MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Pantai Mutun - Akses Lokasi, Tiket Masuk dan Sederet Aktivitas

Pantai Mutun - Akses Lokasi, Tiket Masuk dan Sederet Aktivitas
Add Comments
2/26/2023
Pantai Mutun | Alamat Destinasi: Sukajaya Lempasing, Padang cermin, Kabupaten Pesawaran, Lampung, Indonesia (Peta Lokasi) |Jam Buka: 08.00 - 20.00 (24 Jam) | HTM: Mulai dari Rp5k | Atraksi: Laut, Penginapan dan Alam
Berdasarkan letak administrative, Pantai Mutun merupakan kawasan pesisir di Pesawaran, Lampung yang menyajikan bentang laut dan alam. Kawasan seluas 2,5 hektar ini memanjang sejauh 1,2 km dari arah Pulau Tembikal hingga ke ke arah barat Sukajaya Lempasing serta menghadap langsung Pulau Tangkil.

Tak jauh dari Pantai Mutun, ada pula wahana bermain waterpark dan beberapa akomodasi penginapan yang relatif terjangkau. Sehingga kawasan ini tak sekedar menawarkan pesona laut saja, tetapi tempat ersebut juga jadi tujuan rekreasi yang super lengkap di akhir pekan.

pantai mutun lampung
Pantai yang cantik dengan pasir putih bernama Pantai Mutun di Pesawaran ini adalah salah satu destinasi yang senantiasa difavoritkan oleh berbagai kalangan. Sesuai informasi yang dihimpun Travelingmedan, banyak wisatawan memanfaatkan waktu libur mereka berkunjung ke sini.

Tiket Masuk

Wisatawan bisa menikmati keindahan Pantai Mutun dengan membayar tiket masuk. Pengunjung tentu tak perlu mengeluarkan biaya terlalu banyak. Namun jika hendak bermain di area bermain atau menggunakan fasilitas perlu menyiapkan tarif tambahan.
Harga Tiket Masuk
Tiket MotorRp10.000
Tiket MobilRp30.000
Tiket Bus Kecil-SedangRp75.000
Tiket Bus Pariwisata BesarRp100.000
Dengan biaya masuk yang bisa dikatakan relatif murah, pengunjung dapat merasakan serunya berlibur di tempat ini baik pada hari biasa maupun akhir pekan. Telebih lagi tiket yang ditawarkan tersebut sudah termasuk parkir kendaraan.


Jam Buka

Waktu terbaik untuk berkunjung ke Pantai Mutun pastinya di pagi hari dan juga menjelang sore. Selama jam operasional berlangsung, setiap wisatawan dapat menghabiskan waktu dengan bermain air, berjalan-jalan sembari menunggui sunset.
Jam Buka Pantai
HariBuka/Tutup
Senin - Minggu08.00 - 20.00 WIB
Sepanjang jam buka berlangsung, semua fasilitas di pantai ini dipastikan beroperasi. Berikut warung makan, waterpark, penyewaan alat bermain dan lainnya. Kecuali hotel dan penginapan selalu dibuka 24 jam penuh tanpa batasan waktu.

Ragam Aktivitas di Pantai Mutun

Sebagai salah satu pantai terdekat di Bandar Lampung, objek wisata ini menyediakan berbagai macam atraksi buatan yang melengkapi pesona bahari yang ada. Oleh sebab itu pula, pantai ini nyaris tak pernah sepi bahkan selalu dibanjiri pengunjung terutama di saat libur umum.

Secara garis besar, pantai ini sebenarnya terbagi ke dalam dua area. Pertama Mutun 1 yang pengelolaannya di bawah naungan pemerintah daerah. Sedangkan Mutun 2 sudah dikelola pihak swasta. Meski berbeda area, tetapi secara administrative keduanya masih dalam satu kawasan.

Wilayah yang hampir seluruh daerah administratifnya berbatasan dengan laut ini tentu menawarkan bermacam aktivitas seru mulai dari berenang hingga bermalam di penginapan. Agar lebih detail, berikut keseruan yang bisa pengunjung lakukan saat mengisi hari liburan ke tempat ini.

1. Bermain Air dan Berenang

pantai mutun
image via: instagram/budhi anto
Pantai yang membentang di kawasan Teluk Lampung ini memiliki ombak laut yang tenang. Wisatawan bisa bermain air dari arah bibir pantai hingga jarak 25 meter ke arah laut lepas. Hanya saja pada saat air laut sedang pasang, hindari bermain sampai ke batas aman yang telah ditentukan pengelola.

Dilansir dari pariwisata.pesawarankab.go.id ternyata pantai ini jadi primadona warga karena kondisi air lautnya yang jernih dan kebiruan. Apalagi kebersihan di seluruh area ini sangat terjaga. Sehingga pengunjung tidak perlu ragu untuk berenang sepuasnya.

Tak hanya orang dewasa, wisatawan dari golongan anak-anak juga dapat menikmati segarnya air laut dengan bermain air. Kegiatan satu ini paling ideal dilakukan bersama keluarga. Terlebih saat cuaca sedang benar-benar terik, wajib berendam untuk membuat tubuh kembali segar.

2. Menikmati Pasir Putih dan Mencoba Wahana

pantai mutun lampung
wisatawan terlihat bermain wahana ayunan di atas pasir - image via: widowati kw
Pasir putih yang ada di Pantai Mutun adalah daya tarik wisata yang secara visual mampu menghipnotis pengunjung. Terlebih ketika matahari sedang bersinar penuh sehingga membuat butiran-butiran pasir terlihat semakin berkilau dari kejauhan.

Ada banyak cara bagi wisatawan untuk menikmati pasir putih tersebut. Misalnya spot berjemur bagi yang ingin tanning, membangun istana pasir atau tempat menggelar tikar. Capek bermain pasir, maka mencoba wahana air patut diperhitungkan.

Soal wahana, pengunjung tinggal memilih, entah menaiki banana boat atau mencoba beragam permainan air lainnya satu per satu. Menjajal wahana yang tersedia pasti sangat menyenangkan, wisatawan pun tak akan diliputi rasa bosan.

3. Menginap di Hotel atau Camp Area

pantai mutun
pantai yang indah dengan sarana penginapan image via: zuryani zf
Ketersediaan sarana akomodasi sudah seperti kebutuhan sekunder bagi para wisatawan. Tak heran jika pengunjung juga akan menemukan penginapan di Pantai Mutun. Namun, hari ini pemilik pantai sudah pula menyiapkan area camping yang tarifnya jauh lebih hemat.

Kalau mengutamakan kenyamanan, pilih saja akomodasi penginapan. Toh biaya permalamnya tidak semahal tarif hotel yang ada di Lampung. Pun pengunjung tak lagi perlu repot mendirikan tenda. Cukup siapkan bajet sekitar Rp400 ribuan saja.

Sementara itu, jika berencana lebih dekat ke alam, maka pastikan bermalam di dalam tenda. Tak punya perlengkapan camping? Tenang! Tersedia sejumlah penyewaan tenda di pantai ini. Biar lebih irit, mungkin membawa tenda sendiri bisa dipertimbangkan.


Alamat Pantai Mutun

Pantai ini dapat ditemukan di Desa Sukajaya Lempasing, Kabupaten Padang cermin, Kabupaten Pesawaran, Provinsi Lampung. Untuk lebih jelasnya, alamat berikut rute ke lokasi tersebut dapat juga dilihat pada peta yang tersemat.


Akses ke kawasan pantai tersebut jika berangkat dari arah Bandar Lampung membutuhkan waktu perjalanan kurang lebih 3 jam. Sementara bila mengambil titik keberangkatan dari Kota Gedong Tataan, hanya  memakan waktu 1,5 jam saja.

Fasilitas Pantai Mutun

Satu hal menarik lainnya yaitu fasilitas Pantai Mutun yang sekiranya lebih dari cukup untuk menambah kenyamanan pengunjung. Bukan hanya penginapan saja, warung kuliner pun tersedia apabila wisatawan butuh tempat makan untuk mengisi perut. Selain itu ada juga:

- Tempat Parkir
- Toilet/Kamar Mandi
- Wahana Air
- Pondok/Gazebo
- Mushola
- Outbond Area
- Camping Area

Rekreasi akhir pekan di Pesawaran Lampung mungkin tak pernah terpikirkan sebelumnya. Namun, setelah tau tentang Mutun Beach, bisa saja tertarik untuk segera bepergian ke sini, bukan? Nah, jangan lupa untuk mengatur jadwal liburan kemari. (image cover credit: gmaps/ristanial s)
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -