MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Ragam Pilihan, Kunjungi 5 Tempat Wisata di Stabat yang Hits Berikut

Ragam Pilihan, Kunjungi 5 Tempat Wisata di Stabat yang Hits Berikut
Add Comments
Senin, 30 Desember 2019
Sama seperti Medan, Stabat juga merupakan ibukota dari salah satu kabupaten terluas di timur provinsi Sumatera Utara yaitu Langkat.

Daerah berkode pos 20811 ini menyimpan deretan destinasi hits. Dari kuliner seafood, kolam renang, danau kecil, tempat bersejarah, spot nongkrong sampai taman kota merupakan rangkaian wisata Stabat yang seyogianya wajib dikunjungi.

Lantas, tempat wisata di Stabat itu apa saja ya? daripada bikin teman Traveling Medan penasaran, langsung saja kita ulas, mana tau kamu kamu tertarik untuk mengunjunginya satu persatu. Apalagi durasi perjalanan ke kota ini hanya 2,5 jam.

1. Kolam Renang Dendang Tirta

dendang tirta image via christopher huang
Kolam Renang paling populer di Langkat ini menjadi spot paling diminati oleh wisatawan lokal. Tidak hanya hari libur seperti Sabtu dan Minggu, tapi Dendang Tirta juga selalu ramai meskipun hari-hari biasa. Padahal, tempat ini sudah dibangun sejak 2004 lho!

Sebagai objek wisata air, wahana di dalamnya cukup mengasikkan. Gak perlu deh kaget kalau melihat pengunjungnya yang dari berbagai daerah, seperti Pangkalan Susu dan daerah lainnya yang masih di Kabupaten Langkat.

Lantaran kawasannya sangat luas, maka seluruh area dilengkapi pilihan wahana seru. Dari kolam renang setinggi lutut untuk anak-anak sampai yang lumayan dalam untuk dewasa. Intinya nih ya, Dendang Tirta adalah destinasi wisata keluarga favorit.

Tak hanya wahana air, di sekeliling Dendang Tirta akan dijumpai beragam permainan. Ibarat taman anak-anak, di bawah rimbunnya pepohonan terdapat jungkat-jungkit, ayunan, air mancur, papan lompat dan masih banyak lagi permainan yang begitu menggembirakan.

Eits, tiket masuk ke Dendang Tirta tak pernah berubah dari tahun ke tahun lho. Cuma bermodalkan Rp15 ribuan saja pengunjung bisa menikmati seluruh area di Kolam Renang Dendang Tirta. Jangan khawatir kalau nggak tau berenang. Pasalnya nih, dari jam buka sampai tutup sore harinya, banyak petugas berjaga-jaga.
Lokasi: Jalan Jendral Sudirman, No. 13 Km. 38, 5, Dendang, Kec. Stabat, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara 20811.

2. Danau Cinta

danau cinta via reza syahputra/google map
Siapa bilang di Langkat nggak ada danau? ini buktinya Danau Cinta yang terletak di Stabat Lama, Kecamatan Wampu. Tetapi jangan berharap terlalu tinggi ya, soalnya perairan darat ini tidak terlalu luas serta tidak dilengkapi sarana pendukung. Namun, asik sih untuk sekedar bersantai.

Nah, Danau Cinta merupakan danau di kabupaten Langkat yang berwarna hijau toscha. Lokasinya tidak jauh dari aliran sungai Wampu dan dikelilingi pohon sawit. Jika sedang mencari spot untuk hunting foto di Langkat dan tak mau jauh-jauh dari Stabat. Danau Cinta bisa dijadikan alternatif.

Sekali lagi deh penulis ingatkan, tempat ini memang sejuk tetapi tidak banyak kegiatan yang dapat dilakukan. Karena sebenarnya lebih mirip kolam kecil. Hanya saja, warna airnya memang sian dan sedikit ngejreng kalau dipandang.
Lokasi: Stabat Lama, Wampu, Kabupaten Langkat, Sumatera Utara. (Lihat di Peta)

3. Masjid Raya Stabat

masjid raya stabat via malasyi sibran
Tidak banyak orang mengetahui jika sebuah masjid berusia puluhan tahun masih kokoh berdiri di tengah kota Stabat. Dibangun pada 1904, Masjid Raya ini merupakan destinasi sejarah yang elok arsitekturnya karena memuat unsur budaya Melayu.

Catatan lainnya, pembangunan masjid tersebut hanya berselang 2 tahun dari Masjid Azizi Tanjung Pura. Beberapa peninggalan masjid tua ini masih terjaga walaupun telah diperluas dan cukup intens dikembangkan. Jika dulu jumlah jemaah yang bisa ditampung hanya 250 orang, maka berbeda dengan sekarang, diklaim dapat menampung lebih dari 1.000 jemaah.

Saat ini Masjid Raya Stabat telah dilengkapi dengan beragam fasilitas. Seperti perpustakaan dan ruang pertemuan.  Coraknya yang indah memadukan unsur budaya lokal akan membuat kita terpana. Apalagi melihat interior uniknya yang sayang jika dilewatkan.
Alamat: Jalan KH. Zainul Arifin, No. 130, Stabat Baru, Kec. Stabat, Kabupaten Langkat. (Titik Koordinat Lokasi)

4. Taman Asrin - Pantai Gemi

taman asrin via umi susianti
Taman Asrin merupakan ruang publik yang terletak di Desa Pantai Gemi, Stabat. Objek wisata terbaru ini menawarkan destinasi kekinian yang cocok untuk anak-anak dan milenial traveler. Sepintas, sedikit mirip dengan The Le Hu Garden.

Di Taman Asrin, kita akan disuguhkan suasana rekreasi ala desa yang asri. Di salah satu sudut, tampak kolam ikan warna-warni yang memanjakan mata. Di spot lainnya, beragam permainan tampak ikut menyemarakkan. Rindangnya pepohon juga membuat taman di Pantai Gemi terasa nyaman.

Patut direkomendasikan kepada para pelancong, Taman Asrin ini hanya memungut biaya parkir sebesr Rp5k dari para pengunjung dan sama sekali tanpa biaya masuk. Terutama bagi penikmat wisata selfie, cobalah jalan-jalan ke sini, dijamin ketagihan untuk datang kembali.
Lokasi: Pantai Gemi, Stabat, Kab. Langkat, Sumatera Utara20851 (peta google)

5. Lapangan Tengku Amir Hamzah

lapangan tengku amir hamzah via pengusaha muda
Mau tau tempat favorit warga sekitar saat menunggu malam datang? nah ini dia Lapangan Tengku Amir Hamzah yang merupakan sarana publik paling vital di Stabat. Selain difungsikan untuk kegiatan olahraga, lapangan ini pun menjadi pusat acara-acara besar Kabupaten Langkat. Seperti kegiatan 17 Agustus yang diadakan setiap tahun.

Lapangan Tengku Amir Hamzah Langkat dipadati rerumputan hijau. Sekeliling lapangan ini ditumbuhi aneka jenis pepohonan. Kalau kamu sedang melintas dan hendak bepergian ke surga wisata Tangkahan, tempat ini akan selalu dilewati.

Menghabiskan waktu luang di ruang terbuka hijau ini tidak akan terasa lama. Sambil menanti sunset atau sedikit kecapaian setelah jogging, kamu dapat membeli aneka jajan kaki lima di tepi lapangan. Biasanya, anak Stabat yang tergabung dalam komunitas menjadikan lapangan tersebut sebagai tempat berkumpul.

Wisata Stabat di atas bisa kamu jadikan pilihan berlibur tatkala berkunjung ke tanah Melayu ini. Sebenarnya, masih banyak destinasi lain jika kita berniat menjelajah sederet spot menawan di Kabupaten Langkat. Akan tetapi, khusus di daerah Stabat sendiri hanya terdapat beberapa objek hits.