MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Rekomendasi 5 tempat wisata di Asahan yang keren untuk dijelajahi

Rekomendasi 5 tempat wisata di Asahan yang keren untuk dijelajahi
Add Comments
Selasa, 08 Oktober 2019
Sebagai daerah tertua di Sumatera Utara setelah Medan, Kabupaten Asahan ialah destinasi menarik yang patut untuk dijelajahi. Pun, Kota Kisaran yang dijadikan pusat bisnis dan pemerintahan, seolah tak henti menghadirkan tempat wisata baru. Mulai keindahan alam, budaya, belanja, hingga spot keren seyogianya dapat ditemukan dengan mudah.

Ringkasnya, terdapat 18 tempat wisata di Asahan yang telah disahkan oleh dinas pariwisata setempat. Kendati demikian, travelingmedan.com hanya akan mengulas beberapa diantaranya yang dinilai paling cantik untuk ditengok.

Sebelum sampai ke pembahasan, perlu diketahui kalau jarak dari Medan ke Kisaran cuma terpaut 158 kilometer. Perjalanan lintas daerah tersebut bisa ditempuh selama 3,5 jam. Menariknya, beberapa kabupaten di wilayah pesisir seperti Batubara, Serdang Bedagai dan Kota Tanjung Balai juga akan dilalui. Jadi tidak menutup kemungkinan kalau sobat TM punya kesempatan untuk mengunjungi tempat berlibur lainnya.

Tempat Wisata di Asahan

Kabupaten yang khas dengan moto "Rambe Rata Raya" ini memiliki destinasi kelas dunia berupa Sungai Asahan. Di balik itu, tersimpan juga beragam obyek menawan lain yang patut direkomendasikan.

1. Sampuran Ponot, Air Terjun Tertinggi Nomor 1 di Indonesia

air terjun ponot
Sebagai air terjun tertinggi di Indonesia yang berlokasi di Sumatera Utara, pastinya bikin bangga!. Ya, Ponot merupakan wisata air yang menawan dengan pondasi bebatuan bertingkat dengan tinggi debit mengalahkan Sipiso-Piso di Karo.

Tempat berlibur berupa air terjun yang berada di Desa Tangga Kecamatan Pintu Pohan Meranti ini dekat dari PLTA Sigura-Gura. Adapun kegiatan dapat dilakukan adalah menikmati kesejukan aliran airnya seperti mandi dan berendam.

Perlu dicatat, biaya masuk ke destinasi yang bagus untuk rekreasi keluarga ini belum ada sama sekali. Hanya saja fasilitas yang disediakan masih minus. Amat disesalkan, masih banyak pengunjung yang tidak taat menjaga kebersihan.

2. Masjid Raya dan Agung Asahan yang Megah

masjid agung ahmad bakrie

Arsitektur berciri khas Islami dengan ornamen indah merupakan ciri khas dari bangunan masjid terbesar di Kabupaten Asahan yang terletak di Kisaran ini. Saat masuk ke area bagian dalam, tiap pengunjung dipastikan terpesona dan larut dalam nuansa wisata religi.

Lokasi Masjid Raya Asahan berada di Jalan Imam Bonjol Tebing sedangkan Masjid Agung Ahmad Bakrie beralamat di Sidomukti Kisaran Barat. Letak kedua bangunan itu memang berdekatan dan berada di pusat kota.

Sebagai destinasi wisata Islami, kedua tempat ibadah itu sangat terawat. Pada hari besar seperti puasa dan Jumat, Masjid Agung Ahmad Bakrie dan Raya selalu dipadati masyarakat Kisaran untuk mendekatan diri kepada Sang Pencipta.

3. Wisata Alam Bedeng

wisata alam bedeng
Ialah wisata alam Bedeng, tempat rekreasi pemandian di kabupaten Asahan ini menyajikan suasana hijau dengan debit sungai tenang serta jernih berwarna kehijauan. Usut punya, sumber mata air pemandian itu ternyata berasal dari Sungai Asahan.

Wisata di Sigura-Gura ini terdapat banyak spot foto keren yang disediakan oleh pengelola destinasi, salah satunya jembatan gantung Bedeng yang melintang di atas permukaan sungai. Kawasan tersebut tergolong asri dan menyuguhkan liburan ala back to nature.

Bedeng berada di di Desa Marjanji Aceh, Kecamatan Aek Songsongan. Biaya masuk ke Bedeng disesuaikan dengan jenis kendaraan. Rp5.000 untuk motod dan Rp25.000 untuk roda empat atau mobil.

4. Rafting Seru di Sungai Asahan

asahan rafting
Ditujukan untuk kalangan rafter profesional, arung jeram Sungai Asahan merupakan destinasi sport tourism terbaik yang dimiliki oleh Provinsi Sumut. Bahkan, spot wisata olahraga ini sudah beberapa kali mengadakan event berskala internasional.

Merasakan sensasi penjelajahan menantang yang menguji adrenalin di atas debit sungai dengan grade menantang adalah pengalaman tak akan terlupakan. Dari start point hingga sampai di lepasan terakhir amatlah menyenangkan karena peserta trip dapat sekaligus melihat berbagai keindahan yang tersembunyi di sepanjang alur sungai.

Karena ditujukan untuk rafter tingkat pro, maka perlu keahlian jika ingin menjelajah tempat yang direkomendasikan ini. Tetapi jangan khawatir, masih ada beberapa spot rafting yang patut dicoba. Untuk kamu yang masih newbie, tersedia paket wisata rafting Sumatera Utara di kawasan Sei Bah Bolon dan Langkat.

Selengkapnya bisa dilihat di:
1. Paket wisata arung jeram Sei Bah Bolon

5. Pancur Napitu, Kolam Pemandian Alami yang Bening

paccur napitu
Ini adalah obyek wisata di Asahan terbaru yang mulai naik namanya sejak 2018 lalu. Serupa seperti umbul pada umumnya, Pansur Napitu menyajikan pemandian yang bening sehingga cocok untuk berfoto underwater.

Pancur Napitu yang menyerupai kolam alami ini dulunya digunakan masyarakat desa sebagai sumber mata air. Usai hits dan jadi destinasi viral di media sosial. Penduduk pun mulai merawat dan membukanya menjadi umbul atau pemandian.

Gampang diakses, alamat Pancur Napitu berlokasi di Desa Gunung Berkat, Kecamatan Bandar Pulau. Jaraknya 88,1 kilometer dari Kota Kisaran. Nah, kerennya lagi masuk ke sini tak perlu memikirkan tiket karena gratis!