Ada 15 Tempat Wisata Samosir yang Wajib Didatangi

wisata di samosir
Kabupaten Samosir sudah banyak dikenal oleh wisatawan baik domestik maupun internasional. Dengan tagline: "Negeri Indah Kepingan Surga", Samosir memang memiliki khasanah budaya Batak yang kental dan panorama Danau Toba yang begitu menakjubkan.

Peradaban suku Batak yang dimulai dari Pussuk Buhit menghantarkan Danau Toba sebagai asal-muasal Suku Batak. Pun pesona Danau Toba telah menempatkannya sebagai satu dari 10 Kawasan Strategis Nasional Pariwisata.

Tempat wisata di Samosir sangatlah banyak. Tak hanya berbicara tentang alam dan budaya, berbagai peninggalan bersejarah dapat juga anda temukan di sini.

1. Tomok
Pusat wisata belanja di Pulau Samosir, berbagai cinderamata dan oleh-oleh khas dapat anda temukan disini seperti Ulos, Gelang, Kalung, Pakaian berciri khas Batak dan masih banyak lainnya. Disini juga anda dapat menyaksikan tarian patung Sigale-Gale yang telah melegenda.

2. Makam Raja Sidabutar
Di sekitar Tomok juga terdapat objek wisata lainnya yakni Makam Raja Sidabutar yang dahulunya merupakan penguasa di Tanah Batak. Tomok sendiri merupakan pelabuhan penghubung dari Tiga Ras Parapat. Dari Tomok, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke destinasi pilihan.

3. Tuktuk Siadong
Semenanjung kecil di tepian Danau Toba, daratan yang menjorok dan terlihat begitu mengagumkan bila dilihat dari ketinggian. Di Tuktuk, anda dapat berkunjung ke Museum Batak, melihat langsung pembuatan Ulos atau memanjakan diri di cafe etnis di sekitar kawasan. Dari Tuktuk Siadong anda dapat melihat Air Terjun yang mengagumkan di kejauhan.

tele samosir

4. Desa Wisata Siallagan
Selain itu tidak jauh dari Tuktuk anda dapat menyusuri peradaban Batak melalui kunjungan wisata ke Desa Siallagan yang terkenal dengan Batu Parsidangan. Di sini terdapat berbagai situs budaya dengan usia mencapai ratusan tahun.

5. Taman Doa Getsemani
Tak kalah menarik adalah Taman Doa Getsemani Ambarita bagi anda yang ingin berwisata religi. Tempat wisata Samosir ini berada ini tidak jauh dari Kota Pangururan, hanya sekitar 30 menit perjalanan saja.

Baca: 12 Tempat Wisata di Karo yang Menarik, Unik dan Recommended

6. Pangururan
Kota Pangururan adalah ibukota Kabupaten Samosir, disekitar lokasi anda dapat mengunjungi open stage bernuansa Batak, berburu kuliner khas Batak atau sekedar menikmati pemandangan Danau Toba. Bila ingin mencoba berwisata belanja, anda dapat mengunjungi berbagai gerai yang tertata di sekitar Pangururan. Di sekitar kawasan Panguruan terdapat beberapa obyek wisata yang menarik.

tuktuk samosir

7. Pantai Batu Hoda
Pantai ini sudah lama ada, namun kembali dikembangkan sejalan dengan ketetapan Danau Toba sebagai salah satu skala prioritas pariwisata di Indonesia. Keunikan dari Pantai Batu Hoda adalah keberadaan bebatuan alami di tepi pantai.

8. Pantai Indah Situngkir
Pantai Indah Situngkir terletak di Desa Situngkir, baru dibuka beberapa tahun terakhir. Keindahan pantai ini tak lepas dari peran masyarakat lokal yang bahu-membahu mengembangkan kawasan ini untuk menarik wisatawan nusantara dan mancanegara. Kini, Pantai Situngkir sudah dilengkapi dengan beragam fasilitas memadai.

Baca: Tempat Wisata di Langkat yang Wajib untuk Dikunjungi

9. Pusuk Buhit
Secara mitologi, Pusuk Buhit adalah asal muasal suku Batak. Hal ini diperkuat dengan beberapa situs sejarah yang berada di kawasan Pusuk Buhit seperti Aek Sipitu Dai, Ruma Parsaktian, Batu Hobon dan masih banyak lainnya. Salah satu bukit di Sumatera Utara ini semakin ramai dikunjungi oleh para pendaki dari berbagai daerah karena pemandangan alam yang begitu menarik..

10. Simanindo
Simanindo terkenal dengan wisata sejarah dan budayanya. Anda dapat melihat ritual mangalahat Horbo atau ritual Batak lainnya di Museum Simanindo. Tak kalah menarik adalah berkunjung ke Pantai Pasir Putih. Simanindo tidak terlalu jauh dari Tuktuk sehingga banyak wisatawan datang berkunjung.

batu guru samosir

11. Batu Guru
Batu Guru berada di kecamatan Nainggolan, terkenal dengan keunikan batu besar yang berada di Danau. Para penduduk setempat mengatakan bahwa batu tersebut kerap berpindah tempat. Batu Guru dikaitkan dengan falsafah Suku Batak "Dalihan Natolu" yang menjadi pegangan erat dalam menjalani siklus kehidupan.

12. Tele
Jika ke Pangururan melalui data melewati rute Sidikalang, maka traveler akan bertemu dengan Menara Pandang Tele. Objek wisata Samosir ini sudah dikembangkan oleh pemerintah setempat dengan mendirikan berbagai fasilitas lengkap. Karena keindahannya, Tele sering dijuluki sebagai spot terbaik untuk menikmati landskap Danau Toba.

13. Tano Ponggol
Jembatan yang menghubungkan Tele dan Pangururan adalah tempat dimana Tano Ponggol berada. Tano Ponggol ini mulai digagas oleh Belanda agar mempermudah transportasi di kawasan Danau Toba kala itu. Jadi sebenarnya, Pulau Samosir tidaklah benar-benar terpisah dari daratan.

aek rangat samosir

14. Bukit Beta
Jika ke Tuktuk, maka kamu akan melewati sebuah padang rumput yang sangat luas dan diberi nama Bukit Beta. Bukit Beta memberikan sensasi landskap Danau Toba dan Bukit Barisan. 2 hal yang tidak boleh kamu lewatkan jika berkunjung ke sini adalah menyaksikan sunrise dan juga sunset.

15. Batak Museum
Berada di Simanindo, Batak Museum memiliki koleksi cukup banyak dan berkaitan dengan peninggalan terkait sejarah Batak. Lokasinya yang berada di Tomok, pusat oleh-oleh Danau Toba membuat wisatawan dapat mengunjungi beberapa destinasi dalam 1 kali perjalanan.

Sarana dan prasarana di Kabupaten Samosir sudah cukup memadai, bila anda membutuhkan jasa travel organizer atau trip planner, sila menghubungi kami: Traveling Medan yang akan memberikan pelayanan perjalanan wisata terbaik dalam menelusuri Sejuta Manikam Pariwisata Sumatera Utara.