Top 5 Wisata Terbaik di Pulau Nias, dari Pulau Asu hingga Lompat Batu

Wisata Nias - Mencakup 4 wilayah kabupaten ditambah 1 pemerintahan kota, Nias Kepulauan, Sumatera Utara ini seperti hamparan permata di sekitar Samudra Hindia. Setiap kawasan menyimpan deretan pesona alam, keindahan laut dan kekayaan budaya.

Nias yang hanya berjarak 1 jam dari Kota Medan (KNO) bila menggunakan transportasi pesawat terbang ini adalah surga bagi peselancar lintas negara. Dapat juga ditempuh dengan kapal laut (Ferry Jet Jumbo) dari Kota Sibolga selama 3 jam perjalanan.


Tempat Wisata di Nias

Mulai dari Nias Selatan, Nias Barat, Gunung Sitoli, Nias Utara hingga Kabupaten Nias, masing-masing kabupaten memiliki obyek wisata memukau. Berikut ini adalah 5 Wisata di Pulau Nias terbaik yang wajib kamu kunjungi sesuai pilihan traveling medan.

1. Pulau Asu di Sirombu, Surga Bahari di Nias Barat

pulau asu via @puriasuresort

Ini sih salah satu wisata yang paling disukai oleh turis mancanegara . Sebab itu pula, Pulau Asu di Nias yang berada di gugusan Kepulauan Hinako ini lebih sering dikunjungi oleh wisatawan luar negeri. Panorama lautnya akan membuat kamu betah. Suasananya masih asri.

Ditemani deburan ombak, gradasi warna laut bakal bikin kamu betah berlama-lama di sini. Kamu juga bisa menjelajah pulau-pulau di sekitar.

Berbicara tentang Hinako, kepulauan yang terdiri dari 4 pulau ini berada di garis serupa, letaknya juga berdekatan meliputi Pulau Bawa, Pulau Imana, Pulau Herunga, Pulau Asu, Pulau Bogi dan dan Hamutula.

2. Pantai Pasir Merah di Nias Utara

pantai pasir merah nias via instagram.com/djani.us

Masyarakat setempat lebih fasih menyebutnya Gawu Soyo, obyek wisata Nias Utara yang terletak di Desa Ombolata ini termasuk unik, karena pasirnya memang benar-benar berbeda. Kalau beruntung, di tempat ini kamu bisa secara langsung melihat penyu lho!.

Baca: 12 Tempat Wisata Menarik di Kabupaten Karo

Ombak di sini sesuai dengan musim, tetapi kalau dibandingkan dengan pulau lainnya di Nias, Gawu Soyo cukup tenang kok. Lagi pula tak banyak wisatawan yang datang ke Pantai Pasir Merah kecuali pada musim liburan.

3. Tureloto di Nias Utara

pantai tureloto via instagram.com/fandellahagu

Ingat ya, wisata Nias Utara yang diberi predikat "laut mati versi Indonesia" karena kandungan garamnya yang tinggi ini tak boleh kamu lewatkan.

Amatlah mudah untuk sampai di Tureloto, lokasinya ada di Desa Balefadorotuho, Lahewa dan dapat dicapai dengan kendaraan.

4. Fahombo, Lompat Batu di Nias Selatan

lompat-batu via instagram/yudha pradhana

Beralih ke Nias Selatan, tradisi lompat batu (hombo batu) sudah beberapa kali ditampilkan di panggung internasional. Menurut literasi budaya Nias, Hombo Batu diadakan sebagai persiapan anak muda Nias untuk berperang di masa lampau.


Adalah Bawomataluo, sebuah desa tradisional di dataran tinggi Nias Selatan. Di sini, Fahombo kerap dipertunjukkan kepada para tamu/wisatawan.

5. Pulau Telo, Surga Tersembunyi di Nias Selatan

pulau telo via instagram.com/pinnaclestelo

Kalau Pulau Tello sih letaknya di Kecamatan Pulau-Pulau Batu. Nama ini pasti bikin kamu heran? nah ternyata di ada lebih dari ratusan pulau lho di sini. Sebab itu pula, wisatawan sering menyebutnya dengan julukan "Pulau 101"

Tidak susah sih untuk sampai di Pulau Telo, kamu bisa menggunakan transportasi laut dari Pelabuhan Teluk Dalam. Beberapa waktu terakhir, sudah dibuka rute baru dari Sibolga dengan tujuan Teluk Dalam dan langsung ke Pulau Telo.



Kerap juga disebut Tano Niha yang berarti Tanah Nias, deretan destinasi wisata nias di atas sangat layak untuk dikunjungi berdasarkan beberapa alasan mulai dari keunikan, daya tarik hingga sarana dan prasarana. (SK/TM)

0 Komentar