya disukai untuk kegiatan surfing, keberadaan resortnya pun ideal untuk tempat bermalam bersama keluarga.

Kualitas liburan semakin prima karena di penginapan tersebut terdapat kolam renang dengan view langsung menghadap pantai. Villa ini memang dirancang sempurna agar setiap wisatawan, tanpa batasan usia bisa mendapatkan pengalaman yang tak terlupa.

Peselancar yang punya nyali besar menantang sekaligus menaklukkan gelombang ombak biasanya ramai dari bulan November sampai Mei. Jika tertarik melihat atraksi memukau para peselancar bermain di atas ketinggian ombak, datang saja ke Mandiri Beach Club pada bulan tersebut.

2. Pantai Berpasir Hitam Tanpa Batu Karang

pantai mandiri
image via: dwi widianto/instagram
Niat berenang tetapi khawatir terluka terinjak batu karang? Pengalaman tak mengenakkan itu tidak akan pengunjung rasakan saat berwisata di Pantai Mandiri. Pasalnya, tempat ini bebas dari segala jenis bebatuan. Dengan begitu, wisatawan bisa leluasa berenang maupun bermain air.

Keindahan berikutnya yang bikin tempat wisata ini begitu difavoritkan wisatawan adalah butiran pasir hitam yang menutupi seluruh permukaan pantai. Pasir-pasir halus tersebut diketahui mengandung mineral kuarsa yang mengalami proses oksidasi oleh mineral besi. Proses itu menciptakan pasir hitam yang berkilau seperti di pantai ini.

Seakan menggoda, kilau pasir kehitaman yang mempercantik pinggiran pantai memang membuat pengunjung tak sabar menginjakkan kaki di atasnya. Jika turis mancanegara lebih suka menggelar tikar sambil berjemur di area ini, wisatawan lokal lebih banyak memilih bermain pasir dan mendirikan istana pasir.


3. Sunrise, Sunset dan Kuliner

image via: jennys surfcamp/gmaps
Bergulirnya posisi matahari dari arah barat hingga kemudian terbenam ke arah timur menjadi momen yang banyak ditunggu para penikmat alam. Beruntungnya, di sini kedua momen itu, baik sunrise mapun sunset dapat pengunjung lihat secara langsung. Hal tersebut juga jadi alasan banyaknya pengunjung memilih bermalam di penginapan yang ada di Pantai Mandiri.

Dengan begitu, pengunjung tak lagi harus diburu waktu demi melihat sunrise di pagi hari. Pun pada sore hari, wisatawan dapat lebih santai menunggu sunset. Disela-sela waktu tersebut, pengunjung yang hobi berfoto dapat mengeksplorasi setiap spot yang cantik dan instagramable untuk berselfie.

Atau jika masih punya banyak waktu luang, singgah saja ke warung makan dan restoran yang berbanjar di sepanjang jalan pantai. Meski menyajikan makanan yang didominasi hasil laut, tetapi tempatnya cukup cozy untuk nongkrong sambil neneguk segelas kopi dan minuman dingin.

Fasilitas

Fasilitas wisata Pantai Mandiri dijamin membuat pengunjung betah menghabiskan liburan di sini. Semua sarana dan prasarana yang dibutuhkan wisatawan sudah terpenuhi dengan baik. Beberapa fasilitas yang bisa pengunjung temukan diantaranya:

- Tempat Parkir
- Penginapan Hotel
- Tempat Makan
- Surf Camp
- Toilet
- Kolam Renang Private 
- Suvenir

Jika hendak digunakan, beberapa fasilitas tersebut perlu bajet tambahan. Terutama soal penginapan, tetapi masih ada beberapa opsi akomodasi dengan harga kamar yang lebih terjangkau untuk wisatawan pertimbangkan. Supaya lebih irit, sebaiknya bawa bekal makanan dan minuman agar pengeluaran berlibur tidak membengkak.

Akses dan Lokasi Pantai Mandiri

Sesuai dengan yang sudah diutarakan sebelumnya, alamat administratif Pantai Mandiri berada tepat di Desa Mandiri Sejati, Balai Kencana, Kecamatan Krui Selatan, Kabupaten Pesisir Barat, Provinsi Lampung, Lebih detail lagi, silahkan lihat pada peta rute tersemat berikut.


Dari kota Krui, perjalanannya hanya sekitar 20 menit atau berjarak kurang lebih 12,1 km jika melalui Jl. Lintas Barat Sumatera. Berangkat dari pusat ibukota kabupaten, ambil rute melewati jalan Labuhan Jukung, teruskan hingga menemukan plang petunjuk destinasi yang dituju.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -