MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Gak Kuat, Air Terjun Janji Bakkara Bikin Mata Tak Berkedip

Gak Kuat, Air Terjun Janji Bakkara Bikin Mata Tak Berkedip
Add Comments
Selasa, 28 Januari 2020
Air Terjun Janji atau dalam bahasa Batak disebut Binanga Sampuran Janji Bakkara adalah salah satu destinasi alam di Sumatera Utara yang terpaut sekitar 18,9 kilometer dari Dolok Sanggul. Gak hanya situs budaya, tempat ini dijamin bikin setiap mata pengunjung terpesona sangking indahnya.

Air terjun Janji ibarat diapit oleh eksotika lembah daratan Bakkara dan danau Toba yang hanya dipisahkan beberapa petak kebun pertanian warga. Sebagai tujuan wisata, sampuren yang menawarkan pemandian alam di desa Tipang tersebut juga punya nilai sejarah tentang kehidupan Raja Sisingamangaraja, lho!
air terjun janji bakkara is a nature destination

Sejarah dan Cerita Air Terjun Janji

Ada banyak folklore Batak terdahulu yang kerap dilisankan. Selain tempat lahir Tombak Sulusulu, Raja Sisingamangaraja beserta raja-raja lain, prajurit dan panglimanya disebut-sebut menjadikan objek tersembunyi di Bakkara ini sebagai tempat untuk bersumpah atau berjanji.

Dikisahkan bahwa, Raja Sisingamangaraja saat itu menancapkan tukkot (tongkat) di atas permukaan tanah ketika sedang berembuk dengan para prajurit. Seperti diketahui, raja Bangso Batak tersebut dipercaya memiliki kekuatan sakti mandraguna.

Dikala tongkatnya ditarik kembali dari dalam tanah, maka sekonyong-konyong memancarlah air dengan sangat deras. Sumber mata air yang muncul tiba-tiba pun tak terbendung sehingga terus mengalir menuruni perbukitan. Ya, cerita ini dipercaya sebagai asal mula terbentuknya air terjun sampuran Janji.
cerita legenda air terjun

Air Terjun Cantik di Bakkara

Kemungkinan karena kontur wilayahnya yang berbentuk lembah dan dikepung pula oleh perbukitan Danau Toba, maka terdapat beberapa air terjun eksotis lainnya di seputaran Bakkara selain Binanga Janji. Sebut saja Air Terjun Sigota-gota dan Sipultak Hoda.

Hanya saja dibandingkan Sipultak Hoda dan Sigota-gota, air terjun Janji lebih terkenal dibandingkan spot lainnya terutama bagi pengunjung yang berasal dari luar daerah. Andai saja teman Traveling Medan cukup banyak memiliki waktu kosong atau tak sedang buru-buru. Tak salah rasanya meringankan langkah juga ke tempat tersebut.

Daya tarik objek wisata alam ini mengandalkan panorama lembah di Danau Toba, apabila sedang berdiri di salah satu bebatuan besar di air terjun tersebut, traveler bisa memandang ke berbagai sisi. Di samping itu, ketinggiannya sendiri akan membuat mata kita sulit berkedip. Yap, tinggi air terjun Janji sekitar 35-45 meter.

Tempat ini pun termasuk kawasan geosite dan geoheritage dari Kaldera Toba Geopark. Itulah mengapa di sekelilingnya bebatuan besar tampak tersusun secara tidak merata. Bebatuan itu diprediksi akibat dari letusan gunung Toba beberapa ratus juta tahun silam.
pemandangan alam sekitar yang memukau via hendrik dahlan

3. Lokasi

Air terjun Janji terletak di Desa Tipang, Kecamatan Bakkara, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Sumatera Utara.

Rute ke tempat tersebut dapat ditempuh dengan angkutan umum. Sedangkan dari bandara udara internasional Sisingamangaraja XII (Silangit) akan lebih lama, butuh waktu 1 jam 21 menit.

4. Tiket Masuk

Setiap pengunjung air terjun Janji tidak akan dipungut biaya alias gratis.

5. Kegiatan Menarik.

Serangkaian kegiatan wisata air dapat teman TMC lakukan di sana. Iklim sejuk yang selalu menaungi tempat ini pun sangat mendukung kita untuk berwisata. Rata-rata 17 derajat celcius sepanjang tahun. Ekstra dingin sama seperti lembabnya udara Dolok Sanggul.
ikon wisata
Berenang dan Mandi
Kegiatan paling mengesankan adalah berenang atau berendam. Air terjun Janji memiliki beberapa pancuran di bawahnya. Lantaran sumber mata airnya berasal dari pegunungan sekitar, bersihnya air tersebut tentu jadi kegiatan pertama yang tak boleh dilewatkan setiap pengunjung. Tapi kalau kedinginan lebih baik lanjut ke aktivitas berikutnya.

Rileksasi
Karena airnya tak terlalu deras, maka melakukan rileksasi dengan merendamkan kaki ke dalam air sangatlah seru. Sembari menghirup udara segar yang tak kita peroleh selama tinggal di kota sekaligus memandang panorama alam yang elok sejauh mata memandang ke arah panatapan Sileme-leme.

Berburu Foto
Berburu foto air terjun Janji di pagi atau sore hari sangat direkomendasikan. Dalam satu frame, para pecinta fotografi bisa membidik gambar menakjubkan yang mengunggulkan point of view dari alam dan air mengalir yang eksotis.

Tempat wisata di humbahas ini telah mendapatkan pembangunan besar-besaran dari pemerintah. Amenitas yang memfasilitasi pengunjung cukup tersedia. Jalan setapak menuju bagian bawah air terjun telah dibangun permanen. Hal ini memudahkan pengunjung yang hendak berlibur dengan keluarga karena aksesnya ramah untuk anak-anak.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -