Tempat Wisata Terbaik di Langkat yang Wajib untuk Dikunjungi

Tempat Wisata di Langkat - Kabupaten Langkat yang masuk ke dalam wilayah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) adalah surga wisata terkenal di Pulau Andalas. Daerah dengan slogan "Bersatu Sekata Berpadu Sedaya" memiliki sederet destinasi terkenal dari Wisata Alam, Geowisata, Gunung hingga Pemandian.

Potensi pariwisata Langkat didukung oleh kontur dan geografis seperti keberadaan lembah, perbukitan hingga kawasan Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL). Sayangnya, akses menuju beberapa destinasi masih jauh dari harapan padahal tingkat kunjungan wisatawan baik domestik maupun internasional cukup tinggi.


Jika kamu ingin berlibur ke daerah seluas 6,373 ini, travelingmedan.com sudah membuat daftar 7 wisata terbaik di Langkat yang layak untuk dikunjungi.

1. 7 Obyek Wisata di Pamah Simelir
Terletak di punggung Bukit Barisan dan berada di Desa Telagah, Kecamatan Sei Bingei, Pamah Semelir bak lembah tersembunyi sehingga cocok untuk kamu yang ingin menghindari kebisingan kota.

Sebagai wisata adventure, terdapat Gunung Semelir (1.754 mdpl) dan Air Terjun Jodoh yang masih asri dan berada di bawah naungan TNGL sehingga terlindungi dari pembalakan serta pengrusakan lingkungan.


Di sisi lain, ada 4 spot wisata kreatif di sekitar Pamah Semelir yang berpadu dengan bentang alam eksotis yakni Akui Puncak, Rumah Pohon Habitat, Penatapan Pamah Simelir hingga One Heart Batu Mbelang.

Pamah Simelir dapat diakses dengan memakan waktu sekitar 5 jam dari Kota Medan melewati Kota Binjai.

2. Taman Nasional Gunung Leuser (TNGL)
Keasrian hutan berupa flora dan fauna membuat turis mancanegara memberikan gelar "Surga Tersembunyi di Pulau Sumatera" terhadap wilayah konservasi nasional seluas 7,927 km ini.

Dengan slogan "Tropical Rainforest Heritage of Sumatera" Taman Nasional Gunung Leuser yang mencakup 2 provinsi di Sumatera yakni Aceh dan Sumut ini memiliki 12 lokasi wisata alam yang terbuka untuk umum.


Diantara 12 lokasi tersebut, ada 3 lokasi yang berada di Sumatera Utara yakni Bukit Lawang, Tangkahan dan Marike. Ketiga lokasi itu terbagi lagi ke dalam beberapa zona dimana terdapat obyek-obyek wisata.

A: Bukit Lawang: Batu Katak, Sungai Landak, Goa Batu Rizal, Konservasi Orang Utan, Batu Rongring
B: Tangkahan: Conservation Response Unit Tangkahan, Goa Kalong
C: Maryke: Pemandian Air Panas Simolap, Air Panas Sei Murak, Goa Gelap/Terang, Air Terjun Sampuren Ganjang. Air Terjun Saringgana.

3. Wisata Religi di Sekitar Langkat
Sejarah peradaban Hindu Langkat berkembang di Kampung Bali Cipta Dharma di Desa Paya Tusam, Kecamatan Wampu. Tempat peribadatan yang menyerupai bangunan yang banyak dijumpai di Pulau Dewata membuatnya dijuluki Bali versi Langkat.

Tak itu saja, ada Patung Dewi Murugan dengan ketinggian 16 meter di komplek Kuil Shri Raja Rajeshwari Amman Kovil. Patung yang berada di Desa Padang Cermin ini menyandang status sebagai Patung Dewa Murugan tertinggi kedua di dunia.

Selanjutnya masjid Azizi di Tanjung Pura juga layak dikunjungi, bangunan bercorak khas Melayu ini sudah cukup tua namun kondisinya masih tetap terjaga. Menariknya, ada sebuah masjid di Kedah, Malaysia yang arsitektur bangunnanya menyerupai Masjid Azizi.


4. Sport Tourism, Arung Jeram di Langkat
Debit sungai Sei Bingei yang mengalir di Kabupaten Langkat sudah sejak lama dimanfaatkan sebagai daya tarik wisata olahraga atau sport tourism.

Di sepanjang alur rafting Sei Bingei yang masuk ke dalam tingkat kesulitan dari kelas 2,3,4 dan 5 ini, para rafter juga dimanjakan dengan view menarik seperti bebatuan cadas dan air terjun kecil di sisi sungai.

Daftar tempat wisata di Langkat di atas sudah pasti layak untuk dikunjungi sesuai minat dan kebutuhan. Jika membutuhkan tour operator, silahkan kontak traveling medan untuk memandu perjalanan kamu. (AN/TM)**