MASIGNASUKA101
7168738000188950837

Susur Tiga Lingga, Terpana Air Terjun Lau Cingkam dan Rante Besi

Susur Tiga Lingga, Terpana Air Terjun Lau Cingkam dan Rante Besi
Add Comments
Rabu, 29 Januari 2020
Sebagai wilayah kecamatan di distrik Dairi, Tiga Lingga adalah salah satu tempat yang unik. Dari bahasa maupun pakem adat-istiadat yang dipakai oleh penduduknya, kultur Karo terasa kuat. Terutama di kawasan Tanah Pinem, Pegagan Hilir dan Lau Juhar.

Berwisata sejenak ke Tiga Lingga maka sederet tempat menarik bisa dijumpai. Air Terjun Lau Cingkam Gunung Sitember dan Sampuren Rante Besi misalnya, duah buah destinasi air tersebut menyajikan eksotika alam yang tak terbantahkan indahnya. Sangat direkomendasikan bagi teman TM yang butuh suasana hening.

Kedua wisata alam itu lokasinya berdekatan sehingga teman travelingmedan.com bisa menapakkan kaki ke berbagai tempat wisata di Tiga Lingga sekaligus.

1. Air Terjun Lau Cingkam

lau cingkam
Lau Cingkam merupakan objek wisata air terjun yang populer di Gunung Sitember. Tempat ini sempat viral di media sosial dan banyak diburu oleh para traveler. Tak sedikit pula jauh-jauh touring dari Medan untuk bisa menikmati pesona tersembunyi itu.

Perjalanan ke air terjun Lau Cingkam memang memakan rute cukup panjang dari Kota Sidikalang saja, setidaknya kita harus menempuh jarak 40 kilometer lagi. Ibarat sedang berpetualang, jalan yang sedikit kopak-kapik dan belum bagus pun menjadi tantangan.

Serupa dengan Rante Besi, Air terjun di desa Gunung Sitember tersebut menawarkan pemandangan eksotik. Dari puncak bebatuan terjal, kucuran air yang deras turun dan membentuk kolam pemandian di areal bawah. Sensasi berendam di kolam itu pun sangat menakjubkan, airnya terasa dingin dan seolah menangkal panasnya udara Tiga Lingga.

Tiket masuk ke air terjun Lau Cingkam pun tidak mahal, setiap pengunjung hanya diminta membayarkan biaya retribusi sebesar Rp5 ribu per orang. Sayangnya, fasilitas dan amenitas wisatanya memang perlu mendapat perhatian dari pihak berwenang.

Para pengunjung biasanya menghabiskan waktu kunjungan dengan berswafoto. Sebagian lagi memilih untuk mandi-mandi dan menyaksikan eloknya alam sekitar. Jika diperhatikan lebih seksama, tinggi sampuren air terjun Lau Cingkam sekitar 15 meter.

Goa Kendet Liang ialah destinasi lainnya yang bisa kita eksplor di desa G. Sitember ini. Menariknya, gua yang belum diketahui panjangnya tersebut sudah menjadi objek wisata andalan Tigalingga semenjak dahulu.
air terjun rante besi via suchanta ginting

2. Air Terjun Rante Besi

Air terjun Rante Besi menjadi tujuan wisata selanjutnya yang tidak kalah asik untuk dikunjungi. Nama desa sekaligus obyek ini mengingatkan kita tentang rantai dan besi. Mungkin ada sejarah lain di balik itu. Yang jelas, pesonanya perlu disusuri para penikmat alam.

Sampuren Rante Besi lebih eksotis dari pada objek wisata sebelumnya. Siap-siap terpana oleh air terjun berketinggian 70 meter yang memanjang dan bertingkat. Pesona magis yang ditawarkan membuat kita bersyukur dilahirkan di tengah permainya Indonesia.

Untuk sampai ke air terjun itu, kita harus sedikit benar-benar siap mental. Pasalnya, dari Desa Rante besi ke lokasi sampuren harus menyusuri jalan sekitar 5,5 jam. Apalagi sarana transportasi ke sana belum ada sama sekali sehingga harus diakses dengan menggunakan kendaraan pribadi.
tiga lingga
Lantaran tak banyak diketahui orang, sampuren tersebut menyimpan keindahan luar biasa. Sangat asri dan dikerumuni pepohonan hijau. Seperti terkepung di tengah permadani alam yang begitu menawan.

3. Destinasi Terdekat Tiga Lingga
Mengeksplor sederet wisata di Tiga Lingga lainnya, kita masih punya spot-spot menarik. Seperti Gua Lau Iput, Lae Belulus, tanaman Bunga Bangkai di desa Lau Pakpak, pemandian kampung jawa bawah, Mar Bisuka Km-12 serta peninggalan bersejarah tank Belanda.

Sekembalinya ke ibukota kecamatan yakni kota kecil Tiga Lingga, beberapa kuliner khas daerah ini nikmatnya tiada tara yaitu durian. Durian Tigalingga menjadi hidangan penutup usai menyusuri keelokan alamnya.
TMC

Halo, thank you for visiting our official site: travelingmedan.com -