Home » » Gunung Di Sumatera Utara Untuk Para Pendaki

Gunung Di Sumatera Utara Untuk Para Pendaki


travelingMEDAN.com - Gunung Di Sumatera Utara amatlah banyak, namun hanya beberapa diantaranya yang layak dijadikan sebagai spot pendakian. Bagi para pecinta adventure, berbicara tentang gunung tentu saja menarik, selain bisa menyaksikan keindahan panorama alam dari ketinggian, mendaki gunung berarti menaklukan diri sendiri terutama bila hiking yang kamu lakukan bersama dengan teman-teman.

Gunung Di Sumut yang paling terkenal bagi pendaki adalah Sinabung hanya saja semenjak meletus gunung ini memang benar-benar tidak layak untuk didaki lagi. Beberapa gunung baru untuk spot pendakian baik bagi pemula maupun profesional mulai bermunculan. Apa-apa saja? yuk simak langsung your next destinations in North Sumatra Adventure.


Gunung Sinabung di Kabupaten Karo
Adalah Gunung Sinabung yang dalam bahasa Karo lebih kerap disebut Deleng Sinabung, berada  di Dataran Tinggi Karo , Kabupaten Karo , Sumatera Utara dengan ketinggian 2.451 meter diatas peemukaan laut. Sinabung adalah gunung tertinggi ke 2 di provinsi Sumatera Utara. Pada tahun 2010, Sinabung kembali aktif dan belum juga berakhir hingga saat ini, 2016. Sebelumnya Sinabung adalah target para pendaki gunung, karena keindahan panorama alamnya yang memukau serta keberadaan Lau Kawar tepat di kaki gunung. Biasanya para pendaki menginap di danau ini dan kemudian mulai mendaki esok subuh.

Gunung Sorik Marapi Di Mandailing Natal
Di Mandailing Natal, Sorik Marapi masuk ke dalam kawasan Taman Nasional Batang Gadis. Kerap juga diberi nama Danau Diatas Gunung, Sorik Marapi biasa didaki oleh para traveler yang sengaja datang dari berbagai daerah. Gunung ini berada di posisi pertama tertinggi di Sumatera Utara. Dengan ketinggian 2145 meter diatas permukaan laut, Gunung ini tercatat pernah meletus sebanyak tujuh kali. Masing-masing pada tahun 1830, 1879, 1892, 1893, 1917, 1970, 1986 dan terakhir pada tahun 1987.pada letusan terakhir, debu dan lahar panas yang mengalir bahkan sampai ke Kabupaten Pasaman di Sumatera Barat itulah kenapa gunung ini terus dipantau oleh BMKG. Aktifitas seperti camping dan hiking adalah 2 aktifitas wisata yang banyak dilakukan oleh para traveler, kamu berminat?.

Gunung Sibayak di Kabupaten Karo
Masih dari Kabupaten Karo. Sibayak selalu ramai dhuni oleh para pendaki gunung dari berbagai daerah. Aksesibilitas yang mudah menuju puncak adalah alasan utama. Sibayak juga biasa digunakan oleh pasangan yang ingin menikah sebagai lokasi prawedding. Sama halnya dengan Sorik Marapi, di Sibayak, kamu dapat bercamping ria atau mencoba mendaki spot bila ingin belajar mendaki. Kawasan gunung ini didominasi bebatuan dan kapur, para penambang kapur hingga saat ini masih melakukan penambangan terbuka namun masih dalam tahap wajar. Uniknya, disni kamu dapat melihat secara langsung semburan gas yang keluar dari dalam perut bumi.


Bukit Gajah Bobok Di Kabupaten Karo
Alasan utama kenapa disebut Gajah Bobok adalah bentuknya yang menyerupai Gajah tengah tertidur. Berada di kawasan pariwisata Danau Toba, Gajah Bobok seolah menjadi primadona baru bagi para traveler yanv menyukai petualangan. Dari titik ini kamu dapat leluasa menyaksikan panorama alam danau terbesar di Sumatera Utara dan Asia Tenggara, apalagi kalau bukan Danau Toba. Bukit Barisan yang mengelilingi Danau Toba memang memberi keindahan tersendiri bagi setiap mata yang memandang. Baca juga: tempat wisata di Simalungun

Gunung Simpon di Kabupaten Pakpak Bharat
Dalam bahasa Pakpak disebut Delleng Simpon. Simpon berada di perbatasan Kabupaten Pakpak Bharat dan Kabupaten Humbang Hasundutan. Kabar terakhir, Simpon akan dijadikan lintasan jalan negara yang menghubungkan Humbahas dan Pakpak Bharat sehingga aksesibilitas antar kedua kabupaten akan lebih mudah. Di sekitar kawasan gunung ini anda juga akan menemui Mata Air Eluh Berru Tinambunen yang kisahnya sudah melegenda di tengah masyarakat lokal. Aktifitas seperti camping dan hiking adalah dua pilihan wisata terbaik bila anda ingin berkunjung. Tetapi jangan terkejut karena udara di Pakpak Bharat mungkin akan membuag kamu kedinginan sampai ke tulang. Baca juga: air terjun di Sumatera Utara

Gunung Sipiso-Piso di Kabupaten Karo
Kabupaten Karo memang dianugerahi pesona alam yang menakjubkan. Lihat saja kota Berastagi dan Kabnajeh yang selalu ramai oleh wisatawan. Bagi para adventurer, Air Terjun Sipiso-Piso mungkin terdengar biasa namun bagaimana dengan gunungnya?. Dari dataran tinggi ini kamu dapat melihat Danau Toba, Paropo, Silalahi dan Tongging dari kejauhan. Karena terkesan gundul, banyak wisatawan yang menamainya dengan istilah Bukit Gundul. Meski gundul, jangan terkejut bila tanpa sengaja bertemu dengan babi hutan terutama pada malam hari. Ketinggiannya diatas Bukit Gajah Bobok, sebab itu sangatlah sulit mendapatkan foto fengan angel menarik karena selalu ditutupi oleh awan.
Gunung Pusuk Buhit Di Kabupaten Samosir
Bila kamu pernah mendengar letusan Gunung Toba pada 70.000 tahun silam, maka Pussuk Buhit adalah sisa dari kedahsyatan dari letusan gunung yang menyebkan perubahan cuaca di seluruh lapisan bumi. Pussuk Buhit adalah spot pendakian yang menarik, selain berwisata adventure, anda juga dengan mudah langsung melihat kebudayaan Batak baik berupa rumah adat, kampung adat, aek sipitu dari dan pusat informasi Geopark Kaldera Toba. Meski disaklarkan oleh suku Batak, para pendaki diizinkan untuk mencapai puncak tertinggi dari Pussuk Buhit namun anda harus beretika yang benar untuk menghindari terjadinya hal diluar logika kita sebagai manusia. Baca juga: tempat wisata di samosir

Dari ketujuh Gunung Di Sumatera Utara yang sudah kita paparkan, yang mana nih berhasil menarik adrenalin kamu untuk didaki?. Eits jangan lupa ya, kalau mendaki gunung kamu harus menjaga alam dan sosial kita dengan cara menjaga kebersihan serta menjaga tata krama selama melakukan perjalanan wisata.