Home » , » 20 Tempat Wisata Di Kabupaten Deli Serdang

20 Tempat Wisata Di Kabupaten Deli Serdang



travelingMEDAN.com - Tempat Wisata Di Deli Serdang cukup banyak mengingat bahwa kabupaten yang beribukotakan Lubuk Pakam ini memiliki wilayah administratif yang cukup luas. Berbagai jenis wisata seperti wisata alam, budaya, event, dan kuliner dapat anda temukan, hanya saja terkendala dengan aksesibilitas. Deli Serdang cukup berdiri sudah cukup lama, beberapa kabupaten baru di Sumatera Utara adalah hasil pemekaran dari Deli Serdang sebagai kabupaten induk. 

Sarana Prasarana dan Aksesibilitas, untuk obyek wisata yang sudah lama dikenal oleh masyarakat, sarana dan prasarana cukup memadai namun lain halnya dengan obyek wisata di yang tergolong baru dan terkendala dengan aksesibilitas menuju lokasi. Mengunjungi Deli Serdang berarti bertandang ke Tanah Melayu dan Tanah Karo. Melayu adalah suku asli dibeberapa wilayah begitu pula Etnis Karo yang mendiami beberapa wilayah di Kabupaten Deli Serdang. Berikut akan kami uraikan obyek wisata menarik berdasarkan klasifikasinya:

Wisata Alam Deli Serdang

Wisata Alam adalah andalan pariwisata Kabupaten Deli Serdang, terkait aksesibilitas yang belum memadai, anda dapat memilih beberapa tempat wisata yang banyak dilalui oleh transportasi public. Namun bila anda menggunakan kenderaan pribadi akan lebih seru. Yuk kita bahas satu per satu.

Taman Wisata Alam Sibolangit
Dikenal juga dengan sebutan Bumper Sibolangit. Dulu, obyek wisata yang paling terkenal di kawasan ini adalah Air Terjun Dwi Warna. Namun pada tahun 2016, terjadi bencana alam sehingga air terjun tersebut ditutup. Sibolangit biasa digunakan untuk perhelatan event baik skala kecil, menengah maupun besar. Tidak jauh dari lokasi anda juga dapat berkunjung ke Air Terjun Satu Hati. Dan kamu harus tahu bahwa, the distance is not to far from Medan.

Bandar Baru
Bandar Baru adalah kota kecil yang unik, anda dapat menikmati hangatnya air belerang yang disediakan oleh beberapa lapak penyedia. Selain itu di sekitar kawaan ini juga terdapat Bukit Botak dan pusat permainan setingkat dufan bernama Hilpark Sibolangit.

Pemandian Alam dan Goa Penen

Di Penen, terdapat pemandian air panas belerang yang dikelola oleh masyarakat setempat dan juga terdapat gua yang menarik. Namun sayangnya, aksesibilitas menuju lokasi masih jauh dari yang diharapkan sehingga mau tidak mau anda harus menggunakan kenderaan pribadi

Sungai Dua Rasa
Disebut sungai dua rasa karena aliran air pada sungai ini terbagi atas dua temperature namun tetap pada satu aliran sungai. Temperature panas dan dingin adalah sensasi yang dapat anda nikmati bila berkunjung kesini. Selain itu, menyaksikan hamparan sawah yang begitu menggoda tak kalah menarik selama anda dalam perjalanan menuju lokasi.

Wisata Danau dan Air Terjun

Sebagai daerah yang memiliki kondisi geografis unik, di kabupaten Deli Serdang terdapat beberapa air terjun yang mengagumkan seperti air terjun Pelangi, Air Terjun Sampuren Putih, Air Terjun Tarunggang dan Air Terjun Lau Mentar Canyon. Selain itu tidak ada salahnya bila anda berkunjung ke Danau Linting, sebuah danau yang hingga saat ini masih menimbulkan tanya karena proses terbentuknya yang tiba-tiba. Selain itu, suku dari danau ini cukup unik, bertemperatur panas dan mengandung belerang. Dari Danau Linting anda dapat melanjutkan perjalanan anda ke air terjun diatas. Sisi lain dari Danau Linting adalah keberadaan mata air dan gua emas yang cukup menarik perhatian para pengunjung. Baca juga: Gunung di Sumatera Utara untuk para pendaki

Wisata Bahari dan Pantai Deli Serdang

Selain menikmati wisata alamnya, anda juga dapat mengunjungi beberapa destinasi wisata bahari dan pantai di Kabupaten Deli Serdang diantaranya:

Pantai Putra Deli dan Pantai Muara Indah
Semenanjung Selat Melaka memberi warna tersendiri akan wisata bahari Deli Serdang. Sayangnya potensi ini belum serta merta dioptimalkan sehingga terkesan diabaikan. Pantai Putra Deli dan Muara Indah adalah dua pantai berbeda namun berada di satu kecamatan yakni Hamparan Perak. Kedua pantai ini cocok dijadikan sebagai tempat berlibur bagi keluarga saat masa libur telah tiba. Ada juga Pulau Siba, sebuah private island yang dibuka untuk para pengunjung dan dapat diakses melalui pelabuhan Belawan.

Wisata MICE dan Kuliner
Berbicara tentang wisata kuliner alias icip-icip makanan. Deli Serdang adalah salah satu gudangnya. Anda dapat berkunjung ke Tanjung Morawa dan Lubuk Pakam yang merupakan kota besar di kabupaten ini. Berbagai kuliner yang menggoda dapat anda nikmati. Tekait industri MICE, Deli Serdang belum terlalu dipotimalkan sebagai kawasan industri MICE karena banyak hal yang memang belum mendukung. Namun untuk event dengan scoop kecil sampai menengah dapat anda temukan disini.  

Bagi anda yang ingin berlibur ke Sumatera Utara, dapat menghubungi kami sebagai trip organizer dan travel planner. Jangan lupa juga follow akun sosial media resmi kami untuk mengetahui jadwal open trip yang diorganizir oleh Traveling Medan - TMC Group.